Mohon tunggu...
Dedi Priadi
Dedi Priadi Mohon Tunggu... Konsultan - Inventor PRiADI Psychological Fingerprints

Lahir di Bandung, 3 April 1979. Inventor PRiADI Psychological Fingerprints (www.priadi.id) dan author buku Psikologi Keputusan (2022).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Astrid dan Pikiran yang Terbang

28 Oktober 2013   09:11 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:56 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering


Sudah setahun ini saya kenal Astrid. Aksen latinnya kental. Tidak banyak bicara. Tersenyum hanya sesekali, namun ramah jika disapa. Seperti juga saya, Astrid sering duduk menepi di ujung kelas. Tidak aktif berdiskusi, hanya rajin mencatat dan menyimak apa yang dosen ajarkan di ruang kelas. Wajah latinnya dan rambut pirangnya yang khas, sekilas menutupi usianya yang tidak lagi muda.

Suatu waktu di ruang kelas, dia bawa buku "Brain, Mind, and Education." Dia tunjukkan itu ke saya. Astrid tampak bersinar menunjukkan buku barunya. Tidak ada pembicaraan lain ketika itu. Sepintas saya menduga, Astrid memang suka topik kajian di buku itu.

Komunikasi saya dan Astrid memang sangat terbatas. Walau hampir selalu duduk berdampingan di ruang kelas, kami jarang berkomunikasi. Wajar jika kemudian saya tidak tahu latar belakang Astrid lebih jauh. Yang saya tahu, seperti yang pernah dia utarakan ke saya: dia sedang ingin belajar, mencari jalan untuk belajar apa yang dia suka. Tidak jelas apakah itu berarti dia akan melanjutkan sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi? Atau sekedar belajar dan belajar lagi apa yang dia memang ingin ketahui. Ketika itu saya menduga, seperti kebanyakan orang di kelas itu, dia ingin menjadi guru. Dia pernah bilang jika tak punya pekerjaan, kerjaannya hanya mengurus rumah dan mendampingi suaminya, yang baru saja mendapat tempat mengajar di Harvard. Dugaan saya jika dia ingin menjadi guru semakin kuat, ketika kami bertemu kembali di Fall semester 2013, dan bergabung di lab yang sama.

Suatu hari di ruang kelas, kami berkesempatan berdiskusi berdua. Tema diskusi waktu itu tentang "theory of mind," tentang kapan dan bagaimana seorang anak bisa memahami emosi orang lain. Dari cara Astrid berdiskusi, saya terkejut ternyata analisisnya sangat baik. Cara dia menganalisis persoalan menjadi cermin jika Astrid serius di kelas psikologi perkembangan ini. Gara-gara diskusi ini saya dan Astrid jadi lebih dekat.

Di sela diskusi, saya dan Astrid juga berbicara hal-hal ringan lainnya. Kebetulan saya punya pertanyaan yang lama tersimpan -- tentang siapa dia sebenarnya? Benarkah dia ingin sekolah lagi untuk mendapat sertifikasi menjadi guru? Dugaan jika memang dia ingin belajar tentang perkembangan anak itu benar, juga tentang harapan dia mengajar, hanya saja dugaan saya jika dia itu "ibu rumah tangga" biasa salah besar!

Ketika saya tanya kepadanya apakah dia punya gelar master sebelumnya, dia menjawab:

"Oh, saya sudah punya gelar PhD!"

" Dari mana?"

" Oxford University."

" Apa? Oxford, " kata saya terkaget-kaget

" Di bidang apa?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun