Mohon tunggu...
dewimaisaroh
dewimaisaroh Mohon Tunggu... Lainnya - dedeww

tetaplah menguat, karena hidup takkan melemah untukmu :))

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sumber-Sumber Bahan Ajar Akidah Akhlak

23 Mei 2021   15:14 Diperbarui: 23 Mei 2021   15:23 1694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumber dan media pembelajaran merupakan suatu bagian yang saling memiliki keterkaitan dengan keseluruhan proses pembelajaran. Nah, salah satu syarat untuk menjadi seorang guru professional adalah guru yang dapat mengembangkan sumber belajar atau bahan ajar. Hal ini digunakan dengan tujuan agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, tidak terlalu monoton dan membosankan.

Dalam meningkatkan kualitas sebuah pembelajaran pada dasarnya dibutuhkan usaha dalam proses pembelajaran. Usaha menjadi suatu kesatuan yang sangat penting dan sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Usaha dalam hal ini tidak hanya dalam pemilihan serta penerapan metode atau strategi yang tepat ketika menyampaikan suatu materi pembelajaran. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lagi, seperti pemilihan sumber sumber bahan ajar yang sesuai dan relevan dengan materi pembelajaran, dan  pemilihan bahan ajar yang tepat. Jadi dalam kaitannya dengan hal ini, sumber bahan ajar merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan bahan ajar, terlebih bahan ajar disini nantinya akan menjadi sarana pendukung dalam proses pembelajaran.

Mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran dalam rumpun pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam itu sendiri merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama Islam. Pembelajaran akidah akhlak ini tidak hanya terfokus mengajarkan pengetahuan tentang agama dan pokok  pokoknya saja, akan tetapi juga mencakup tentang bagaimana membentuk sikap dan kepribadian siswa agar didalamnya tertanam keimanan dan ketakwaan yang kuat, serta dalam kehidupannya dihiasi dengan akhlak akhlak yang mulia kapanpun dan dimanapun mereka berada, baik di lingkungan keluarga, di lingkungan masyarakat, di lingkungan sekolahnya dan lain-lain. Tidak hanya itu, pembentukan kepribadian siswa juga diarahkan pada kesesuaian sikap mereka dengan ajaran islam, mampu berpikir, memutuskan dan berbuat atau bertingkah laku  berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam serta dapat bertanggung jawab atas perbuatan atau tingkah lakunya sesuai dengan nilai nilai ajaran Islam.

Sumber bahan ajar merupakan tempat dimana bahan ajar didapatkan. Sedangkan bahan ajar itu sendiri adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu seorang guru atau pendidik ketika melakukan kegiatan belajar. Bahan yang dimaksud disini dapat berupa tertulis maupun tidak tertulis. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwasannya bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa harus disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Tidak jauh berbeda dengan pengertian sumber belajar. Sumber belajar adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh seorang guru dan segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan belajar yang dari sumber belajar tersebut dapat diperoleh informasi, pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dari tujuan pembelajaran itu sendiri. Sedangkan sumber bahan ajar adalah segala sesuatu baik itu berasal dari lingkungan sekitar, benda, seseorang atau tokoh, buku, peristiwa atau pengalaman yang didalamnya mengandung informasi atau pengetahuan dan secara fungsional dapat digunakan untuk membantu proses optimalisasi hasil belajar. Jadi, sumber bahan ajar yang telah diperoleh tadi, kemudian dijadikan sebagai suatu materi yang nantinya dituangkan dan dikembangkan menjadi suatu bahan ajar yang telah disesuaikan dengan materi pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa sumber belajar dengan sumber bahan ajar ini memiliki pengertian yang sama. Jadi sama sama suatu bahan yang memiliki tujuan untuk memudahkan seorang guru dalam melakukan pembelajaran serta meningkatkan efektivitas dan optimalisasi hasil belajar siswa. Dimana dari keduanya guru dapat memperoleh informasi, pengetahuan, pengalaman serta keterampilan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran.

Menurut terminologi atau secara istilah akidah adalah iman atau keyakinan yang teguh dan pasti, yang didalamnya tidak ada keraguan sedikitpun bagi orang orang yang meyakininya. Keyakinan atau kepercayaan  yang dimaksud disini tentu saja terletak di dalam hati setiap manusia. Sedangkan akhlak adalah gambaran yang terbesit dalam hatinya, yang ditunjukkan dalam tingkah laku nyata. Dimana dalam tingkah laku tersebut mencerminkan kepribadiannya. Nah, tingkah laku yang ditunjukkan tadi merupakan tindakan spontanitas dari dalam diri seseorang. Apabila  tindakan spontanitas yang ditunjukkan itu baik, maka itu disebut al akhlakul karimah. Dan sebaliknya, apabila tindakan spontanitas yang ditunjukkan itu buruk, maka itu disebut al akhlakul madzmumah. Jadi, berdasarkan definisi tentang sumber bahan ajar, akidah dan akhlak yang telah dijelaskan diatas.  Dapat diambil garis besarnya, bahwa pengertian sumber bahan ajar akidah akhlak adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai sumber, rujukan, atau bahan dalam membuat suatu bahan ajar  yang dikhususkan pada mata pelajaran akidah akhlak dimana  didalamnya menekankan pada aspek keyakinan dalam beragama, serta tingkah laku, sikap atau kepribadian seseorang. Tidak hanya itu, mata pelajaran akidah akhlak ini lebih ditekankan pada menanamkan keimanan dan ketakwaan dalam diri siswa, serta senantiasa memiliki akhlak yang mulia atau akhlakul karimah, dimanapun mereka berada. Baik di lingkungan keluarga, di lingkungan masyarakat, di lingkungan sekolah, dan lain sebagainya.

Dalam proses pembelajaran akidah akhlak, perlu memperhatikan  sumber belajar atau sumber bahan ajar guna untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Peran sumber bahan ajar atau sumber belajar disini sangat penting, yaitu untuk memberi pengalaman belajar yang baik bagi siswa.

Sumber bahan ajar dapat dikatakan sebagai tempat dimana bahan ajar itu apat diperoleh. Nah, dalam mencari sumber bahan ajar bukan hanya tugas seorang guru saja. Akan tetapi disini siswa dapat ikut serta atau melibatkan dirinya untuk mencari sumber bahan ajar tersebut. Ada berbagai sumber bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu materi pembelajaran dari setiap standar kompetensi yang telah ditetapkan. Sumber sumber yang dimaksud tersebut, yaitu :

1. Buku teks

Buku teks adalah salah satu sumber bahan ajar yang diterbitkan oleh berbagai penerbit. Contoh dalam pembelajaran akidah akhlak, seorang guru dapat mencari berbagai buku yang didalamnya membahas tentang akidah islam.

2. Laporan Hasil Penelitian

Laporan hasil penelitian adalah suatu bentuk laporan yang didalamnya berisi hasil hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti. Laporan penelitian ini diterbitkan oleh lembaga penelitian atau para peneliti. Contohnya Seorang guru mencari laporan penelitian tentang pentingnya penerapan  akhlak terpuji tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Laporan penelitian ini bersifat mutakhir dan aktual, karena persoalan yang dibahas dalam penelitian tersebut selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman yang berlaku atau persoalan kontemporer yang terjadi.

3. Jurnal

Jurnal adalah publikasi hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang diterbitkan secara berkala.

4. Pakar atau Orang yang ahli                                                           

Orang yang ahli dalam suatu  bidang tertentu, sangat penting untuk  dilibatkan atau dijadikan sebagai salah satu sumber bahan ajar. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kemampuan serta pengetahuan atau wawasan yang lebih luas mengenai persoalan tertentu.

5. Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik lainnya dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan.

6. Media Audiovisual

Media audio visual yaitu suatu media yang memiliki unsur suara dan mengandung gambar. Jadi dalam hal ini materi pembelajaran dikemas ke dalam bentuk audio visual. Nah, media audio visual yang dimaksud disini seperti TV, film atau vidio, kaset, VCD.

7. Lingkungan

Menurut pendapat Muhammad Efendi, lingkungan adalah suatu gejala alam yang ada dan terjadi disekitar kita, dimana dalam lingkungan tersebut terdapat adanya interaksi antara faktor biotik (hidup) dengan faktor  abiotik (tak hidup). Dalam  hal ini, lingkungan menyediakan stimulus atau rangsangan terhadap manusia atau individu, dan ini berlaku sebaliknya individu juga memberikan umpan balik atau respons terhadap lingkungan.

Diciptakannya sumber bahan ajar memiliki tujuan atau maksud tertentu dalam suatu pembelajaran yang dilakukan. Dalam hal ini ada enam tujuan utama dari sumber bahan ajar diantaranya yaitu Meningkatkan produktivitas pendidikan;  Memberikan kemungkinan pendidikan yang bersifat lebih individual; Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap proses pengajaran atau pembelajaran; Lebih memantapkan pembelajaran yang dilakukan; Memungkinkan belajar dengan cara seketika, karena dapat mengurangi jurang pemisah antara pelajaran yang sifatnya verbal serta abstrak dengan realitas yang sifatnya konkret; Memungkinkan penyajian pendidikan yang lebih luas, terutama dengan adanya media massa, hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan tenaga orang lain secara lebih luas dan kejadian langka.

Pemilihan sumber belajar atau sumber bahan ajar sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Dan akan lebih baik jika pemilihan sumber bahan ajar ini menggunakan kriteria kriteria tertentu. Dalam hal ini ada dua kriteria. Yaitu kriteria umum dan kriteria khusus. Kriteria umum didalamnya meliputi ekonomis, praktis dan sederhana, mudah diperoleh, serta fleksibel atau kompatibel. Selanjutnya, dalam kriteria khusus meliputi sumber belajar dapat memotivasi belajar siswa, sumber belajar digunakan untuk tujuan pengajaran, sumber belajar untuk penelitian, sumber belajar untuk memecahkan masalah pembelajaran, dan sumber belajar untuk presentasi.

Ciri utama dari sumber bahan ajar adalah mempunyai daya atau kekuatan yang bisa memberikan sesuatu yang kita butuhkan dalam pembelajaran, baik itu berupa pengetahuan atau manfaat dalam proses pembelajaran yang sifatnya positif. Sehingga dapat merubah tingkah laku siswa atau  individu menjadi lebih baik.

Sumber bahan ajar dapat digunakan sebagai : pembuka dalam mengembangkan wawasan terhadap proses pembelajaran, sebagai pemandu dari materi yang akan dipelajari, sebagai ilustrasi atau gambaran dari materi yang telah dipelajari, sebagai pemberi informasi tentang penemuan baru dari seseorang terkait materi yang dipelajari, sebagai petunjuk dan deskripsi tentang hubungan antara pembelajaran yang dilakukan dengan ilmu pengetahuan lainnya, sebagai konsekuensi logis dari pembelajaran dimana hal ini menuntut guru dan siswa untuk memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang ada dalam pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun