Meningkatkan Keterampilan Menulis Kerangka Novelet dengan Model Pembelajaran Project Base Learning dan Metode Picture and Picture
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu upaya mutu pendidikan secara keseluruhan. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan perbaikan pada pembelajaran keterampilan. Empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Salah satu keterampilan menulis di kelas XII yaitu menulis kerangka novelet. Kenyataan di lapangan, peserta didik kurang mampu menulis kerangka novelet. Banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya yaitu kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti ceramah. Selain itu, kurangnya pemanfaatan TPACK dalam pembelajaran.
Penulis menggunakan pendekatan model Project Based Learning yang divariasikan dengan metode picture and picture. Hal baru yang dilakukan oleh penulis sebagai pendidik adalah menggunakan metode pembelajaran inovatif berupa gambar. Berdasarkan hasil praktik baik tersebut ditemukan beberapa alternatif solusi atas permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran.
B. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan praktik baik, di antaranya:
1. mendeskripsikan praktik baik yang telah penulis lakukan;
2. mengetahui keefektifan penggunaan metode picture and picture pada  pembelajaran menulis teks novelet.
C. Manfaat Kegiatan
Manfaat dari pelaksanaan praktik baik ini adalah:
- mengembangkan cara baru/inovasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia;
- menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indoensia, khususnya  materi teks novelet;
- memberi inspirasi dalam memanfaatkan metode pembelajaran picture and picture.