Latar belakang masalah dari pelaksanaan praktik pembelajaran ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA. Indikator dari rendahnya minat belajar ini diantaranya yaitu :
-Siswa menganggap tidak mampu mengikuti pelajaran IPA karena pelajaran IPA dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan
-Rendahnya minat belajar siswa di pengaruhi oleh  psikologi siswa yg tidak memahami manfaat pendidikan di masa depan serta menganggap IPA sebagai mapel yang sulit karena banyak hitungannya
-Kurangnya perhatian orangtua mengakibatkan orangtua tidak menyadari kesulitan belajar anak
-Proses pembelajaran masih berpusat pada guru
-Guru belum mengupayakan pembelajaran IPA yang aktif dan menyenangkan
Praktik ini baik untuk dibagikan karena :
-Sebagian besar guru mata pelajaran IPA mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, yaitu rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA
-Praktik ini bisa memotivasi diri saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang inovatif dan kreatif
-Praktik ini menjadi motivasi untuk rekan guru lain untuk berbuat yang terbaik untuk peserta didik dan dapat memberikan dampak yang baik hasil belajarnya
-Praktik ini bisa menjadi referensi bagi guru-guru lain untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran
Berdasarkan kajian literature, hasil wawancara dan pengamatan langsung di sekolah, maka dapat dianalisis bahwa rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA karena guru belum mengupayakan pembelajaran IPA yang aktif dan menyenangkan.
Berdasarkan tantangan tersebut, maka seorang guru harus memiliki berbagai kompetensi/kemampuan seperti paedagogik dan professional dan dari sisi siswa yaitu keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran
Strategi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut yaitu :
-Menggunakan model pembelajaran discovery learning
-Menggunakan metode eksperimen untuk menemukan sendiri pengetahuannya karena terlibat langsung melalui percobaan
-Menggunakan Media Video untuk mengorientasi peserta didik pada masalah
-Menggunakan LKPD untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan berdiskusi dalam kelompok dan mempresentasikan didepan kelas.
Proses yang saya lakukan tertuang dalam RPP berdasarkan sintaks-sintaks model pembelajaran Discovery Learning.
Sintak 1 : Pemberian rangsangan
Sintak 2 : Pertanyaan/identifikasi masalah
Sintak 3 : Pengumpulan data
Sintak 4 : pengolahan data
Sintak 5 : Pembuktian
Sintak 6 : Menarik kesimpulan
-Secara keseluruhan pada proses belajar mengajar respon peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias
-Peserta didik sangat serius dan tekun dalam melakukan kegiatan eksperimen
-Peserta didik sudah terlibt untuk berdiskusi dalam kelompoknya
-Keterampilan peserta didik dalam mempresentasi ,bertanya, dan menjawab pertanyaan meningkat.
-Hasil belajar peserta didik meningkat.
-Berdasarkan hasil penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan aksi ini cukup efektif karena hasilnya mengalami peningkatan
-Peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
-Tujuan pembelajaran tercapai
Pembelajaran yang saya peroleh dari proses ini adalah sebagai    guru kita perlu untuk menganalisis permasalahan yang dialami oleh peserta didik, mencari solusi dari masalah tersebut              dan merencanakan, merancang dan melaksanakan dengan baik dan merefleksikan kembali yag sudah dilakuka, jika masih ada kekurangan menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran berikutnya.               Â