Mohon tunggu...
Diah maulidia
Diah maulidia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tugas Mata Kuliah Pengantar Manajemen, Prodi Akuntansi S1, Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manajemen Pemasaran

25 Desember 2021   18:36 Diperbarui: 25 Desember 2021   18:39 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MANAJEMEN PEMASARAN

OLEH : AZMI NURMAULANA

Manajemen pemasaran kegiatan menganalisis rencana yang terkait program untuk menghasilkan pertukaran yang baik dalam suatu pasar yang sudah ditargetkan.

Manajemen pemasaran menurut para ahli :

William J. Stanton, pemasaran ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Kotler dan Keller, pemasaran ialah sebuah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. ... Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.

Manullang dan Hutabarat ialah  proses dalam menganalisa, merencanakan dan mengontrol kegiatan dalam pemasaran yang mencangkup ide-ide, barang dan jasa yang berdasar pertukaran dengan tujuan untuk menghasilkan kepuasan konsumen dan tanggung jawab produsen.

Tujuan Manajemen Pemasaran 

Tujuanya untuk menciptakan sistem, membangun, serta mempertahankan pertukaran, terhadap produsen dan konsumen. Agar bisa memberikan keuntungan dari kedua pelah pihak. Keuntungan ini yang bisa menjadi pencapaian dari bisnis & perusahaan.

Unsur Manajemen Pemasaran 

Orientasi pada konsumen atau pembeli.

Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh.

Kepuasan konsumen.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran meliputi: kebutuhan, permintaan & kepuasaan.

Macam-Macam Konsep Manajemen Pemasaran :

Temukan keinginan pasar dan memenuhi kebutuhan pasar.

Cintai-lah pelanggan, bukan produk anda.

Lakukan menurut cara anda sendiri.

Andalah yang menentukan usaha anda sendiri.

Lakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pembeli.

Sistem Pemasaran

Gabungan sebuah organisasi yang melaksanakan kerja sistem pemasaran.

Target pasar.

Kendala lingkungan.

Strategi Pemasaran 

Daur hidup produk, strategi harus disesuaikan dengan tahap daur hidup.

Posisi pesaingan perusahaan pasar, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan

Situasi ekonomi, disesuaikan dengan situasi ekonomi dengan pandangan kedepan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun