Mohon tunggu...
Deden Firdaus
Deden Firdaus Mohon Tunggu... Buruh - pecinta kearifan

Sang Rajawali..Pengarung Kesunyian..Pecinta Kehampaan...!!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Puasa dan Transformasi Spiritual

22 Mei 2018   23:46 Diperbarui: 23 Mei 2018   00:32 1125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
intialamgaib.blogspot.com

Puasa dan Transformasi Spiritual

Deden Firdaus*)

Puasa dan Manfaatnya

Puasa adalah syariat yang telah diwajibkan oleh Allah SWT sejak manusia hadir di muka bumi . Ibadah ini telah disyariatkan sejak zaman nabi Adam AS hingga Rasul terakhir Nabi Muhammad SAW(QS 2:183). Puasa memiliki manfaat yang penting bagi manusia dilihat dari berbagai aspeknya.Dari aspek kesehatan misalnya para pakar kesehatan dunia mengakui beragam manfaat aktivitas berpuasa  bagi tubuh dan mental manusia.

Allan Cott M.D  seorang ahli kesehatan dari Amerika, telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara, lalu menghimpunnya dalam sebuah buku Why Fast membeberkan berbagai hikmah puasa, antara lain: pertama tofeel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental). 

Kedua, to look and feel younger (melihat dan merasa lebih muda). Ketiga, to clean out the body (membersihkan badan), keempat to lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. Kelima, to get more out of sex (lebih mampu mengendalikan seks). Keenam, to let the body health itself (membuat badan sehat dengan sendirinya).Ketujuh, to relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa). Kedelapan, to sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi). Kesembilan to gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri) dan kesepuluh to slow the aging process / untuk memperlambat proses penuaan. (dikutip dari artikel Maulida Devi dengan alamat m.facebook.com/Maulida Devi ).

Hewan berpuasa

Aktivitas berpuasa ternyata tidak hanya ditemukan pada manusia saja, sejumlah hewan pun melakukannya. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa hewan melakukan puasa dengan beberapa tujuan. Berikut lima tujuan hewan melakukan aktivitas puasa.

Tujuan pertama untuk bertahan hidup seperti hibernasi pada buaya dan beruang dalam menghadapi perubahan musim. Tujuan kedua,istirahat dan peremajaan fisik seperti puasanya ular ketika berganti kulit. Tujuan ketiga mempersiapkan bekal demi perjalanan yang berat dan panjang seperti puasanya unta dalam  melewati ganas dan ekstrimnya perjalanan di padang pasir. Tujuan keempat kelangsungan regenerasi seperti puasanya ayam mengerami telurnya dan  tujuan kelima perubahan jatidiri seperti yang terjadi pada ulat yang berpuasa menjadi kupu kupu.

Dari beberapa model berpuasanya hewan tersebut nampaknya kita bisa mengambil pelajaran berharga dari puasanya ulat menjadi kupu-kupu. Dalam istilah zoologi proses perubahan ini dinamakan metamorfosis sempurna dimana suatu hewan berubah secara revolusioner dan sama sekali berbeda dari sebelumnya baik bentuk fisik, makanan maupun habitatnya.

Hikmah yang bisa diambil dari hal ini adalah dalam berpuasa seharusnya manusia mengalami  apa yang penulis sebut "transformasi eksistensial " dari keterikatan kepada dunia material menuju kebebasan dunia spiritual. Dari dominasi kefanaan menuju keabadian, dari kelamnya reruntuhan alam semesta menuju kecemerlangan cahaya Tuhan yang luas membentang dibalut sifat Jalaliyyah (keagungan) dan Jamaliyyah(keindahan)-Nya. Dari jiwa "ulat" yang terbatas kepada jiwa "kupu-kupu" yang terbang bebas menembus cakrawala dan memancarkan pesona keindahan. Disinilah urgensi dan makna spiritual puasa dalam perspektif sang arif besar  Persia Maulana Jalaluddin Rumi.

Puasa dalam pandangan Rumi

 Maulana Jalaluddin Rumi (1207-1273 M) seorang mistikus besar Persia mengungkapkan hakikat dari puasa dalam bait bait puisinya.

Jika otak dan perutmu terbakar karena puasa,
Api mereka akan terus mengeluarkan ratapan dari dalam dadamu.
Melalui api itu, setiap waktu kau akan membakar seratus hijab.
Dan kau akan mendaki seribu derajat di atas jalan serta dalam hasratmu

Dalam perspektif Rumi, puasa sejatinya ritual yang menghantarkan ruh manusia agar mendaki naik dan berproses menuju kesempurnaan. Dengan berpuasa, jiwa jiwa rendah manusia yang selama ini terikat oleh tarikan dunia material ditransformasi agar mampu menguasai dan mengontrol dorongan hawa nafsu bukan malah dikuasai dan dikendalikan olehnya. Hasil akhirnya jiwa (Nafs) yang telah melakukan penyucian dengan puasa akan menjadi murni dan memiliki kesiapan (isti'dad) untuk menerima limpahan cahaya-Nya. Jiwa ini menjadi Nafsu yang diridhai (al-Nafs al-Mardhiyyah) dan Nafsu yang tenang (al-Nafs al-Muthmainnah).

Mencapai kualitas puasa yang mampu membakar seratus hijab dan mendaki seribu derajat dalam perspektif Rumi ini tentu tidak mudah dilakukan. Diperlukan niat yang tulus, kesungguhan serta kesabaran agar  mampu mewujudkan kualitas puasa tersebut. Kualitas ini sejalan dengan substansi tujuan puasa sendiri yaitu membentuk pribadi bertaqwa (QS.2:183).

Cinta kuncinya

Dalam pandangan penulis salah satu kunci agar kualitas puasa kita mampu menghantarkan menjadi pribadi bertaqwa serta mampu menjadi spirit bagi kita untuk melakukan pendakian spiritual adalah cinta ilahiyyat (al-isyq al-ilahiyyat). Ibadah ritual apapun jika niat awalnya adalah cinta , sesulit apapun akan terasa manis dan indah. Nampaknya kita perlu mempertanyakan motivasi utama kita melakukan segala bentuk peribadatan maupun segala amal kebajikan yang selama ini kita lakukan.

Sebagian dari kita mungkin berpuasa motivasinya ingin mendapat pahala, ingin masuk surga dan terhindar dari neraka, ingin sehat dan diet dengan berpuasa  dan lain sebagainya. Niat niat tersebut tidaklah keliru namun alangkah lebih baiknya dengan semakin dewasanya pemahaman keberagamaan kita, kita tingkatkan motivasi kita melakukan segala ritual dan aktivitas kebajikan apapun termasuk dalam hal ini berpuasa hanyalah realisasi dari kecintaan kita kepada sang Maha Kekasih yaitu Allah SWT.

Dalam cinta tak ada paksaan,  tak ada pamrih,  tak ada hukuman dan ganjaran yang ada adalah kerinduan (al-'isyq) mendalam untuk bertemu dan bersatu dengan sang kekasih. Karena itu shalatlah karena cinta maka kita akan mengalami Mi'raj  ruhani untuk bercengkerama dengan sang Kekasih muara segala pecinta , berpuasalah karena cinta karena dengan cinta segala lapar dan haus yang kita rasakan akan mampu membakar seratus hijab dan menaikkan kita ke derajat spiritual tertinggi untuk sampai kepada-Nya, berzakatlah karena cinta karena dengan cinta, pengorbanan harta kita demi menolong sang fakir miskin begitu dicintai Sang kekasih penguasa semesta, berhajilah karena cinta karena dengan cinta, Haji yang kita lakukan akan menghantarkan kita kepada Arafah (padang pengenalan Tuhan) dan Baitullah (Rumah sang kekasih).

Puasa dan Transformasi Jiwa 

Puasa merupakan medium yang tepat bagi sang jiwa untuk dilatih dengan didikan langsung dari sang Guru Agung, Allah SWT. Jiwa adalah unsur dalam diri manusia yang dipengaruhi oleh dua dimensi yaitu tarikan dunia rendah alam materi dan tarikan alam spiritual. Jiwa ditarik oleh dimensi jasad yang berasal dari tanah dan dimensi ruh yang berasal dari alam ketinggian dan bersifat ilahiyah.

Dalam pandangan penulis, puasa adalah bagaimana kita mengontrol segala tarikan yang berasal dari "kehewanan" kita. Dalam pandangan Imam Al-Ghazali, dalam diri manusia tercampur empat jenis kecenderungan jiwa. Pertama jiwa syaitaniyah yaitu kecenderungan yang berasal dari sifat sifat setan semisal iri, dengki, licik, hasut, makar dan sejenisnya.Kedua jiwa Bahimiyyah yaitu sifat sifat binatang ternak seperti makan dan minum yang berlebihan.

Ketiga jiwa Sabuiyyah yaitu jiwa binatang buas seperti buas, liar, dan marah yang berlebihan. Keempat  jiwa Rububiyyah yaitu jiwa ketuhanan yang merupakan limpahan langsung dari sifat sifat Tuhan yang secara garis besar terbagi kepada  sifat Keindahan (Jamaliyyah) dan Keagungan (Jalaliyyah) yang terangkum dalam Asma Al Husna. Ini diperkuat oleh sabda Rasul terkasih Takhallaqu Biakhlaqilah artinya bersifatlah kalian dengan mencerap dan meniru sifat sifat Allah Azza Wajalla.

Puasa adalah bagaimana kita menjadikan sifat sifat Rububiyyah kita lebih dominan dan menguasai ketiga sifat diatas.Untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah karena diperlukan niat yang kuat serta kesungguhan yang berlipat dan proses terus menerus tanpa jeda dari kita untuk memperbaiki diri, menambah ilmu dan kearifan. Yang terpenting mempesiapkan (isti'dad) diri ini agar pantas dan memiliki sinyal rohani untuk menerima  limpahan (fayd) dan limpahan cahaya (illuminasi ) hikmah-Nya yang setiap saat Tuhan pancarkan kepada alam wujud ini.

Mulla Sadra seorang Arif besar menjelaskan bahwa gerakan menuju kesempurnaan (Al Harakah Al Kamaliyyah) dialami oleh setiap jiwa manusia. Ia menegaskan bahwa ketika pertama kali hadir di dunia, jiwa merupakan wujud alamiah yang memerlukan jasmani agar bisa meng-ada.Jiwa tersebut pada masa masa awal memerlukan jasmani agar bisa mengindividu dan eksisten. Dalam proses kembalinya jiwa dari alam material menuju alam spiritual manusia akan mengalami transformasi spiritual sesuai kadar dan potensi dirinya.Karena itu jika manusia konsisten dan aktif mengikuti petunjuk yang diberikan akalnya serta petunjuk dari Sang Penguasa melalui para utusan-Nya maka jiwanya akan berproses menuju kesempurnaan.

Jiwa hasil proses transformasi ini akan melahirkan energi yang tidak terbatas dan dorongan positif untuk mewujudkan sifat sifat Rububiyyah Tuhan dalam konteks realitas sosialnya. Energi langit diperlukan oleh manusia untuk keberlangsungan hidupnya di alam yang sementara ini. Setelah mencerap energi Ramadhan seharusnya jiwa seorang yang berpuasa akan berubah menjadi kualitas kualitas Muttaqin semisal pengasih, penyayang, penebar cinta dan kasih sayang serta peduli kepada sesamanya.

Para pelaku puasa setelah ditempa dalam kawah candradimuka Ramadhan selama sebulan penuh maka jiwanya selain memiliki ketajaman spiritual  yang dipenuhi cinta universal, mereka juga memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Kecintaan kepada Tuhan diejawantahkan dalam mencintai sesama. membela yang tertindas, menjadi lokomotif perubahan sosial serta aktif dalam tugas tugas kemanusiaan.

Wallahu alam bisshawab.

*)Penulis adalah Alumni Magister Filsafat Islam ICAS Paramadina-Jakarta, Anggota KAHMI Lampung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun