Mohon tunggu...
Dewi Yolanda
Dewi Yolanda Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika SMPN 1 Lembang Jaya. Kab.Solok. Sumatera Barat.

Saya adalah guru matematika yang suka menulis dan membaca. Saya ingin berbagi tulisan-tulisan dan pengetahuan yang saya miliki untuk semua guru/pendidik dan siapa saja yang gemar membaca. Semoga bermanfaat untuk semua.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.3.a.10 Aksi Nyata Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

21 Juni 2022   19:32 Diperbarui: 22 Juni 2022   09:13 925
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND

RANCANGAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Latar Belakang

Drumband adalah salah satu jenis kegiatan ekstra kurikuler yang ada dihampir setiap sekolah/madrasah. Merupakan kebanggaan tersendiri menjadi anggota grup drum band, bagi siswa-siswi yang di sekolahnya ada kegiatan drum band. 

Drum band bahkan menjadi bentuk kemeriahan acara dalam sebuah upacara sederhana hingga ke upacara-upacara resmi. Bukan hal yang aneh dan terkesan mahal untuk memainkan alat drumband saat ini. Bahkan menjadi ketinggalan zaman jika madrasah/sekolah tidak memilikinya.

SMPN 1 Lembang Jaya merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Solok yang telah mengadakan kegiatan ekstrakurilkuler Drum band sejak tahun 1990. 

Drum band di sekolah ini menjadi ekstrakurikuler unggulan yang banyak diminati siswa. Tidak ada acara yang terlewati, baik di tingkat sekolah hingga ke tingkat daerah, selalu dimeriahkan oleh Drum band SMPN 1 Lembang Jaya. Pada tahun 2005 kelompok drum band sekolah ini berubah menjadi group marching band. 

Marching band SMPN 1 Lembang Jaya mencapai puncak kejayaannya ketika secara 3 tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2015, 2016, dan 2017, berhasil meraih Juara Umum 1 Lomba Marching Band tingkat Kabupaten Solok. Semua kategori berhasil dimenangkan. Kehadiran wabah covid 19 membuat kegiatan marching band ini vakum untuk sementara waktu, dan baru kembali memulai kegiatannya pada semester 2 tahun ini.

Tujuan Program

Tujuan diadakannya kegiatan marching band di SMPN 1 Lembang Jaya adalah:

  1. Wadah untuk menyalurkan bakat seni siswa
  2. Pembentukan karakter kepemimpinan siswa
  3. Mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional
  4. Memupuk rasa percaya diri siswa
  5. Olah raga prestasi

Tahapan BAGJA

Hasil Tahapan

B-uat Pertanyaan

Pertanyaan

Bagaiamana menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, menumbuhkan karakter kepemimpinan, memupuk rasa cintanya terhadap budaya daerah, sekaligus sebagai olah raga prestasi?

Tindakan

Diskusi bersama kepala sekolah, guru mata pelajaran seni budaya, dan pembina OSIS tentang rencana mengaktifkan kembali kegiatan ekstrakurikuler unggulan marching band

Capaian

Tercapainya kesepakatan tentang akan kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler marching band pada tahun pelajaran yang akan datang

A-mbil Pelajaran

Pertanyaan

Program/kegiatan apakah yang pernah berhasil menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, dan menumbuhkan karakter kepemimpinan siswa?

Kegiatan apakah yang pernah berhasil menjadi program/kegiatan ekstrakurikuler unggulan dan mengangkat nama sekolah sebagai olah raga prestasi?

Tindakan

Mereview kembali kegiatan ekstrakurikuler bidang bakat dan minat kesenian yang pernah menjadi kegiatan prestasi dan unggulan di sekolah.

Capaian

Kesimpulan bahwa marching band adalah salah satu bentuk ekstrakurikuler bidang bakat dan minat kesenian yang pernah menjadi kegiatan prestasi dan unggulan di sekolah.

G-ali Mimpi

Pertanyaan

Seperti apa bentuk kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat menyalurkan bakat seni siswa, memupuk rasa percaya diri, dan menumbuhkan karakter kepemimpinan siswa?

Dampak positif apa yang akan dirasakan jika program ini dapat diaktifkan kembali?

Tindakan

Mengundang alumni-alumni anggota marching band yang saat ini sudah berhasil dan telah mengembangkan ilmunya lebih tinggi lagi.

Menjalin komunikasi dengan pelatih marchng band tentang kemungkinan kembali membantu melatih di sekolah.

Capaian

Terbentuk kesepakatan bahwa alumni-alumni anggota marching band akan membantu mengaktifkan kembali kegiatan ekskul marching band.

Menghubungi pelatih yang akan membantu guru pembimbing untuk melatih marching band.

J-abarkan Rencana

Pertanyaan

Apa langkah awal yang harus dilakukan untuk kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler marching band di sekolah?

Bagaimana menyusun tim pembina dan pelatih, serta siapa saja yang akan dilibatkan dalam tim tersebut?

Bagaimana kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan semua anggota komunitas sekolah dapat dilibatkan dalam mendukung kelancaran kegiatan marching band?

Tindakan

  • Deskripsi Pelaksanaan Program Kegiatan
  • Pengenalan kegiatan yang diadakan pada saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) siswa baru di awal tahun pelajaran.

Penjaringan anggota baru yang diadakan pada minggu-minggu pertama pembelajaran di awal tahun pelajaran baru.

Pekan orientasi anggota baru

Pengenalan alat

Pemilihan alat dan posisi anggota

Latihan dasar baris berbaris

Latihan rutin yang diadakan setiap hari Selasa

Latihan musik upacara setiap hari Sabtu

Capaian

Program ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai pelaksana (Subjek). Orang tua sebagai mitra sekolah mendukung dan mendampingi murid dirumah.

A-tur Eksekusi

Pertanyaan

Siapakah yang bertanggung jawab memonitor dan mengevaluasi kegiatan marching band di sekolah agar berjalan dengan menyenangkan, efektif dan berkelanjutan?

Siapakah yang dapat memberikan masukan demi terus berkembangnya variasi penampilan marching band SMPN 1 Lembang Jaya?

Tindakan

Monitor dan evaluasi dilakukan dengan melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat luar sekolah (orang tua)

Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim:

Penanggung Jawab kegiatan : Kepala sekolah

Pengarah : Wakil Kepala Sekolah

Koordinator : Guru

penanggung jawab kegiatan, perlengkapan , tempat : guru dan murid

Capaian

Monitoring dilakukan tiap kali jadwal latihan. Hasil monitoring dilaporkan/dikoordinasikan kepada wakil kepala sekolah.

Evaluasi dilakukan dalam rapat koordinasi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru.

Untuk lebih lengkapnya tentang jabaran aksi nyata modul 3.3 ini silahkan klik link berikut:

https://www.canva.com/design/DAFEIIluByE/J_6Wy9D875MdV1uvi0s1og/view?utm_content=DAFEIIluByE&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun