Tanaman yang ditanam di rumah / Produk Herbal adalah warisan Budaya Bangsa Nenek Moyang yang telah digunakan selama berabad-abad. Indonesia menikmati manfaat dengan menciptakan obat-obatan rumahan dengan 9.600 jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan alami. Demikian pula, otoritas publik telah menambahkan tanaman obat yang merupakan bahan alami untuk membuat obat yang ditanam di rumah menjadi sepuluh produk yang diharapkan untuk dibuat dan dikembangkan.Â
Menurut sudut pandang keuangan, industri obat-obatan yang tumbuh di rumah telah memberikan kontribusi luar biasa untuk pendapatan Nasional, lebih lanjut mengembangkan bantuan pemerintah individu dan memberikan pekerjaan pintu terbuka yang luar biasa. Hampir 100% komponen mentah yang digunakan merupakan produk dalam negeri, yang dipandang layak membawa multiplier effect yang sangat penting dalam pembangunan keuangan di Indonesia, mulai dari daerah hulu (pertanian) hingga daerah hilir yang menggabungkan industri dan perdagangan.
UMKM Bulhar Bugar menyambut masyarakat Indonesia untuk membina produk-produk rumahan di lingkungan sekitar untuk maju ke tingkat Global. Seruan ini disampaikan Pemilik usaha UMKM Bulhar Bugar "Agus Yogi YK. Yadnya yang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Singaraja dalam kursus lokal melalui video kofrensi jarak jauh (Zoom) pada Jumat, 21 Januari 2022.
Pemilik UMKM Bulhar Bugar "Agus Yogi YK Yadnya" mengatakan, potensi produk rumahan di Bali khususnya dan Indonesia secara keseluruhan sangat besar, namun belum optimal dimanfaatkan, terutama untuk keperluan klinis. Selama ini masyarakat Indonesia hanya sebatas melibatkan bahan-bahan alami sebagai bahan pembuatan resep rumahan yang dibuat secara esensial. "Bagaimanapun, beberapa organisasi telah berusaha untuk menjadikan bahan alami sebagai bahan pelengkap atau rempah-rempah yang dipasarkan di seluruh dunia," katanya dalam kegiatan seminar masyarakat, Jumat (21/01/22).
Agus Yogi menggarisbawahi bahwa sejak dahulu kala, didapati fakta dari zaman ke zaman / warisan leluhur, yang sudah mengacu pada Husada Taru Pramana, bahwa bahan alam dapat memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di antaranya, temulawak, temuireng, kunyit, jinten, dan produk herbal lainnya yang telah terbukti secara klinis mengurangi risiko penyakit dan bahkan menyembuhkannya.
Hingga saat ini, bahan-bahan terapi yang diproduksi dengan menggunakan produk Herbal masih terbilang sedikit. Karena, "Agus yogi" menambahkan, produk herbal atau jamu di pasaran masih didominasi oleh racikan yang dibuat dengan seduhan air panas atau jamu dalam bentuk kemasan kering Di sisi lain, peran dokter yang belum menjadikan produk herbal sebagai bahan obat juga turut menjadi hambatan dalam pemakaiannya.
Potensi pembuatan obat-obatan tradisional atau produk Herbal di Indonesia sangat besar. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, lebih dari 87% klien pengobatan Herbal mengakui bahwa resep alami cukup untuk menghilangkan berbagai jenis penyakit.Â
Lagi pula, transaksi perdagangan untuk resep konvensional dunia terus berkembang seiring dengan penelitian klinis yang menyatakan bahwa obat-obatan alami bermanfaat dan baik untuk digunakan. "Agus Yogi" juga menjelaskan bahwa peluang pasar ini dapat dimanfaatkan untuk memperdagangkan beberapa produk unggulan yang umum dimiliki oleh UMKM Bugar Bulhar, seperti Lotam (loloh tamba) dan Scara Oil (Minyak Balur).
Sementara itu, Kementerian Perindustrian mendorong industri obat tradisional untuk terus melibatkan inovasi teknologi digital untuk membuat pabrik pengolahan produksi masa kini sesuai dengan era modern 4.0. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, pemanfaatan komputerisasi oleh industri obat tradisional berencana untuk membangun efektivitas dan efisiensi.Â
Dengan demikian, mereka dapat memberikan barang-barang berkualitas dan bersaing di sektor bisnis lokal dan asing. "Korespondensi mesin-ke-mesin dapat dimanfaatkan, seperti halnya inovasi penalaran buatan manusia, yang dapat membangun efektivitas. Di berbagai bidang modern, produktivitas ini dapat mencapai hampir 100%," katanya.
Saat ini, pengembangan industri obat tradisional sedang difokuskan agar dapat menjadi salah satu bidang utama dalam menambah pembangunan ekonomi nasional. Tercatat 1.247 usaha pengobatan tradisional yang terdiri dari 129 usaha obat tradisional (IOT) dan selebihnya bertempat di Perusahaan Usaha Menengah Obat Tradisional (UMOT) dan Usaha Swasta Kecil Obat Tradisional (UKOT).
Untuk menyikapi terhadap persaingan bisnis seperti sekarang ini, yang semakin sulit dan membutuhkan pemikiran yang membingungkan dan inventif menampilkan ide-ide untuk membuat kemajuan bagi perusahaan yang bergerak di bidang obat obatan Herbal. Ide promosi dimulai dengan rencana untuk mencapai keuntungan jangka panjang, sehingga perusahaan harus memiliki pilihan untuk mendapatkan pembeli dan keinginan mereka, harus membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen atau kelompok konsumen serta menentukan keinginan dari masing-masing segmen tersebutÂ
Pemasaran didefinisikan sebagai siklus di mana perusahaan membuat insentif untuk pelanggan dan mengumpulkan koneksi pelanggan yang solid, sepenuhnya berniat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai akibatnya. Pemasaran harus dipahami tidak hanya dalam desain kuno yang hanya mengacu pada kapasitas produk, tetapi dalam pemahaman modern yang lebih berpusat pada pertempuran promosi atau berkomunikasi dengan pasar. Perusahaan berlomba-lomba untuk melakukan komunikasi yang luar biasa agar produk mereka dapat diterima atau mungkin dikenal oleh pasar.
Pelaku usaha obat obatan herbal mengetahui bahwa persaingan semakin tinggi dengan berkembangnya jenis barang yang sebanding, sehingga perusahaan harus meningkatkan keseriusannya untuk mengikuti kesesuaian bisnisnya. Di tengah persaingan yang semakin kuat, pemasar juga menghadapi berbagai pilihan sulit dan berat. Mereka lebih dari sekedar mengembangkan produk yang berkualitas, biaya terjangkau, dan saluran alokasi tambahan yang potensial, tetapi mereka juga harus  berkomunikasi dengan para pelanggan mereka saat ini dan masa depan (klien yang diharapkan).Â
Perusahaan  merasakan betapa pentingnya Komunikasi dalam mencapai tujuan perusahaan. Sejak membangun hubungan kepercayaan dengan pelanggan  akan benar-benar ingin mempengaruhi kesepakatan dan angka pendapatan. Meningkatkan dan menjaga hubungan antara perusahaan dan pelanggan harus terus dikembangkan. Dengan demikian, apa yang harus dilakukan perusahaan adalah mengembangkan prosedur komunikasi pemasaran yang kuat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tujuannya adalah untuk menyajikan manfaat suatu barang kepada pembeli, dengan tujuan agar barang tersebut cukup menonjol untuk diperhatikan pembeli. Komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication) merupakan konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana yang komprehensif.
Komunikasi Bisnis  adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Intinya, komunikasi bisnis mempresentasikan suara perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.
Bauran komunikasi pemasaran ini terdiri dari, iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemsaran langsung dan interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut, dan penjualan personal. Penjualan merupakan tujuan utama dilakukannya kegiatan perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa yang mempunyai tujuan akhir yaitu menjual barang/jasa tersebut kepada masyarakat.Â
Oleh karena itu penjualan mempunyai peran penting bagi perusahaan agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat terjual dan memberikan penghasilan bagi perusahaan. Penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan dilakukan bertujuan untuk menjual barang/jasa yang diperlukan sebagai sumber pendapatan untuk menutup semua biaya produksi guna memperoleh keuntungan..Â
Pengertian volume penjualan yaitu pernyataan yang dinyatakan secara kuantitatif dari segi fisik atau volume atau unit suatu produk. Volume penjualan merupakan jumlah total yang dihasilkan dari kegiatan penjualan barang. Semakin besar jumlah penjualan yang dihasilkan perusahaan, semakin besar kemungkinan laba yang diperoleh perusahaan.
UMKM Bulhar Bugar, sebagai salah satu perusahaan Produk Herbal halal network yang fokus pada produk-produk herbal. UMKM Bulhar Bugar sesuai dengan akta pendirian Perusahaan, telah hadir selama 5 tahun di Buleleng-BALI secara resmi didirikan Mulai tahun 2017. UMKM Bulhar Bugar telah memiliki 7 jenis macam produk, seperti obat-obatan herbal, yaitu : Lotam, Scara Oil, Tesa Anti ketombe, Argos aperitif drink, Jansyrup, Dry Fruite candy, dan Balsem Golden Clove. Dalam UMKM Bulhar Bugar  terdapat 5 pilar perusahaan, yaitu produk, agenstok, support system, teknologi , dan integritas.Â
Salah satunya agenstok merupakan jalur distribusi ritel dari prosuk Bulhar Bugar. Rangkaian jalur distribusi tersebut berurutan dari yang terbesar, yaitu: Bussiness Center, Agency Center, Distribution Center, Stock Center, Agen Biasa. Selain itu UMKM Bulhar Bugar pun telah mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan Dewan Syari'ah Nasional-MUI, bahwa UMKM Bulhar Bugar telah memenuhi prinsip syari'ah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini tak hanya mementingkan produk yang berkualitas saja, namun juga terjamin kehalalannya.Â
Dalam memasarkan produknya, UMKM Bulhar Bugar dalam hal ini agenstok bekerja sama dengan para anggota dan biasanya mereka melakukan presentasi (promosi) kepada masyarakat agar masayarakat tahu apa saja produk dari Bulhar Bugar tersebut. Didalam UMKM Bulhar Bugar ada yang namanya home shareing di mana mendatangi rumah ke rumah guna menjelaskan apa itu produk Bulhar Bugar dan manfaatnya kepada masyarakat, dan juga memberikan anggota potongan harga, poin setiap pembelian dan bonus serta royalty kepada anggota yang berhasil dalam penjulan, mereka juga menggunakan sistem online untuk memasarkan produk mereka bisa melalui web, marketplace, media sosial, Grab, Pameran, dan system Reseller.Â
Dengan ini UMKM Bulhar Bugar menggunakan starategi komunikasi personal selling, promosi penjualan dan direc marketing guna memasarkan produknya. Strategi ini di lakukan prusahaan melalui agenstok sebagai penyalur produk. Menjadi agenstok UMKM Bulhar Bugar berarti memiliki peluang karir yang luar biasa, pengembangan pribadi dan rasa saling memiliki dalam komunitas persahabatan global. Tugas utama dalam menjalankan peluang bisnis ini adalah menjual produk dan merekrut untuk membangun kekeluargaan dan silaturahmi bisnis.
Komunikasi menjadi unsur penting yang tidak bisa dilepaskan dalam proses pemasaran suatu produk. Komunikasi pula dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam suatu perencanaan.Komunikasi telah memupus batasan geografis dan menjadikan seluruh titik dunia ini saling terhubung.Lompatan dan revolusi teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai hal, terutama pemasaran ini. Terlihat saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berdiri baik konvensional maupun Inkonvensional.Â
Komunikasi pemasaran berperan sebagai pendorong untuk meningkatkan penjualan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.Pengetahuan tentang komunikasi pemasaran menjadi penting bagi perusahaan manakala dihadapkan pada beberapa permasalahan, seperti menurunnya pendapatan perusahaan yang disebabkan oleh menurunnya daya beli konsumen terhadap suatu barang atau jasa sehingga mengakibatkan melambatnya pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.Dengan demikian, sebuah perusahaan membutuhkan perencanaan strategi yang tepat agar dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H