“ Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Bangun Datar Kelas 7D SMP Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2023/2024”
Dedi Setyawan, S.Pd
dedisetyawan12@guru.smp.belajar.id
Program Studi Pendidikan Matematika
PPG Dalam Jabatan Univesitas PGRI Madiun
https://unipma.ac.id, dan https://ppg.unipma.ac.id
Abstrak
Proses pembelajaran saat ini seharusnya disesuaikan dengan gaya pembelajaran pada Abad 21 dan paradigma baru sehingga diharapkan peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai dengan Abad 21. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning pada materi bangun datar kelas 7D SMP Negeri 1 Gondang. Praktik pembelajaran ini merupakan kegiatan kolaboratif yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuatitatif. Hasil kegiatan kegiatan tersebut menunjukkan rata-rata persentase kerjasama peserta didik pada PPL 1 sebesar 69.52% dan pada PPL II meningkat menjadi 85.48%. Persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari PPL I ke PPL II yaitu dari 57.14% dan meningkat menjadi 82.14%. Kesimpulan peneilitian ini yaitu model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelas 7 SMP Negeri 1 Gondang tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: kerjasama, hasil belajar, problem based learning
PENDAHULUAN