Mohon tunggu...
Dewi HumairaNurul
Dewi HumairaNurul Mohon Tunggu... Ahli Gizi - GURU

Hobi saya membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Praktik Pembelajaran-2 (PPG Daljab) dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik HomeRoom

30 Juli 2023   16:31 Diperbarui: 30 Juli 2023   16:34 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best Practice Praktik Pembelajaran 2 (PPG Daljab) Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode HomeRoom, Tema Membangun Rasa Percaya Diri pada Siswa Kelas X SMKN 1 Kalibagor

Tujuan Umum :

Peserta didik mampu menjadi individu yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Tujuan Khusus:

  • Peserta didik dapat  menyimpulkan pentingnya membangun rasa percaya diri 
  • Peserta didik dapat menunjukan ciri-ciri pribadi yang memiliki rasa percaya diri
  • Peserta didik mampu mengembangkan perilaku percaya diri

Latar Belakang Masalah

Peserta didik menuturkan merasa malu karena belum mampu mengikuti materi yang disampaikan atau kurang memahami materi. Disisi lain peserta didik juga malu jika ingin bertanya kepada guru terhadap materi yang sulit karena takut dianggap bodoh oleh teman-teman sekelasnya.

          Berdasarkan latarbelakang masalah diatas, akar penyebab masalah yang muncul adalah peserta didik kurang percaya diri. Sehingga penulis melakukan analisis terhadap akar penyebab masalah melalui Analisis kebutuhan peserta didik (AKPD) terhadap kelas X yang menjadi kelas bimibingan penulis. Hasilnya ditemukan 4-8 peserta didik tiap kelas mengaku belum bisa menyesuaikan diri/adjusmnet dengan lingkungan kelasnya.

        Dari hasil AKPD diatas dan kajian literatur, akhirnya penulis memilih layanan bimbingan kelompok dengan topik membangun rasa percaya diri.

Mengapa praktik ini penting

Pada usia remaja peserta didik sudah harus memiliki pemahaman mengenai pentingnya rasa percaya diri, mengetahui manfaat percaya diri , ciri-ciri rasa percaya diri sehingga peserta didik mampu meningkatkan rasa percaya disi sehingga dapar beradaptasi dengan baik dilingkungan yang baru.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini adalah

Peranan saya dalam praktik ini sebagai guru bimbingan dan konseling yang bertanggung jawab untuk melakukan proses layanan bimbingan kelompok  yang efektif dengan teknik yang tepat sehingga peserta didik mampu mancapai tujuan layanan sesuai apa yang diinginkan.

Tantangan untuk mencapai tujuan adalah :

  • Penulis mengalami kesulitan dalam memilih peserta didik dikarnakan semua peserta didik sedang libur sekolah
  • Penulis kesulitan dalam mencari ruang untuk melakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok karna ruang BK tidak kondusif untuk melakukan layanan bimbingan kelompok
  • Perekam vidio dilakukan oleh peserta didik sehingga kurang maksimal
  • Dalam mengedit vidio penulis mengalami kesulitan dalam memilih tahap-tahap mana yang akan dimasukan dalam vidio editing, karna durasi hanya 15 menit.

Pihak Yang Terlibat :

  • Kepala Sekolah yang sudah memberikan ijin melakukan kegiatan PPL
  • Kepala Sarana dan Prasarana  yang sudah memfasilitasi media dalam layanan
  • Kepala Perpustakaan yang memberikan ijin melakukan kegiatan dalam layanan bimbingan kelompok
  • Dosen pembimbing dan Guru pamong yang sudah membimbing dan memberi masukan kepada penulis
  • Peserta didik kelas  X (FS, PR, RA, SK, YA, AD, AN, DD)

Langkah yang digunakan untuk menghadapi tantangan :

  • Melakukan bimbingan kembali dengan dosen dan guru pamong
  • Berkomunikasi dengan kepala sarana dan prasarana  untuk meminjam LCD
  • Berkomunikasi dengan Kepala Perpustakaan untuk melakukan kegiatn di perpustakaan
  • Membuat grup wa untuk berkomunikasi dengan peserta didik
  • Bekerjasama dengan peserta didik serta dalam membantu pada saat pengambilan  gambar video

Strategi yang digunakan

Berkaitan dengan media ajar, pada layanan ini penulis menggunakan media berupa vidio pendek yang ditampilkan melalui LCD Proyektor dan spaker untuk membantu mengeraskan suara.

Selain itu teknik atau metode yang digunakan pada layanan bimbingan kelompok ini menggunakan teknik homeroom dimana dalam layanan menggunakan seting suasana seperti dirumah yang mebuat anak merasa nyaman dan bisa lebih terbuka dalam melakukan layanan bimbingan kelompok

Dampak dari Aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah :

Dampak dari layanan bimbingan kelompok dengan tema membangun rasa percaya diri, membuat anggota kelompok (peserta didik) memiliki wawasan lebih luas terhadap pemaknaan percaya diri. Melalui diskusi kelompok, anggota kelompok lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan pandangannya, serta tumbuh keyakin dalam diri anggota kelompok dalam menerapkan rasa percaya diri dilingkungan sekolah.

    Sehingga dari pernyataan anggota kelompok diatas dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom cukup efektif dalam membahas topik membangun rasa percaya diri.

     Kesimpulan yang penulis tuliskan diatas didukung dengan perolehan skor dari evaluasi hasil. Dimana 25%  anggota kelompok menilai dengan baik dan 75% anggota kelompok menilai sangat baik berikatan dengan pemahaman anggota kelompok terhadap tujuan layanan yang diberikan. Anggota kelompok menilai 100% sangat baik berikatan pemahaman mereka terhadap ciri-ciri individu yang tidak percaya diri. 87,5%  anggota kelompok menilai dengan baik dan 12,5% anggota kelompok menilai sangat baik berikatan kemampuan mengindentifikasi ciri-ciri individu yang percaya diri. Anggota kelompok memiliki keyakinan sangat baik akan pentingnya percaya diri diterapkan di lingkungan sekolah. Serta 62,5% anggota kelompok mampu membiasakan percaya diri di lingkungan sekolah.

Respon orang lain terkait strategi

Respon yang ditunjukan orang lain sangat baik terhadap strategi yang digunakan oleh penulis, bisa dilihat dari dukungan teman sejawat dalam pelaksanaan kegiatan dan respon peserta didik yang antusias ketika layanan berlangsung.

Hal yang menjadi faktor keberhasilan

Yang  menjadi faktor keberhasilan dari stategi ini adalah :

  • Pemilihan teknik / metode dalam pembelajaran
  • Media pembelajaran yang tepat

Pembelajaran yang didapat dari semua proses:

       Dalam melakukan layanan harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin, dari mulai pembuatan RPL, Teknik yang digunakan, serta media pembelajaran.

Tidak lanjut yang akan diberikan

Pada layanan bimbingan kelompok ini perlunya adanya tindak lanjut untuk mengetahui bahwa pemberian layanan klasikal ini berhasil , yaitu dengan diadakan layanan bimbingan kelompok siklus ke 2 sehingga memberikan penguatan kepada peserta didik jka masih ada beberapa peserta didik yang masih belum mencapai tujuan dalam pembelajaran maka akan diberikan layanan konseling individu.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun