Mohon tunggu...
Dewi Sekarwangi
Dewi Sekarwangi Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

saya seorang pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)

23 Januari 2023   12:17 Diperbarui: 23 Januari 2023   12:22 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SDN 1 Getasan

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan  Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas VI (Enam) SDN 1 Getasan pada Mupel Bahasa Indonesia dan IPA Tema 5, Subtema 2, Pembelajaran 1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Penulis

Dewi Sekarwangi, S.Pd.

Tanggal

14 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

Berdasarkan kondisi yang ada dikrlas VI SDN 1 Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang masih menjadi masalah adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, selama ini model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan penugasan. Karena itu pembelajaran hanya satu arah dan berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif.

Penyebab permasalahan dari pembelajaran ini adalah:  

  • Belum maksimal pengembangan rencana pembelajaran
  • Siswa kurang aktif dalam pembelajaran
  • Belum menerapkan pembelajaran berbasis masalah PBL (Problem Based Learning)
  • Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran masih belum optimal
  • Penggunaan metode pembelajaran kurang bervariatif
  • Belum maksimal dalam penggunaan media benda konkret

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? 

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :

  • Praktik pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk selalu mendesain pembelajaran yang kreatif serta inovatif
  • Praktik pembelajaran yang saya lakukan diharapkan selain memotivasi diri saya juga dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi guru lainnya sehinggan berdampak pada perbaikan pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini? 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu : Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan dalam menggunakan model, pendekatan, metode pembelajaran, membuat rancangan pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, LKPD, dan lembar evaluasi sehingga tujuan pembelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? 

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah :

  • Kemampuan saya dalam memahami dan menerapkan model PBL, pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum maksimal
  • Sumber belajar yang hanya terbatas pada buku pelajaran di kelas.
  • Penggunaan media visual kurang menarik dalam pembelajaran
  • Guru belum memberikan ice breaking dalam pembelajaran.
  • Penerapan metode eksperimen belum terorganisir dengan baik
  • Terkadang mengabaikan media konkret dalam pembelajaran

Siapa saja yang terlibat?

  • Guru terlibat sebagai pengajar
  • Peserta didik terlibat sebagai subjek penelitian
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
  • Teman sejawat yang telah membatu kelancaran proses pembelajaran.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut: 

  • Mencari kajian literatur yang tepat untuk memecahkan persoalan pembelajaran yang di hadapi.
  • Membuat slide Power Point (PPT) yang menarik sehingga siswa termotivasi dan aktif dalam pembelajaran.
  • Guru menggunakan media konkret sehingga siswa lebih memahami materi pelajaran.

Strategi apa yang digunakan? 

Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi.

Bagaimana prosesnya? 

Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:

  • Hal yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Pada pembelajaran ini guru memilih model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
  • Untuk menyajikan permasalahan yang harus siswa pecahkan melalui tayangan video yang telah diseleksi.
  • Proses pemilihan model ini, dilakukan dengan lebih dulu mempelajari apa saja model – model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar peserta didik, lalu memahami karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku guru dan siswa.

Siapa saja yang terlibat? 

  • Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
  • Kamerawan sekaligus kolaborator yang terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran serta terlibat dalam mengawasi jalannya pelaksanaan praktek pembelajaran dan memberikan saran perbaikan.
  • Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini? 

Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu :

  • Buku guru tema 5 Wirausaha
  • Buku siswa tema 5 Wirausaha
  • Video pembelajaran melalui PPT
  • Lembar kerja siswa (LKPD)
  • Alat dan bahan yang digunakan diantaranya Laptop, LCD Proyektor, microfon, media konkret berupa formulir daftar riwayat hidup,  magnet, pensil, peniti, penghapus, paku, penjepit kertas, sisir, gunting, batu, kayu, daun, karet gelang dan kaca. Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovatif.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan

  • Penggunaan media pembelajaran konkrit dan PPT sangat membantu keaktifan siswa dalam pembelajaran serta pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan
  • Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
  • Perubahan yang signifikan terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung
  • Penggunaan media ppt dan video pembelajaran yang ditayangkan secara umum dapat dikatakan efektif serta sangat membantu keaktifan siswa dan pemahaman siswa dalam pembelajaran

 

Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif ?

Sebagian besar peserta didik merasa senang dalam pembelajaran inovatif seperti ini, pembelajaran yang guru lakukan hasilnya efektif dan sesuai dengan yang diinginkan.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Secara umum hasil wawancara yang dilakukan kepada rekan sejawat mengenai praktek pembelajaran yang saya lakukan sudah baik, untuk pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran yang telah disusun dalam RPP. Mulai dari kegiatan pendahuluan, inti sampai pada kegiatan penutup. Serta pelaksanaan pembelajaran telah menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan tidak monoton. Akan tetapi masih terdapat kekurangan yang harus saya perbaiki dan tidak boleh terulang kembali pada pembelajaran berikutnya seperti belum ada sikap baris didepan kelas, penempatan meja dan kursi belum tertatah rapih, pada saat presentasi siswa belum terlibat semua.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran. Selain itu faktor keberhasilan ataupun ketidakberhasilan dalam praktek pembelajaran ini yaitu persiapan yang dilakukan, dengan persiapan yang maksimal, maka pembelajaran yang akan dilaksanakan akan berpeluang baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tanpa persiapan.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut? 

  • Secara umum praktek pembelajaran yang saya laksanakan telah berhasil membuat peserta didik semakin mudah mengerti mengenai pembelajaran yang saya sampaikan dan siswa terlihat lebih aktif dalam pembelajaran.
  • Saya selalu berusaha menjadi guru yang menyenangkan dan memesona
  • Pada proses ini juga mengajarkan kepada saya agar lebih profesional dalam menjalankan tugas mengajar dengan memaksimalkan penggunaan model, media, metode pembelajaran.
  • Selalu membuat perencanaan dengan baik dan matang dalam pembelajaran serta melaksanakan sesuai perencanaan dengan sebaik-baiknya
  • Dampak dari penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran yang sekaligus diintegrasikan pada model pembelajaran TPACK menunjukkan bahwa siswa lebih bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, siswa juga dapat mencari solusi terhadap beberapa permasalahan yang disajikan guru.
  • Siswa dalam kerja kelompok terlihat aktif dalam tugas kelompoknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun