Mohon tunggu...
Dewa Gede
Dewa Gede Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Mataram yang sedang mengejar pendidikan di bidang Matematika. Dengan fokus pada Pendidikan Matematika, saya berdedikasi untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam dan keterampilan dalam mengajar serta menerapkan konsep-konsep matematika. Saya berkomitmen untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan tujuan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran matematika di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ular Tangga Numerasi, Permainan Edukatif di Luar Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak di SD Negeri 27 Cakranegara

3 Juli 2024   23:46 Diperbarui: 3 Juli 2024   23:50 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1: Anak-anak bermain ular tangga numerasi (dokpri)

Di SDN 27 Cakranegara, mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 telah meluncurkan program inovatif bernama 'Ular Tangga Numerasi untuk Pembelajaran Menyenangkan'. Program ini dirancang untuk membuat metode pembelajaran lebih interaktif dan menarik, dengan fokus pada siswa kelas 1, 2, dan 3. Melalui permainan ular tangga numerasi, program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, menawarkan pengalaman edukatif yang menyenangkan dan bermakna.

Mengenal Ular Tangga Numerasi

Ular tangga numerasi merupakan sebuah permainan yang didesain khusus untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan matematika mereka. Permainan ini menggabungkan konsep tradisional dari permainan ular tangga dengan elemen edukatif yang menekankan pada numerasi. Numerasi sendiri adalah kemampuan memahami dan bekerja dengan angka, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah kami, permainan ini telah dibawa keluar kelas dan dicat di lapangan sekolah untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

Ular tangga numerasi mengambil konsep dasar dari permainan ular tangga tradisional, namun menambahkan elemen matematika di dalamnya. Dalam permainan ini, setiap petak yang dilalui pemain berisi pertanyaan atau tantangan matematika yang harus dijawab atau diselesaikan sebelum pemain dapat melanjutkan. Untuk membuatnya lebih menarik, permainan ini dicat di lapangan sekolah, memberikan suasana belajar yang segar dan berbeda dari dalam kelas.

Pelaksanaan Program

Program "Ular Tangga Numerasi untuk Pembelajaran Menyenangkan" di SDN 27 Cakranegara adalah sebuah inovasi yang diinisiasi oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7. Program ini bertujuan untuk mengubah metode pembelajaran matematika yang konvensional menjadi lebih interaktif dan menyenangkan melalui permainan ular tangga yang dicat langsung di lapangan sekolah.

Pelaksanaan program dimulai dengan persiapan yang matang. Mahasiswa merancang papan permainan ular tangga numerasi yang sesuai dengan kurikulum kelas 1, 2, dan 3. Setiap petak diberi nomor dan tantangan matematika yang harus diselesaikan. Dengan izin sekolah, mahasiswa mengecat lapangan sekolah dengan desain ular tangga yang besar dan warna-warni. Papan ini bukan hanya menarik secara visual, tetapi juga mengundang anak-anak untuk bermain dan belajar di waktu yang sama. Selain itu, pion besar dan dadu besar disediakan agar mudah digunakan oleh anak-anak. Pion tersebut dibuat dari bahan yang aman dan mudah dipegang.

Setelah persiapan selesai, mahasiswa melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa. Guru-guru diberikan penjelasan tentang cara kerja permainan ini dan bagaimana mereka bisa mengintegrasikannya ke dalam kurikulum harian. Mahasiswa Kampus Mengajar memberikan pelatihan singkat dan contoh cara bermain. Siswa juga diperkenalkan dengan permainan ini melalui demonstrasi langsung di lapangan. Anak-anak diajak untuk bermain bersama dan memahami aturan serta cara menyelesaikan tantangan matematika di setiap petak.

Setiap hari, siswa diberikan waktu khusus untuk bermain ular tangga numerasi di luar kelas. Mereka bermain secara individu, bergiliran melempar dadu dan memindahkan pion mereka sesuai dengan angka yang muncul. Saat siswa mendarat di sebuah petak, mereka harus menyelesaikan soal matematika yang ada sebelum bisa melanjutkan. Soal-soal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing kelas, dari penjumlahan sederhana hingga soal cerita yang lebih kompleks. Guru atau mahasiswa Kampus Mengajar selalu siap membantu jika siswa mengalami kesulitan dengan soal matematika, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pemahaman yang diperlukan.

Manfaat Program

Program ini tidak hanya membawa perubahan pada cara belajar matematika, tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi siswa. Meningkatkan kemampuan numerasi adalah salah satu manfaat utama dari program ini. Siswa berlatih menyelesaikan berbagai soal matematika dalam konteks permainan, yang membantu memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep dasar. Tantangan yang diberikan dalam permainan juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara kreatif.

Pembelajaran yang menyenangkan adalah manfaat lain yang signifikan. Dengan metode belajar yang menyenangkan, siswa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses belajar. Belajar di luar kelas memberikan suasana yang berbeda dan mengurangi kebosanan yang sering terjadi di dalam ruangan. Program ini juga membantu pengembangan kemandirian siswa. Bermain secara individu mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, meningkatkan kemandirian. Ketika siswa berhasil menyelesaikan tantangan matematika sendiri, mereka menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan mereka. Lingkungan belajar yang berbeda juga memberikan dampak positif. Belajar di luar kelas, dengan interaksi langsung di lingkungan sekitar, memberikan pengalaman yang kaya dan berbeda bagi siswa. Siswa mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik saat bermain, sekaligus melatih keterampilan mental mereka melalui tantangan matematika.

Kesimpulan

Program "Ular Tangga Numerasi untuk Pembelajaran Menyenangkan" di SDN 27 Cakranegara menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat dibuat lebih menarik dan efektif melalui pendekatan yang inovatif. Dengan melibatkan siswa dalam aktivitas permainan edukatif di luar kelas secara individu, program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan numerasi mereka tetapi juga memupuk motivasi, keterlibatan, dan kemandirian yang penting untuk perkembangan holistik mereka.

Melalui program ini, terlihat jelas bahwa pembelajaran matematika bisa menjadi lebih menarik dan efektif. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak-anak, menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang ditunggu-tunggu oleh para siswa. Program ini adalah contoh bagaimana inovasi dalam metode pengajaran dapat memberikan dampak positif yang besar pada pendidikan dasar, dan diharapkan dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun