KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND
RANCANGAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Latar Belakang
Drumband adalah salah satu jenis kegiatan ekstra kurikuler yang ada dihampir setiap sekolah/madrasah. Merupakan kebanggaan tersendiri menjadi anggota grup drum band, bagi siswa-siswi yang di sekolahnya ada kegiatan drum band.Â
Drum band bahkan menjadi bentuk kemeriahan acara dalam sebuah upacara sederhana hingga ke upacara-upacara resmi. Bukan hal yang aneh dan terkesan mahal untuk memainkan alat drumband saat ini. Bahkan menjadi ketinggalan zaman jika madrasah/sekolah tidak memilikinya.
SMPN 1 Lembang Jaya merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Solok yang telah mengadakan kegiatan ekstrakurilkuler Drum band sejak tahun 1990.Â
Drum band di sekolah ini menjadi ekstrakurikuler unggulan yang banyak diminati siswa. Tidak ada acara yang terlewati, baik di tingkat sekolah hingga ke tingkat daerah, selalu dimeriahkan oleh Drum band SMPN 1 Lembang Jaya. Pada tahun 2005 kelompok drum band sekolah ini berubah menjadi group marching band.Â
Marching band SMPN 1 Lembang Jaya mencapai puncak kejayaannya ketika secara 3 tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2015, 2016, dan 2017, berhasil meraih Juara Umum 1 Lomba Marching Band tingkat Kabupaten Solok. Semua kategori berhasil dimenangkan. Kehadiran wabah covid 19 membuat kegiatan marching band ini vakum untuk sementara waktu, dan baru kembali memulai kegiatannya pada semester 2 tahun ini.
Tujuan Program
Tujuan diadakannya kegiatan marching band di SMPN 1 Lembang Jaya adalah:
- Wadah untuk menyalurkan bakat seni siswa
- Pembentukan karakter kepemimpinan siswa
- Mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional
- Memupuk rasa percaya diri siswa
- Olah raga prestasi
Tahapan BAGJA
Hasil Tahapan
B-uat Pertanyaan
Pertanyaan
Bagaiamana menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, menumbuhkan karakter kepemimpinan, memupuk rasa cintanya terhadap budaya daerah, sekaligus sebagai olah raga prestasi?
Tindakan
Diskusi bersama kepala sekolah, guru mata pelajaran seni budaya, dan pembina OSIS tentang rencana mengaktifkan kembali kegiatan ekstrakurikuler unggulan marching band
Capaian
Tercapainya kesepakatan tentang akan kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler marching band pada tahun pelajaran yang akan datang
A-mbil Pelajaran
Pertanyaan
Program/kegiatan apakah yang pernah berhasil menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, dan menumbuhkan karakter kepemimpinan siswa?
Kegiatan apakah yang pernah berhasil menjadi program/kegiatan ekstrakurikuler unggulan dan mengangkat nama sekolah sebagai olah raga prestasi?
Tindakan
Mereview kembali kegiatan ekstrakurikuler bidang bakat dan minat kesenian yang pernah menjadi kegiatan prestasi dan unggulan di sekolah.
Capaian
Kesimpulan bahwa marching band adalah salah satu bentuk ekstrakurikuler bidang bakat dan minat kesenian yang pernah menjadi kegiatan prestasi dan unggulan di sekolah.
G-ali Mimpi
Pertanyaan
Seperti apa bentuk kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, dan menumbuhkan karakter kepemimpinan siswa?
Dampak positif apa yang akan dirasakan jika program ini dapat diaktifkan kembali?
Tindakan
Mengundang alumni-alumni anggota marching band yang saat ini sudah berhasil dan telah mengembangkan ilmunya lebih tinggi lagi.
Menjalin komunikasi dengan pelatih marchng band tentang kemungkinan kembali membantu melatih di sekolah.
Capaian
Terbentuk kesepakatan bahwa alumni-alumni anggota marching band akan membantu mengaktifkan kembali kegiatan ekskul marching band.
Menghubungi pelatih yang akan membantu guru pembimbing untuk melatih marching band.
J-abarkan Rencana
Pertanyaan
Apa langkah awal yang harus dilakukan untuk kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler marching band di sekolah?
Bagaimana menyusun tim pembina dan pelatih, serta siapa saja yang akan dilibatkan dalam tim tersebut?
Bagaimana kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan semua anggota komunitas sekolah dapat dilibatkan dalam mendukung kelancaran kegiatan marching band?
Tindakan
- Deskripsi Pelaksanaan Program Kegiatan
- Pengenalan kegiatan yang diadakan pada saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) siswa baru di awal tahun pelajaran.
Penjaringan anggota baru yang diadakan pada minggu-minggu pertama pembelajaran di awal tahun pelajaran baru.
Pekan orientasi anggota baru
Pengenalan alat
Pemilihan alat dan posisi anggota
Latihan dasar baris berbaris
Latihan rutin yang diadakan setiap hari Selasa
Latihan musik upacara setiap hari Sabtu
Capaian
Program ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai pelaksana (Subjek). Orang tua sebagai mitra sekolah mendukung dan mendampingi murid dirumah.
A-tur Eksekusi
Pertanyaan
Siapakah yang bertanggung jawab memonitor dan mengevaluasi kegiatan marching band di sekolah agar berjalan dengan menyenangkan, efektif dan berkelanjutan?
Siapakah yang dapat memberikan masukan demi terus berkembangnya variasi penampilan marching band SMPN 1 Lembang Jaya?
Tindakan
Monitor dan evaluasi dilakukan dengan melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat luar sekolah (orang tua)
Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim:
Penanggung Jawab kegiatan : Kepala sekolah
Pengarah : Wakil Kepala Sekolah
Koordinator : Guru
penanggung jawab kegiatan, perlengkapan , tempat : guru dan murid
Capaian
Monitoring dilakukan tiap kali jadwal latihan. Hasil monitoring dilaporkan/dikoordinasikan kepada wakil kepala sekolah.
Evaluasi dilakukan dalam rapat koordinasi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru.
Untuk lebih lengkapnya tentang jabaran aksi nyata modul 3.3 ini silahkan klik link berikut:
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI