Mohon tunggu...
Dea nur Sapitri
Dea nur Sapitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Geografi dalam Kurikulum 13

21 Juni 2022   22:20 Diperbarui: 22 Juni 2022   12:06 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

STUDY GEOGRAFI DALAM KURIKULUM 13 

Dea Nur Sapitri

Nurdea716@gmail.com 

Prodi Tadris IPS

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pekanbaru

Indonesia

Kurikulum menjadi dua hal yang tidak terpisahkan dan menjadi hal penting untuk diperhatikan berkembangnya kurikulum maka suatu pendidikan juga akan berkembang terutama dalam hal pembelajaran sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berakar pada nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntunan perubahan zaman pendidikan nasional, berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa berakhlak mulia, berilmu, cakap kreatif, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2006 atau KTSP 2006 penerapan dari kurikulum 2013 ini menekankan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang produktif, inovatif, kreatif, dan afektif kurikulum 2013 dikembangkan dengan tujuan menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan soft skill 1 dan juga hard skill kemampuan keduanya ini diharapkan menjadi hasil yang seimbang sehingga peserta didik dapat beradaptasi di manapun dan kapanpun mereka berada (Zenna dan Sitompul 2017)

Menurut UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dan mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan Negara.

 Untuk mewujudkan tujuan dari kurikulum 13 pemerintah menyusun dan menetapkan 8 SNP atau (standar nasional pendidikan) di seluruh wilayah Indonesia SNP ini memuat kriteria minimal komponen pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing, agar dapat mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhususan tujuannya. standar nasional pendidikan tersebut antara lain: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun