Mohon tunggu...
Muhammad Dendy
Muhammad Dendy Mohon Tunggu... Seniman - menulis adalah obat hati

"saya adalah orang yang selalu ingin belajar dan selalu ingin mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri saya"

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Fantasi dan Imajinasi Shigeru Miyamoto yang Menghantarkan Nintendo Menjadi Raksasa Game Dunia

3 Februari 2018   20:06 Diperbarui: 3 Februari 2018   20:18 1623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem Control Nintendo Wii karya Shigeru Miyamoto, yang mengadopsi sensor gerak yang membuat gamer bisa berinteraksi dengan gamenya. Adalah kunci sukses kesuksesan Wii mengalahkan PS3 dan Xbox 360 dalam persaingan konsol generasi ke-7 (https://mynintendonews.com )

"Aku main game super mario bros waktu masih sekolah. Game ini mengubah hidupku. Kalau dulu aku sampe nggak main game ini, nggak ada hideo kajima seperti sekarang. (Hideo Kojima, Kreator Metal Gear Solid)

"Jujur, nih dua puluh tahun lalu aku nggak menyangka mario akan menjadi franchise yang disukai oleh seluruh dunia. Shigeru Miyamoto, kreator Mario.

Diartikel sebelumnya, saya memang membahas tentang 3 tokoh paling ikonik dari Nintendo. Tentunya setelah membahas 3 tokoh ikonik dari Nintendo pada artikel saya sebelumnya, Seakan menginsipirasi saya dengan ketokohan Shigeru Miyamoto.

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya, Shigeru Miyamotoadalah kreator dari 3 game paling populer sepanjang masa, yaitu game Arcade Donkey Kong (1981) yang merupakan cikal bakal dari lahirnya tokoh mario.

Serta super mario bros pada perangkat Nintendo Entertainment Sistem Nes (1985), dan the legend of zelda yang juga lahir dari perangkat NES(1987). Ada 3 game mahakarya Miyamoto yang sukses menghantarkan nintendo melesat menjadi raksasa game, hingga menjadi game terpopuler sepanjang masa.

Pernyataan dari hideo kojima, yang merupakan kreator game metal gear solid diatas adalah bukti bahwa kehadiran super mario bros yang lahir pada 1985 pada perangkat NES,. Adalah bukti bahwa game karya miyamoto tersebut memang menginspirasi hideo kojima hingga menjadikan Kojimamenjadi salah satu kreator game tersukses sepanjang masa.

Kegemaran kojima terhadap game super mario bros karya miyamoto, ternyata menginspirasi kojima untuk menjadi kreator game metal gear solid, yang menjadi salah satu game tersukses sepanjang masa.

Terbukti, dan tak dapat dipungkiri bahwa miyamoto memanglah bapak game modern, karena setelah kelahiran game super mario brospada 1985, maka pada era itulah dimulainya game-game modern lahir.

Kojimapun yang kini menjadi salah satu creator game terbaik didunia sangat mengagumi game mario broskarya miyamoto. Nama miyamoto seakan menjadi tren setter dari lahirnya game-game modern yang kini menghiasi industri game dunia.

Antara masa kecil yang indah dan kesuksesannya dalam dunia game

Miyamoto memang sosok yang melegenda bagi Nintendo, bahkan sering disebut-sebut sebagai bapak game modern dunia. Karena game mario bros ciptaan Miyamotomemang merupakan pijakan dari lahirnya game-game modern dalam dunia console hingga kini.

Apa yang membuat miyamoto sukses dalam menemukan imajinasinya dalam membuat game? Sepertinya pengalaman adalah guru terindah dalam menjalani kehidupan, menjadi hal yang diterapkan oleh miyamotoitu sendiri.

Dalam berbagai game legendaris nintendo yang ia ciptakan, gampelay dan latar belakang game hasil karyanya adalah perwujudan dari pengalaman masa kecilnya yang indah. Dahulu Miyamoto bukanlah seorang anak yang lahir diperkotaan yang sarat dengan fasilitas modern.

Miyamoto adalah anak desa yang berasal dari Sonobe, Kyoto Jepang, latar belakang pedesaan sepertinya memiliki andil besar dalam perjalanan hidup miyamoto. Karena game legendaris nintendo, the legend of zelda lahir berdasarkan pengalaman miyamoto.

Game petualangan legendaris Nintendo The Legend Of Zelda, lahir berdasarkan pengalaman masa kecil Higeru Miyamoto http://knowyourmeme.com
Game petualangan legendaris Nintendo The Legend Of Zelda, lahir berdasarkan pengalaman masa kecil Higeru Miyamoto http://knowyourmeme.com
Sebagai seorang anak yang dahulu besar dari pedesaan, pengalaman melintasi gunung, sungai dan keluar masuk gua. bagaikan inspirasi dari masa kecilnya untuk mengimajinasi dirinya menciptakan salah satu game paling legendaris nintendo, yaitu the legend of zelda.

Miyamoto adalah contoh, bagaimana imajinasi masa kecil dapat menjadi gerbang kesuksesannya dalam dunia kreator game, dan tentu saja sebagai orang yang menjadi ujung tombak nintendo hingga saat ini, miyamoto bagaikan legenda yang tak tergantikan hingga kini.

Miyamoto dan persaingan dengan Sony Dan Microsoft

game haruslah seperti apa yang ingin dimainkan oleh gamer. Itulah petikan kata-kata dari miyamotoketika berhasil melahirkan konsol Nintendo Wii. Pada era Konsol generasi ke-5 pada era kemunculan PS1, Nintendo 64, dan sega saturn. Nintendo tidak mengalami kesuksesan seperti ketika melahirkan konsol super nintendo dan NES

Apa lagi ketika adanya persaingan di konsol generasi ke-6, dimana adanya pemain baru, yaitu microsoftdengan konsol Xbox-nya. Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya, perang konsol tersengit memang terjadi pada era kemuculan konsol generasi ke-6 ini.

Perang konsol generasi ke-6 diawali oleh konsol Sega Dreamcast yang mati muda, disertai dengan kemenangan Playstation 2 (PS2) sebagai raja console mengalahkan xbox dari microsoftdan gamecube dari nintendo.

Diera konsol generasi ke-6 gamecube kurang begitu sukses, meskipun dari segi grafis dan dukungan permainan karena nintendosudah banyak memunculkan generasi konsol dan game sebelumnya.

Akan tetapi nintendo dikala itu kurang mendapatkan kepercayaan dari para pengembang game, keberhasilan sony menggandeng para pengembang game adalah alasan utama PS2 menjadi raja console generasi ke-6.

Sepertinya kurang suksesnya nintendo gamecube, menjadi evaluasi bagi miyamoto, yang memegang penuh kendali atas project dari lahirnya Nintendo Wii. Ditangan miyamoto inilah nintendo menggunakan pendekatan yang berbeda.

Dimana ketika sonydengan PS3 dan microsoft dengan Xbox 360-nya, fokus terhadap kualitas grafis dan visual yang memukau dalam persaingan konsol generasi ke-7. Tetapi nintendo menggunakan cara lain menggaet para gamer.

Ditangan dingin miyamoto, nintendo Wii lahir dengan terobosan baru, dengan sistem kontrol yang memungkinakn para gamer berinteraksi dalam dunia game. Nintendo Wii berhasil menarik hati para gamer.

Seperti yang sudah saya sebut diatas, petikan pernyataan miyamoto game haruslah seperti apa yang ingin dimainkan oleh gamer. Adalah suatu kunci suksesnya Nintendo Wii, mengalahkan penjualan konsol dibandingkan PS3 dan Xbox 360 pada pesaingan konsol generasi ke-7.

Sistem kontrol pada Nintendo Wii yang merupakan inovasi dari miyamoto tersebut, bahkan diikut oleh Xbox 360 dengan kinectnya. Miyamoto sepertinya mengedepankan gameplay yang menarik, ketimbang kualitas grafis dan visual.

