Mohon tunggu...
Desy Ayu Rahmawati
Desy Ayu Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama saya Desy Ayu Rahmawati saya memiliki kepribadia yang kokoh terhadap apa yang saya inginkan saya memiliki hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Dasar Pemasaran

21 Maret 2024   07:34 Diperbarui: 21 Maret 2024   07:40 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pentingnya Pemasaran dalam Melakukan Proses Pemasaran:

Pemasaran merupakan suatu proses yang sangat penting bagi setiap usaha dalam melakukan pemasaran. Salah satunya yaitu dengan adanya pemasaran dapat membantu mengetahui kebutuhan dan keinginan para pembeli. Dengan begitu pihak perusahaan dapat menyesuaikan produk dan layanan yang akan diberikan. Setelah mengetahui hal-hal yang diinginkan para pembeli, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan serta meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pembeli. 

Ruang Lingkup Pemasaran:

Ruang lingkup pemasaran adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen, distribusi, promosi, penetapan harga produk, serta pelayanan kebutuhan konsumen. 

Konsep-konsep Dasar dalam Pemasaran:

1. Orientasi pelanggan

2. Nilai dan keunggulan bersaing

3. Pemasaran terintegrasi

4. Segmentasi pasar dan penargetan

5. Memenuhi kebutuhan panjang 

6. Pemasaran berdasarkan nilai

7. Manajemen hubungan pelanggan

Proses Perubahan Manajemen Pemasaran:

Manajemen perubahan disebabkan oleh perkembangan teknologi, globalisasi, privatasi, konvergensi industri, resisten konsumen, tranvormasi eceran, disintermediasi. Teknologi informasi jaringan dan globalisasi mempermudah pemasaran produk dan jasa ke negara lain, sementara privatasi meningkatkan efisiensi perusahaan, konvergensi industri menciptakan peluang diantara dua atau lebih industri, resisten konsumen membuat konsumen lebih selektif dalam pembelian, transformasi eceran memerlukan keterampilan kerja dan keterlibatan pihak lain, dan disintermediasi mempercepat proses pemasaran. 

Hal-hal yang Dioerlukan untuk Mencapai Manajemen Pemasaran yang Berhasil:

1. Menganalisis peluang pasar

2. Membangun strategi

3. Mengembangkan produk

4. Memperkenalkan merek

5. Rencana pemasaran

6. Komunikasi pemasaran

7. Pengawasan dan pengendalian

sebuah manajemen pemasaran juga harus memiliki gaya kepemimpinan yang dapat mengayomi dan membimbing bawahan, memberi pengawasan yang efektif, dan melakukan evaluasi kinerja sesuai spesifikasi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun