Mohon tunggu...
Della Afita
Della Afita Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa di unissula

hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PAPER Penerapan Bahan Ajar Digital Berita Cerdas (BERCER)

25 Juli 2024   09:07 Diperbarui: 25 Juli 2024   09:16 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama : Della Afita /34102200053

Prodi : PBSI ( Semester 4 )

Fakultas : FKIP

Mata Kuliah : Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia

Dosen Pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd

PAPER

Penerapan Bahan Ajar Digital Meteri Berita

"Berita Cerdas (BERCER)"

Dosen Pengampu

Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd.

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun paper ini dengan judul "Penerapan Bahan Ajar Digital Materi Berita Cerdas (BERCER)". Paper ini disusun sebagai upaya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi berita kepada siswa. Kami berharap paper ini dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam penyusunan paper ini. Kami menyadari bahwa paper ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk penyempurnaannya.

Bab 1: Pendahuluan

 Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Penggunaan bahan ajar digital menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital ini. Materi berita cerdas (BERCER) merupakan salah satu inovasi dalam bahan ajar digital yang dirancang untuk membantu siswa memahami dan menganalisis informasi dalam berita dengan lebih efektif.

Bab 2: Pembahasan

2.1 Definisi Berita Cerdas (BERCER)

Berita Cerdas (BERCER) adalah bahan ajar digital yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyajikan materi berita secara interaktif dan menarik. BERCER dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi media, memahami struktur berita, menganalisis informasi, dan mengevaluasi kebenaran serta relevansi berita.

2.2 Manfaat Penggunaan BERCER dalam Pembelajaran

Penggunaan BERCER dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Interaktivitas: BERCER menyediakan berbagai fitur interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

2. Aksesibilitas: Bahan ajar digital dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga siswa dapat belajar dengan fleksibilitas yang lebih tinggi.

3. Pengembangan Keterampilan Literasi Media: BERCER membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi media yang penting dalam era informasi ini.

4. Efisiensi Pembelajaran: BERCER dapat menyajikan materi secara lebih efisien dan menarik dibandingkan dengan metode konvensional.

2.3 Implementasi BERCER di Kelas

Implementasi BERCER di kelas melibatkan beberapa langkah, yaitu:

1. Persiapan Materi: Guru perlu mempersiapkan materi berita yang akan disajikan dalam format digital.

2. Penggunaan Platform Digital: Memilih platform digital yang sesuai untuk menyajikan BERCER.

3. Pembelajaran Interaktif: Menggunakan berbagai fitur interaktif dalam BERCER untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

4. Evaluasi dan Umpan Balik: Melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa dan memberikan umpan balik untuk perbaikan.

Bab 3: Penutup

Kesimpulan

Penggunaan BERCER dalam pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mengembangkan keterampilan literasi media siswa. BERCER menyediakan berbagai fitur interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan menyajikan materi secara lebih efisien. Implementasi BERCER di kelas memerlukan persiapan yang matang dan penggunaan platform digital yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.

Daftar Pustaka

Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50-59

Cahyana, D. A. (2017). Aposisi pada teks berita utama jawa pos. Lingua, 12(01), 51-56

Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Rimayanti, A. I., & Jaja, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun