Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggungjawab anda dalam praktik ini.
Berdasarkan hasil pengamatan guru dalam pembelajaran, terdapat permasalahan sebagai berikut :
- Rendahnya motivasi belajar siswa
- Kurangnya pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
- Kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran
- Dominasi guru dalam pembelajaran.
Rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada kegiatan representasi matematis dapat mempengaruhi capaian pembelajaran dan perkembangan kognitif siswa. Inovasi metode pembelajaran serta variasi kegiatan pembelajaran yang menarik dengan penerapan Problem Based Learning berbantu aplikasi GeoGebra ini merupakan upaya untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar sekaligus meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab  dalam mendesain pembelajaran yang inovatif serta menyenangkan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?Siapa saja yang terlibat?
Berdasarkan penyebab dari permasalahan diatas tantangan yang dihadapi guru yaitu :
- Kurangnya penggunaan media yang efektif dan mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran.
- Guru yang lebih aktif mengajar dengan mengaplikasikan metode ceramah. Pembelajaran ceramah dapat dinyatakan sebagai proses satu arah yang hanya berfokus pada siswa saja sehingga siswa kurang berkembang,
- Pembelajaran matematika di kelas cenderung monoton dan membosankan
- Peserta didik yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran.
- Kurangnya penggunaan TPACK dalam pembelajaran
Kajian literatur berkaitan dengan tantangan yang dihadapi guru :
- Â Alkhateeb dan Al-Duwair (2019) GeoGebra dapat memberikan peningkatan kemampuan siswa dalam mengkonseptualisasikan berbagai unsur-unsur dari pembelajaran matematika. Hal ini membuktikan bahwa GeoGebra memiliki efek positif dan membantu meningkatkan pengetahuan konseptual dan procedural matematika siswa (Harahap et al.,2021).
- Pada perkembangannya, TPACK telah menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran Koehler, Mishra, & Cain, 2013: 14).
- Menurut Daryono (2010) media pembelajaran adalah segala sesuatu (baik manusia perhatian, benda, atau lingkungan sekitar) yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa pada kegiatan belajar untuk mencapai tujuan
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan / bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.
Strategi yang dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan peningkatan hasil belajar siswa adalah menggunakan model Problem Based  Learning berbantu aplikasi GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik untuk selalu berpikir kritis dan selalu terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sedangkan Aplikasi GeoGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Dengan aplikasi GeoGebra dapat mempraktikkan langsung  Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic.
Langkah-langkah dalam menghadapi tantangan dimulai dengan :
- Perencanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pemilihan metode, media, bahan ajar dan penilaian pemebelajaran. Meodel pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbantu aplikasi GeoGebra.Dan untuk bahan ajarnya adalah Sistem Persamaan Linear Dua variabel. Untuk assesment/penilaian menggunakan penilaian observasi, tes tertulis, penugasan serta presentasi. Perencanaan media GeoGebra diawali dengan mendownload aplikasi tersebut. Kemudian menyiapkan materi untuk ditampilkan di aplikasi GeoGebra. Sehingga hasil penyelesaian akan muncul pada aplikasi GeoGebra.
- Pembelajaran model PBL berbantuan GeoGebra dilakukan dengan memberikan Orientasi permasalahan, Pengorganisasian siswa/peserta didik,Pembimbingan penyelidikan,Pengembangan dan penyajian hasil karya, Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
- Kegiatan evaluasi pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan berbantu GeoGebra dilakukan guru dan siswa dengan menyimpulkan pembelajaran yang sudah dilakukan. Kemudian dilanjutkan dengan refleksi. Dimana setiap siswa mengisi refleksi pembelajaran pada google form.
Refleksi Hasil dan Dampak :
Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Mengapa?Bagaimana respon orang lain terkait strategi yang dilakukan? Apa yang menjadi faktor keberhasilan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
- Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan, siswa merasa kagum dengan media pembelajaran dan ingin mengotak-atik media pembelajarannya lagi
- Rekan sejawat merasa tertarik menerapkan pembelajaran sejenis dan akan belajar  membuat media dengan GeoGebra
- Hasil dari penerapan pembelajaran dengan PBL berbantuan aplikasi GeoGebra ini sangat efektif, karena:
- Refleksi Hasil dan Dampak :
Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Mengapa?Bagaimana respon orang lain terkait strategi yang dilakukan? Apa yang menjadi faktor keberhasilan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
- Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan, siswa merasa kagum dengan media pembelajaran dan ingin mengotak-atik media pembelajarannya lagi
- Rekan sejawat merasa tertarik menerapkan pembelajaran sejenis dan akan belajar  membuat media dengan GeoGebra
- Hasil dari penerapan pembelajaran dengan PBL berbantuan aplikasi GeoGebra ini sangat efektif, karena Siswa menunjukkan peningkatan motivasi saat proses pembelajaran berlangsung, mulai dari pendahuluan hingga pembelajaran selesai dan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa membuat siswa lebih fokus dan aktif saat belajar.
- Hasil belajar siswa meningkat yaitu dengan membandingkan nilai antara pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu aplikasi GeoGebra. Nilai rata-rata sebelumnya adalah 50 dan nilai rata-rata setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu aplikasi GeoGebra adalah 78. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu 56%
Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat saat kegiatan refleksi. Hasilnya sejumlah 12 siswa , 2 Â siswa merasa kurang senang.sedangkan 16 lainnya merasa senang. Sehingga disimpulkan bahwa 83% siswa senang dengan pembelajaran.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI