Mohon tunggu...
Dede Astrizen
Dede Astrizen Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa universitas Majalengka

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pilar Penting Dalam Keberhasilan Organisasi

28 Desember 2024   20:06 Diperbarui: 28 Desember 2024   20:06 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Penulis : Dede Astrizen

(dedeastrizen11@gmail.com

Penulis 2 : Dr. H. Asep Qustolani., S.E., M.M.
(asepquinn@unma.ac.id) Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka.

Dalam dunia bisnis yang terus berubah dan berkembang, keberhasilan suatu organisasi sangat bergantung pada kemampuannya. MSDM merupakan salah satu aspek paling krusial dalam operasional suatu organisasi, baik itu perusahaan, institusi, maupun organisasi non-profit. Dalam era modern yang penuh dinamika, pengelolaan sumber daya manusia yang efektif tidak hanya menjadi penunjang, tetapi juga pilar utama dalam mencapai tujuan strategis organisasi.

Menurut Sihotang (dalam Sinambela, L. P., 2021), MSDM yaitu seluruh proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas terkait pengadaan, seleksi, pelatihan, penempatan, pemberian kompensasi, pengembangan, pengintegrasian, pemeliharaan, hingga pelepasan sumber daya manusia. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk memenuhi kebutuhan individu, masyarakat, pelanggan, pemerintah, serta organisasi terkait. Definisi ini mencakup berbagai aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan, perekrutan, pengembangan, pengelolaan, hingga evaluasi kinerja karyawan.

 

Tujuan MSDM

Menurut Sadili Samsudin dalam bukunya tentang MSDM, tujuan utama dari pengelolaan ini adalah untuk meningkatkan kontribusi produktif tenaga kerja terhadap organisasi melalui tiga pendekatan: strategis, etis, dan sosial.

Fungsi MSDM

Menurut Larasati (2018), memiliki tanggung jawab utama untuk mengelola karyawan secara efektif guna menciptakan kepuasan kerja yang dapat mendukung produktivitas organisasi. Fungsi MSDM terbagi menjadi dua kategori utama:

1. Fungsi Manajerial

  • Perencanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun