MANAJEMEN PEMASARAN
OLEH : AZMI NURMAULANA
Manajemen pemasaran kegiatan menganalisis rencana yang terkait program untuk menghasilkan pertukaran yang baik dalam suatu pasar yang sudah ditargetkan.
Manajemen pemasaran menurut para ahli :
William J. Stanton, pemasaran ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Kotler dan Keller, pemasaran ialah sebuah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. ... Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.
Manullang dan Hutabarat ialah  proses dalam menganalisa, merencanakan dan mengontrol kegiatan dalam pemasaran yang mencangkup ide-ide, barang dan jasa yang berdasar pertukaran dengan tujuan untuk menghasilkan kepuasan konsumen dan tanggung jawab produsen.
Tujuan Manajemen PemasaranÂ
Tujuanya untuk menciptakan sistem, membangun, serta mempertahankan pertukaran, terhadap produsen dan konsumen. Agar bisa memberikan keuntungan dari kedua pelah pihak. Keuntungan ini yang bisa menjadi pencapaian dari bisnis & perusahaan.
Unsur Manajemen PemasaranÂ
Orientasi pada konsumen atau pembeli.
Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh.
Kepuasan konsumen.
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran meliputi: kebutuhan, permintaan & kepuasaan.
Macam-Macam Konsep Manajemen Pemasaran :
Temukan keinginan pasar dan memenuhi kebutuhan pasar.
Cintai-lah pelanggan, bukan produk anda.
Lakukan menurut cara anda sendiri.
Andalah yang menentukan usaha anda sendiri.
Lakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pembeli.
Sistem Pemasaran
Gabungan sebuah organisasi yang melaksanakan kerja sistem pemasaran.
Target pasar.
Kendala lingkungan.
Strategi PemasaranÂ
Daur hidup produk, strategi harus disesuaikan dengan tahap daur hidup.
Posisi pesaingan perusahaan pasar, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan
Situasi ekonomi, disesuaikan dengan situasi ekonomi dengan pandangan kedepan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H