Mohon tunggu...
Capt Maha Dewa Agni Jatayu
Capt Maha Dewa Agni Jatayu Mohon Tunggu... Pilot - Profesional Pilot

Sky Is A Fast Place But There Is No Room For Error - Kompasianer Since 2015

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Apa Itu "Angle of Attack"?

8 November 2018   14:34 Diperbarui: 10 November 2018   01:42 3037
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://ntrs.nasa.gov/archive

Hari Ini Kamis, Tanggal 08, Bulan November, Tahun 2018.Berdasarkan Keterangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia.Menyatakan adanya "Indikasi " kerusakan pada alat yang di sebut "Angle Of Attack" pada pesawat Boeing 737 MAX 8 PK - LQP yang mengalami musibah pada beberapa waktu yang lalu.

Serta keterangan ini menyertakan juga bahwa, A.O.A yang terpasang adalah dalam kondisi bekas pakai.KNKT RI masih di melakukan investigasi secara mendetail kepada pihak Lion Air.

Untuk mempersingkat waktu, saya akan mulai pelajaran kali dengan apa yang di maksud dengan : 

Aerodinamika Adalah : "Suatu Gaya Yang Di Timbulkan Akibat Dari Aliran Udara Atau Zat Alir Lainnya - Fluida" 

Hukum Bernouli : "Semakin Cepat Udara Bergerak Maka Semakin Kecil Tekanannya"

https://www.xmome.com
https://www.xmome.com
Pada sayap pesawat terbang, sayap di buat sedemikian rupa sehingga penampang bagian atas permukaannya.Mempunyai garis atau jarak yang lebih panjang pada jarak permukaan bawah.Hal ini juga di maksudkan, agar udara yang yang melewati bagian atas sayap menempuh jarak yang lebih jauh dari pada permukaan bawah.

Untuk hal itu maka udara yang mengalir pada bagian atas harus mempercepat lajunya supaya bisa bertemu dengan udara yang melewati bawah sayap.

Artinya : Kecepatan udara atas lebih cepat dari pada kecepatan udara di bawah.Akibat dari kecepatan yang lebih cepat, maka tekanan yang di hasilkan lebih kecil dari pada tekanan yang ada pada bawah sayap.Karena perbedaan tekanan inilah maka timbul gaya angkat (Lift) pada sayap.Yaitu : "Tekanan Besar Di Bawah Sayap Akan Mendorong Sayap Pesawat Ke Atas" Sehingga pesawat akan terangkat naik.

APA ITU ANGLE OF ATTACK ?

Yaitu : "Sudut serang Sayap Pesawat Terhadap Badan Pesawat & Terhadap Datangnya Udara Dari Depan" 

Sayap yang tidak terpasang sejajar dengan badan pesawat, tetapi bagian posisi depannya lebih tinggi dari bagian belakang sayap. Akan mengakibatkan tekanan udara ke bawah sayap & pesawat akan terangkat naik sebesar udara yang tertekan ke bawah. 

Dalam pelajaran di penerbangan Angle Of Attack (A.O.A) adalah sudut yang dibentuk oleh Chord Line dengan Relative Wind.Chord dari Airfoil pada bagian sayap (Imaginer Line yang ditarik dari Leading Edge sampai Trailing Edge)

dok. istimewa
dok. istimewa
Pada sikap (Attitude) pesawat yang normal.Jika A.O.A ditambah maka Center Of Pressure (C.P) akan bergerak maju. Sedangkan jika A.O.A dikurangi maka C.P akan bergerak mundur.

https://www.mpoweruk.com
https://www.mpoweruk.com
Pesawat terbang, ketika terbang secara lurus (Horisontal) pada bermacam kecepatan.Akan terbang dengan besarnya A.O.A yang berbeda pula.Dengan kata lain, terbang dengan sikap (Attitude) yang berbeda - beda pula.Untuk setiap kecepatan (Air Speed) yang di pakai akan terjadi pula sikap khusus dari pesawat tersebut.

https://ntrs.nasa.gov/archive
https://ntrs.nasa.gov/archive
Besar kecilnya kecepatan, sangat bergantung dengan besaran dari A.O.A.Jadi bisa di simpulkan bahwa perubahan A.O.A akan mempunyai hubungan secara langsung dengan perubahan kecepatan (Indicated Air Speed). Hal ini lah yang menyebabkan, seorang pilot akan selalu mempergunakan istilah "Speed" dalam melakukan pekerjaannya.Contohnya : Landing Speed, Stalling Speed, Climbing Speed, Gliding Speed, Dll sebagainya.

 

APA ITU STALL ?

Yaitu : " Suatu Kondisi Di Mana Sayap Kehilangan Daya Angkatnya "

Hal ini di sebabkan oleh A.O.A yang terlalu besar, di bandingkan dengan kecepatannya.Dengan A.O.A yang terlalu besar  untuk suatu kecepatan, maka aliran udara tidak sanggup untuk mengikuti lekuk permukaan sayap sehingga terjadi aliran udara kacau (Turbulance) di bagian atas sayap pesawat.Sehingga sayap kehilangan daya angkatnya.  

https://wikivisually.com
https://wikivisually.com
Demikian Informasi & Pelajaran Penerbangan Ini Saya Sampaikan. Semoga Bisa Memberikan Wawasan Yang Luas Kepada Pihak Pembaca.Terima Kasih.

Wassalam.Capt.Maha Dewa Agni Jatayu 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun