Mohon tunggu...
DESY NAWANGSARIWIJAYANTI
DESY NAWANGSARIWIJAYANTI Mohon Tunggu... Guru - GURU BK

hobi saya bermain bersama anak-anak, membaca informasi tentang tumbuh kembang anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Layanan BKL Metode PJBL untuk meningkatkan kemampuan bijak bersosial media

9 Desember 2022   11:53 Diperbarui: 10 Desember 2022   10:35 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Judul : Layanan bimbingan klasikal metode project based learning untuk meningkatkan kemampuan bijak bersosial media pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Prembun

 

Lokasi

SMP Negeri 2 Prembun

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama / SMP

Tujuan yang ingin dicapai

Peserta didik mampu membandingkan dampak positif dan negatif sosial media  (C4)

Peserta didik mampu  menampilkan perilaku bijak dalam bersosial media. (A2)

Peserta   didik mampu  menerapkan perilaku bijak dalam bersosial media. (P2)

Penulis

Desy Nawangsari Wijayanti, S.Pd.

Tanggal

25 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Berdasarkan hasil dari observasi, AKPD dan wawancara diketahui peserta didik belum bijak dalam bersosial media.

  • Rendahnya kesadaran peserta didik untuk memahami dampak penggunaan media sosial yang tidak bijak
  • Kurangnya pendampingan dan pengawasan dari orang tua sehingga lengah dalam menjaga anaknya menggunakan media sosial
  • Kurangnya sosialisasi terkait media sosial.

Praktik Aksi PPL Siklus ke 4, Bimbingan klasikal ini penting untuk dibagikan

  • Agar peserta didik mampu membandingkan dampak positif dan negatif dari sosial media.
  • Agar peserta didik Mampu menampilkan perilaku bijak bersosial media dalam kehidupan sehari-hari
  • Agar peserta didik mampu menerapkan perilaku bijak bersosial media dalam kehidupan sehari-hari

Yang menjadi peran dan tanggungjawab saya dalam praktik ini adalah :

  • Menyusun RPL beserta perangkat yang akan digunakan dalam praktik ini.
  • Mencari sumber yang relevan dari berbagai literatur untuk dimasukkan ke dalam materi layanan.
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan kepala sekolah, rekan sesama guru BK, wali kelas yang akan digunakan untuk praktik
  • Melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk membantu menyiapkan ruang kelas dan peralatan yang akan digunakan.
  • Mengunggah RPL yang akan digunakan untuk Aksi PPL Siklus 4 di LMS.
  • Melaksanakan Aksi PPL Siklus 4 (Bimbingan Klasikal) dengan didampingi oleh guru pamong yang melakukan site in melalui Google Meet.
  • Merekam dalam bentuk video proses pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4.
  • Mengedit video yang sudah dilaksanakan pada Aksi PPL Siklus 4 dari durasi 80 menit dan 15 menit.
  • Mengunggah video Aksi PPL Siklus 4 yang telah diedit di LMS.
  • Melakukan refleksi dan penyusunan Best Practice tentang kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan pada Aksi PPL Siklus 4.
  • Melakukan refleksi akhir secara komprehensif dan pembuatan laporan pelaksanaan layanan BK secara inovatif dan inspiratif.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan Aksi PPL Siklus 4 adalah

  • Praktik bimbingan klasikal dilaksanakan dalam 2JP biasanya hanya 1JP
  • Hasil rekaman suara ada yang hilang karena clip on mati
  • Berganti alat untuk mempersiapkan google meet dengan dosen pendamping dan guru pamong

Yang terlibat pada aksi PPL siklus 4 adalah :

  • Peserta didik
  • Guru pamong
  • Rekan sejawat

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah --langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan aksi PPL siklus 4 adalah 

  • Mempersiapkan diri dengan baik
  • Mempersiapkan RPL yang akan digunakan
  • Mempersiapkan alat dan media yang digunakan saat praktik apakah berfungsi dengan baik
  • Meminta batuan rekan sejawat untuk membantu merekam

Strategi yang digunakan : 

Bimbingan klasikal dengan teknik projek based learning (PJBL)

Yang terlibat pada aksi PPL siklus 4 adalah :

  • Peserta didik
  • Guru pamong
  • Rekan sejawat

Sumber daya atau materi yang diperlukan

  • Materi layanan yang disesuaikan dengan topik layanan.
  • Media layanan yang disesuaikan dengan topik
  • Fasilitas ruang kelas VII C
  • Sinyal yang mendukung
  • Sumber daya listrik sebagai penunjang

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas dan tindak lanjut hasil Aksi PPL Siklus 4 :

  • Menyusun instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil yang dilampirkan pada RPL Aksi PPL Siklus 4.
  • Mengisi instrumen evaluasi proses dan evaluasi hasil pada saat pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4.
  • Mengoreksi dan mengolah data evaluasi proses dan evaluasi hasil pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4.
  • Menyajikan data hasil pengolahan evaluasi proses dan evaluasi hasil pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4.
  • Menginterpretasikan efektivitas pelaksanaan Aksi  PPL Siklus 4
  • Menganalisis dampak pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4.
  • Merancang tindak lanjut pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4

Efektivitas, dampak, dan tindak lanjut pelaksanaan Aksi PPL Siklus 4 :

  • Evaluasi proses
  • Dari 32 peserta didik yanh hadir mengikuti layanan klasikal dapat dikategorikan baik, penilaian evaluasi dengan kriteria lebih dari  25
  • Evaluasi hasil
  • Dari 32 peserta didik yang hadir mengikuti layanan bimbingan klasikal, hasil yang diperoleh untuk evaluasi hasil sebesar 24 masuk pada kategori baik
  • Kesimpulan efektivitas pelaksanaan Bimbingan Klasikal Siklus 4 :
  • Pelaksanaan bimbingan klasikal pada siklus 4 menunjukan keberhasilan layanan dengan kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik projek based learning dinyatakan efektif untuk memberikan pemahaman dan pengembangan peserta didik agar mampu menampilkan dan menerapkan perilaku bijak bersosial media.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelakasanaan Bimbingan Klasikal pada siklus 4 :
  • Peserta didik aktif dalam proses layanan Bimbingan Klasikal.
  • Materi yang disampaikan sesuai dengan topik layanan.
  • Pemberian layanan menggunakan metode yang menarik sehingga peserta didik antusias dalam mengikuti layanan
  • Dampak pelaksanaan Bimbingan Klasikal Siklus 4 :
  • Peserta didik mampu membandingkan dampak positif dan negatif dari media sosial.
  • Peserta didik mampu menampilkan perilaku bijak bersosial media
  • Peserta didik mampu menerapkan perilaku bijak bersosial media
  • Tindak lanjut pelaksanaan Bimbingan Klasikal pada siklus 4 :
  • Kolaborasi dengan wali kelas, guru mata pelajaran
  • Apabila peserta didik belum mampu bijak dalam bersosial media maka dapat ditindak lanjuti dengan melaksanakan layanan konseling kelompok atau konseling individu tergantung dengan banyaknya jumlah peserta didik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun