Everything will change, but one thing that never change is.. change itself.
Selama bumi masih berputar pada porosnya, perubahan adalah suatu hal yang mutlak terjadi. Hal itu karena adanya sekelompok masyarakat yang bersifat responsif terhadap ketidakpuasan atau permasalahan yang berkembang di masyarakat umum. Permasalahan tersebut akhirnya akan dipecahkan oleh suatu gagasan atau penemuan sehingga berdampak pada perubahan. Sedangkan salah satu aspek yang telah membawa perubahan besar dalam peradaban manusia adalah teknologi.
Jika anda penggemar genre film science-fiction, film - film semacam ini selalu menyuguhkan imajinasi teknologi masa depan yang seringkali membuat kita berdecak kagum. Seperti film Surrogates yang dibintangi Bruce Willis, dimana manusia pada tahun 2025 dapat melakukan segala aktivitas melalui robot pengganti yang terhubung secara digital dengannya. Sangat mencengangkan. Meskipun sulit diterima nalar, namun begitulah imajinasi yang coba dibayangkan para sineas film terhadap teknologi yang terus menerus berkembang.
Tanpa kita sadari, sebenarnya kita pun sedang menuju ke arah masa depan yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Beberapa dekade yang lalu, para sesepuh kita mungkin tidak pernah membayangkan kemudahan menanak nasi dengan magic jar, udara dingin yang dihasilkan AC, televisi yang berbentuk datar, dan sebagainya. Namun teknologi dan pemikir - pemikir di baliknya menawarkan segala kemudahan itu kepada generasi berikutnya.Â
Hingga sampailah kita di era digital ini. Era digital adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer, sedangkan generasi yang hidup  di dalamnya, disebut generasi milenial. Pada jaman ini, temuan internet benar -  benar mengubah berbagai aspek kehidupan  manusia. Berbagai informasi mudah didapat hanya dengan duduk manis di kursi saja, atau bahkan sambil tiduran. Kehidupan generasi milenial semakin dipermudah dengan kemunculan berbagai start-up sehingga bermacam aktivitas yang tadinya dilakukan secara tradisional kini bisa dilakukan secara online, seperti jual beli online, transportasi online, dan sebagainya.Â
Seperti kata Charles Darwin, "It is not the strongest or the most intelligent who will survive, but those who can best managechange.". Meskipun penting, strategis dan dibutuhkan masyarakat, sektor perbankan harus memahami bahwa cara - cara tradisional yang tidak efisien dan memakan banyak waktu jelas tidak akan dilirik lagi. Perubahan harus dilakukan agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan cepat.
Tentang Danamon
Salah satu Bank yang cukup responsif memenuhi kebutuhan digital generasi milenial dari sektor perbankan adalah Bank Danamon. PT Bank Danamon Indonesia Tbk ini berdiri sejak 1956, dan per 30 Juni 2017 telah mengelola aset sebesar Rp176 triliun bersama anak perusahaannya. Danamon didukung oleh lebih dari 1.700 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi.Â
Dengan prestasinya yang beragam, tak diragukan lagi bahwa Bank Danamon merupakan pemain tangguh yang akan terus berinovasi dalam berbagai layanan. Danamon dengan digital journey-nya bersiap menghadapi kebutuhan perbankan di masa mendatang dengan melakukan pembenahan pada kanal komunikasi digitalnya antara lain media sosial, corporate website, serta aplikasi perbankan untuk memberikan kemudahan akses informasi dan transaksi perbankan bagi nasabah.
MediaSosial
Bank Danamon sepertinya menunjukkan performa terbaiknya dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi dengan masyarakat. Melalui akun resmi media sosialnya di Facebook : Bank Danamon, Twitter : @danamon, Instagram : @myDanamon dan YouTube : BankDanamon, Bank Danamon nampak membangun image yang professional dan bersahabat. Kira - kira begitulah kesan yang saya dapat saat menjelajah akun medsos Bank Danamon.
Bank Danamon juga melengkapi kanal komunikasi digitalnya dengan layanan nasabah melalui akun Twitter @HelloDanamon, dengan demikian segala pertanyaan atau keluhan nasabah dapat disampaikan melalui akun ini, jawaban yang terekam tentu saja akan bermanfaat sebagai informasi yang dapat disimak nasabah lainnya.
Corporate Website Bank Danamon.
Jika medsos seperti jembatan yang menghubungkan antara perusahaan dan pelanggan, maka corporate website merupakan identitas resmi perusahaan. Inilah wajah perusahaan yang sesungguhnya. Corporate website harus mampu menampung semua informasi yang diinginkan pelanggan, mulai dari profil perusahaan, layanan produk, dan sebagainya, serta menyajikannya dengan apik.
Secara keseluruhan menurut saya corporate website Bank Danamon ini sangat berkualitas dan menunjukkan bukti bahwa Danamon siap menghadapi tantangan dunia digital di masa yang akan datang.
Aplikasi Mobile Danamon
Busines is business. Medsos yang selalu up to date dan corporate website yang menawan tetap saja percuma jika untuk melakukan transaksi perbankan masih harus bertandang ke kantor cabang. Dan voila, Bank Danamon pun meluncurkan beragam aplikasi untuk memanjakan nasabahnya agar dapat bertransaksi secara digital, yaitu D-Mobile, DCash Connect Mobile, dan DCard Mobile.
D-Mobile
Aplikasi D-Mobile mulai diluncurkan pada tahun 2014. Â Dengan aplikasi ini, nasabah Bank Danamon dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara online seperti transfer dana, cek informasi saldo, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan. Fitur menarik yang ditawarkan adalah fitur SosMed D-Cash, dimana pengguna D-Mobile dapat memberikan dana kepada teman melalui jaringan media sosial Facebook. Selain itu ada juga fitur Augmented Reality yang menampilkan promo - promo produk di toko - toko pada radius 5 km dari pengguna. Fitur tersebut juga dapat menunjukkan lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat dari nasabah.
Selanjutnya ada aplikasi DCard Mobile yang dikhususkan bagi pengguna kartu kredit Danamon. Dengan aplikasi ini, nasabah dapat melihat riwayat transaksi dan tagihan kartu kredit, atau melakukan registrasi Bill Payment untuk pembayaran tagihan bulanan.
Nasabah juga bisa melakukan perubahan transaksi belanja menjadi cicilan, melakukan pengajuan penambahan/pengurangan limit kartu kredit, juga registrasi Credit Protection untuk melindungi pembayaran tagihan. Jika kartu kredit hilang, nasabah juga dapat melakukan pemblokiran dengan aplikasi ini, sehingga tidak khawatir jika kartu kreditnya disalahgunakan.
DCash Connect Mobile
Dan yang baru - baru ini diluncurkan adalah Dcash Connect Mobile, aplikasi transaksi keuangan khusus bagi para pebisnis. Beberapa manfaat bagi para pebisnis dengan menggunakan aplikasi ini antara lain, dapat melakukan pembayaran gaji karyawan dari mana saja, melakukan pengajuan Bank garansi atau LC dengan mudah, dapat memantau pembiayaan distributor, transfer ke supplier di sela - sela kesibukan, dan lain sebagainya.Â
***
Dengan memperkuat kanal komunikasi digital melalui digital journey, Bank Danamon siap meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat. Dan dengan beragam kemudahan transaksi perbankan yang ditawarkan Bank Danamon, saatnya kita pegang kendali.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H