Sistem Control Nintendo Wii karya Shigeru Miyamoto, yang mengadopsi sensor gerak yang membuat gamer bisa berinteraksi dengan gamenya. Adalah kunci sukses kesuksesan Wii mengalahkan PS3 dan Xbox 360 dalam persaingan konsol generasi ke-7 (https://mynintendonews.com )
Sistem Control Nintendo Wii karya Shigeru Miyamoto, yang mengadopsi sensor gerak yang membuat gamer bisa berinteraksi dengan gamenya. Adalah kunci sukses kesuksesan Wii mengalahkan PS3 dan Xbox 360 dalam persaingan konsol generasi ke-7 (https://mynintendonews.com )
Dan perjalanan nintendo menggunakan pendekatan berbeda dibandingkan pesiaingan sony dan microsoft, tentu tak terlepas dari inovasi miyamoto yang meskipun tidak lagi berusia muda. Tetapi imajinasi dan fantasi miyamototakkan pernah mati, miyamoto itu sendiri lahir di Kyoto, Jepangpada 16 november 1952.

Miyamoto adalah contoh dimana fantasi dan imajinasi masa kecil, bisa menjadi gerbang kesuksesan bagi dirinya. Bahkan tak hanya bagi dirinya, tetapi bagi Nintendo yang besar melalui namanya.

Sebelum lahirnya donkey kong dan mario bros, nintendo dikala itu sempat hampir bangkrut, tetapi dibalik tangan dingin miyamoto. Nintendo berhasil Melahirkan game arcade donkey kong, yang mana dikala itu ada tokoh Jump man.

Kesuksesan donkey kong dan tokoh jump man, ternyata membuat miyamotokembali berinovasi dengan merubah nama jump man menjadi mario. Dan lahirlah game super mario bros pada 1985, yang menyelamatkan nintendo yang hampir bangkrut sebelumnya.

Kesuksesan game mario bros, tentu adalah fondasi dari lahirnya game-game modern pada saat ini. Bahkan hideo kojima sang pencipta game metar gear solid saja mengaku game mario bros adalah alasan bagi dirinya untuk menjadi kreator game.

Tanpa adanya miyamoto, mungkinkah kita bisa menikmati game-game keren konsol next generation saat ini. Seperti resident evil 7, gear of wars, atau metal gear solid karya Kojimayang menjadi salah satu game terbaik sepanjang masa.

Bahkan nintendo saja pernah melarang miyamoto yang hoby bersepeda, untuk terus naik sepeda dari rumahnya ke kantor dan memaksa miyamotountuk naik mobil. Alasan nintendoadalah tidak ingin miyamototidak kenapa-kenapa, karena bagi nintendomiyamoto adalah aset penting.

Begitu luar biasanya pengaruh miyamoto di nintendo, mungkinkah dimasa depan ada miyamoto lainnya, atau mungkin bisa melebihi kehebatan sang bapak game modern ini?

Apapun itu, jangan sia-siakan fantasi dan imajinasi yang kita miliki, baik dari pengalaman indah masa kecil, maupun disaat dewasa sekalipun. Karena kita tidak pernah tahu, pengalaman dan masa indah yang kita miliki, bisa menjadi karya yang luar biasa yang menghantarkan kesuksesan bagi kita.

Miyamoto, adalah contoh dimana fantasi dan imajinasi adalah harta terpendam manusia, tinggal bagaimana kita mengarahkan imajinasi dan fantasi tersebut, yaitu berdasarkan bidang-bidangnya. Usia juga bukanlah halangan bagi miyamoto untuk terus berkarya dan berimajinasi.

Ketika aku membuat video game, aku ingin orang2 jadi terhibur. Aku selalu berpikir bagaimana orang akan menikmati video game yang kami ciptakan. Dan selama aku bisa menikmati sesuatu, orang lain pun bisa menikmatinya (Shigeru Miyamoto)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun