Mohon tunggu...
Desy Safitri
Desy Safitri Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswi IAIN Jember

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam A1

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mengenal Lebih Mendalam Progresivisme dan Para Tokoh Pelopornya

8 Mei 2020   03:44 Diperbarui: 8 Mei 2020   03:43 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Apakabar kalian semua tentunya pasti baik yah . Pada kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang filsafat pendidikan progresivisme dan tokoh yang ada didalamnya .

Nah langsung saja yah. Kalian tau gk  pengertian progresivisme itu?

Progresivisme ini berasal dari kata progres yang berarti kemajuan dan progresivisme ini merupakan sebuah aliran yang mempunyai tujuan mencapai keinginan atau kemajuan yang bersifat cepat. Tentunya progresivisme dapat disambungkan dengan istilah progres yang memiliki arti sebagai suatu aliran yang mempunyai keinginan untuk kemajuan yang mengharapkan dapat menumbuhkan perubahan. Progresivisme ini adalah termasuk aliran filsafat pendidikan yang sangat  modern.

Nah dalam dunia pendidikan filsafat progresivisme ini dapat diartikan suatu pendidikan itu tidak harus kegiatan yang dapat menumbuhkan suatu pengetahuan kepada siswa saja tetapi  juga menekankan aktivitas yang lebih mengarahkan dapat melatih kemampuan siswanya dengan cara menyeluruh sehingga siswa itu bisa memiliki cara untuk berfikir yang sistematis dengan melalui cara ilmiah . Nah contoh sederhananya seperti memberikan data empiris , informasi-informasi teoritis , memberikan suatu analisis pertimbangan, dan tentunya dapat membuat kesimpulan nah itu adalah cara yang sangat alternatif sehingga bisa memecahkan apapun masalah yang dihadapi tersebut.

Nah selanjutnya yaitu pandangan progresivisme dalam dunia pendidikan :

A. Pandangan guru             dengan siswanya.

       Menurut aliran ini adalah suatu individu dalam hal ini seorang siswa tentunya memiliki akal pikiran dan kecerdasan yang berbeda dengan makhluk yang lain. Nah kecerdasan ini tentunya sangat perlu dioptimalkan maupun dikembangkan . Nah dalam hal ini setiap siswa harus diberikan kebebasan dan kesempatan yang banyak agar dalat mengambil setiap suatu masalah atu suatu kejadian dilingkungan sekitarnya. Nah dapat disimpulkan suasana belajar itu tidak harus ada didalam kelas tetapi juga pastinya ada diluar agar siswa tersebut tidak bosan dalam pembelajaran.

Nah disini peran guru pun dapat membimbing dan tentunya bertanggung jawab dalam hal ini juga memfasilitasi apapun kegiatan pembelajaran siswanya.

B. Pandangan dalam belajar

      Progresivisme ini berpendapat belajar itu berasal dari asumsi yang memiliki pandangan bahwa siswa itu bukanlah manusia yang sangat kecil ,tetapi manusia yang seutuhnya nah dari beberapa mereka itu tentunya memiliki potensi untuk selalu dapat berkembang dengan baik dan juga memiliki kemampuan yang sangat berbeda dengan siswa lainnya . Nah dari hal kreatifitasnya siswa dan dari segi keaktifan siswa tersebut. Nah jadi belajar ini tentunya harus memperhatikan apapun potensi siswa yang dimilikinya.  berarti belajar ini harus dipusatkan di dalam diri siswa bukan guru .

Nah dalam aliran progresivisme ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun