Mohon tunggu...
DESMARNETTI
DESMARNETTI Mohon Tunggu... Guru - guru sd

saya seorang guru sd

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Model PBL dan Media Mind Mapping Kelas 6

4 Desember 2023   09:57 Diperbarui: 4 Desember 2023   10:21 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI MUATAN IPS DAN SBdP MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) dan MEDIA MIND MAPPING DI SD SWASTA IBNU SINA LUBUK BAJA

 

  • PENDAHULUAN

Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam mengemban tugas, guru menjadi kunci utama dalam proses pembelajaran, karenanya dituntut selalu melakukan inovasi pembelajaran mencakup penemuan dan pemanfaatan media, pengelolaan kelas, dan mengatur strategi pembelajaran dengan baik. Pada saat pembelajaran peserta didik tampak kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ini adalah (a) Pembelajaran yang dilakukan guru tidak menarik, (b) Guru masih menggunakan model/metode monoton, serta (c) Tidak adanya media pembelajaran.

Praktik ini penting untuk dibagikan karena akan memberikan dampak yang sangat besar dalam proses pembelajaran, mendorong siswa untuk lebih aktif dan memaksimalkan diri dalam berfikir, menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan model pembelajaran PBL, membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa, melaksanakan dan mendokumentasikan kegiatan PPL, mengupload di LMS, serta melakukan analisis dan refleksi dari kegiatan PPL yang telah dilaksanakan.

PEMBAHASAN

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar ikut meningkat. Untuk mengatasi tantangan dari permasalahan yang dihadapi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan guru, yaitu :

  • Pelaksanaan model PBL membutuhkan waktu yang agak lama dalam PBM, dalam hal ini guru bisa mengoptimalkan waktu dengan baik.
  • Untuk mengatasi rasa tidak percaya diri serta tidak meratanya pengetahuan yang didapat oleh setiap siswa, Guru bisa memberi motivasi dan memberi penguatan diakhir pembelajaran.
  • Untuk mengatasi kurangnya pemanfaatan media TPACK dalam pembelajaran, Guru bisa memilih media pembelajaran interaktif. Seperti video pembelajaran, audio serta game interaktif.
  • Untuk penilaian yang berbasis HOTS yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi, Guru bisa memadukan pembelajaran HOTS dan membiasakan soal HOTS.

Media Mind Mapping atau pemetaan pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap pembelajar untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru. Silberman (dalam Shoimin, 2014:105). Pemetaan pikiran merupakan cara yang sangat baik untuk menghasilkan dan menata gagasan sebelum mulai menulis. Hernowo (dalam Shoimin, 2014:105).

Model pembelajaran Mind Mapping adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar lebih aktif dalam kegiatan belajar. Mind Mapping diterapkan untuk menanamkan konsep dan pemahaman konsep Biologi agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

Selain model pembelajaran seorang guru juga dituntut untuk menguasai media pembelajaran karna dengan menggunakan media maka pembelajaran yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah untuk dipahami oleh siswa. Menurut Djamarah & Zain (2013) Kata "media" berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata "medium", yang secara harfiah berarti "perantara atau pengantar". Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.

KESIMPULAN

Pada kegiatan Siklus 2 model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) dan media mind mapping. Setelah dianalisisa penggunaaan model pembelajaran yang inovatif mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan, berfikir kritis serta hasil belajar.

Hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran dengan model PBL dan media  pembelajaran Mind Mapping dengan seebelum penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan media kartu persentase hasil belajar peseta didik mengalami peningkatan.

Aktivitas Guru selama proses pembelajaran dengan model PBL dan media  pembelajaran Mind Mapping  mengalami peningkatan.

Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model  PBL dan media pembelajaran Mind Mapping dengan secara keseluruhan mengalami peningkatan.

Respon siswa setelah proses pembelajaran dengan model PBL dan media  pembelajaran Mind Mapping  mendapat respon yang positif yaitu dengan prosentase hasil angket 93% siswa merespon positif.

Hal-hal yang disarankan peneliti untuk guru- guru atau mahasiswa yang ingin melakukan penelitian  yang sama adalah:

Hendaknya lebih mendorong peserta didik  agar berani dan percaya diri dalam presentasi di depan kelas maupun bertanya dan menjawab, dan guru sebaiknya lebih memperhatikan waktu pembelajaran atau mengefesienkan waktu yang akan digunakan selama pembelajaran, sehingga  waktu tidak melebihi yang sudah ditentukan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wiradarma, dkk (2021) Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.

Achru (2019), Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun