Mohon tunggu...
Dea Ginting
Dea Ginting Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis, Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen PT INDOSAT TBK

22 Juni 2024   19:49 Diperbarui: 22 Juni 2024   19:56 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

       PT Indosat Satellite Corporation Tbk (Indosat) didirikan pada tahun 1967 sebagai suatu badan usaha asing yang menyediakan layanan telekomunikasi Internasional di Indonesia. PT Indosat ini mulai beroperasi pada tahun 1969 yang ditandai dengan diresmikannya stasiun bumi Jatiluhur. Pada tahun 1980, pemerintah Indonesia memiliki seluruh saham PT Indosat Tbk sehingga berubah menjadi perusahaan BUMN. Pada tahun 1994, PT Indosat mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), dan The New York Stock Exchange (Bursa Efek di NewYork) yang kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai perusahaan negara pertama yang terdaftar di Bursa Efek Mancanegara.
       Dari tahun 1969 sampai dengan 1990, PT Indosat menyediakan layanan telekomunikasi internasional yang switched dan non-switched, termasuk Sambungan Langsung Internasional, komunikasi jaringan data internasional, inter leased lines, dan layanan tranmisi pertelevisian. 2 Memasuki abad ke-21 dan untuk mengikuti perkembangan globalisasi, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menghapus peraturan pembatasan sektor telekomunikasi nasional dan membukanya ke kompetisi pasar bebas. Dari tahun 2001, seluruh kepemilikan silang antara Telkom dan Indosat dihapuskan dimana hak istimewa dari kedua penyedia layanan telekomunikasi ini dihapus hingga tahap-tahap tertentu. PT Indosat terus berusaha mewujudkan tujuan utama dari pengembangan bisnis sellularnya mulai pertengahan tahun 1990-an. Pada tahun 2001 PT Indosat mendirikan PT Indosat Multi Media Mobile (IM3), diikuti dengan kontrol penuh terhadap PT Satellite Palapa Indonesia, sehingga menjadikan Indosat Group sebagai operator sellular terbesar kedua di Indonesia.

Visi dan misi PT. Indosat.Tbk
Visi PT. Indosat memiki Visi dalam mengembangkan perusahaannya, yaitu sebagai berikut :
"Menjadi perusahaan penyedia solusi informasi dan komunikasi Pilihan"
Misi PT. Indosat memiki Misi dalam mengembangkan perusahaannya, yaitu sebagai berikut :
Menyediakan dan mengembangkan produk layanan dan solusi inovatif dan berkualitas untuk memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi para pelanggan
Meningkatkan shareholder value secara terus menerus.
Mewujudkan kualitas kehidupan stakeholder yang lebih baik.

nilai-nilai PT.Indosat.Tbk
Proses penggabungan usaha IM3 dan Satelindo ke dalam Indosat di tahun 2003 memberikan tantangan untuk dapat menggabungkan tiga organisasi yang memiliki budaya dan kebijakan perusahaan yang berbedabeda.Untuk itu, Indosat telah memformulasikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan baru untuk mendukung pencapaian visi dan misi perseroan.

strategi bisnis PT.Indosat.
Tbk PT Indosat merumuskan strategi ekspansi 'satu plus tiga' untuk pengembangan usaha jangka panjang, mencakup lini usaha kunci layanan jasa telekomunikasi internasional sebagai bisnis utama dengan mengupayakan peningkatan jangka panjang melalui pengembangan 3 (tiga) bisnis lainnya:
1. Investasi dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi domestic
2. Peningkatan peran telekomunikasi di lingkungan regional maupun internasional
3. Diversifikasi terbatas ke bidang usaha menudukung bisnis utama. Dalam industri telekomunikasi yang semakin kompetitif, suatu perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat untuk dapat bertahan di pasar.
Indosat telah memiliki strategi untuk mempertahankan pelanggan baru dengan cara:
a. Konsentrasi Pada Pertumbuhan Seluler. Dengan cara memperkuat posisi kompetitif dan mengambil pangsa pasar lebih besar di pasar seluler Indonesia yang tumbuh pesat. Ini sesuai dengan visi Indosat yang ingin menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu berfokus seluler/wireless terkemuka di Indonesia.
b. Mempertahankan Jasa SLI dan Penggelaran Jaringan Tetap Secara Selektif.
c. Meningkatkan cakupan, kapasitas dan kualitas jaringan seluler serta mempercepat integrasi operasional dan jaringan untuk memaksimalkan efisiensi operasional dan pertumbuhan pangsa pasar.
d. Mempertahankan Pertumbuhan MIDI (Multimedia Data Communication Internet)
e. Mengimplementasikan program retensi dan paket harga kompetitif untuk jasa SLI, serta penggelaran jaringan fixed acces secara selektif dan masuk ke pasar telekomunikasi domestik secara selektif. Memanfaatkan sinergi antar bisnis MIDI dan mengembangkan penawaran produk dan jasa yang kompetitif. 13 6. Membuat Penyelenggara Telekomunikasi Terintegrasi
f. Mengkonsolidasi bisnis seluler, fixed dan MIDI pada platform yang sama dan terintegrasi sehingga meningkatkan efisiensi dan sinergi antar 3 (tiga) segmen bisnis yang utama.
g. Strategi yang telah ada didukung dengan Keputusan Dewan Direksi untuk melakukan merger. Dengan melakukan merger, Indosat memperoleh beberapa manfaat diantaranya.

Sistem pengendalian manajemen pada PT. Indosat Tbk 

Pada proses pengendalian manajemen, terdapat perbedaan manajer dalam gayakepemimpinan, kemampuan interpersonal, kemampuan teknis, pengalaman,dan pendekatan dalam pembuatan keputusan. Karena itu, dalam proses pengendalian manajemen terdapat proses interaksi antara manajer dan interaksiantara manajer dengan karyawan. Kegiatan kegiatan dalam proses pengendalian manajemen form meliputi perencanaan strategi, penyusunananggaran, pelaksanaan, danevaluasi. Dalam analisa akan dibedakan antara proses pengendalian manajemen pada perusahaan dan pengendalian manajemen pada divisi secara khusus.

 1. Perencanaan strategi Perencanaan strategi perusahaan harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang ada. Sebelum melakukan analisis rencana strategis, kondisi perusahaan dinilai melalui analisis SWOT. 

a. strengths (kekuatan) yang dimiliki oleh perusahaan, yaitu: 

Adanya hak duopoli.

  Pengalaman manajemen bisnis telekomunikasi internasional.

Produk dan layanan yang beragam. 

Kepemilikan teknologi yang mutakhir. 

Kualitas produk dan layanan. 

Citra perusahaan yang baik.

 b. weaknesses (kelemahan) yang dimiliki perusahaan, yaitu:

Kurangnya kemauan untuk bersaing secara ketat karena hak duopoli yang dimilikinya. c. Peluang yang dimiliki perusahaan, yaitu: Pasar domestik yang masih besar yang belum dikembangkan. 

Ekspansi bisnis baru, termasuk bisnis inti yang menguntungkan. 

Bisnis telekomunikasi global yang menjanjikan.

c. peluang yang dimiliki perusahaan, yaitu: 

Pasar domestik yang masih besar yang belum dikembangkan. 

Ekspansi bisnis baru, termasuk bisnis inti yang menguntungkan. 

Bisnis telekomunikasi global yang menjanjikan.

d. threats (ancaman) terhadap perusahaan meliputi: 

Pendatang baru, terutama dari luar negeri, karena berakhirnya hak duopoli. 

Persaingan global yang memasuki pasar domestik. 

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia.

Penyusunan anggaran 

Anggaran adalah bagian penting dari perencanaan dan manajemen jangka pendek yang efektif dalam sebuah organisasi. Anggaran umumnya disusun untuk periode satu tahun. Anggaran memiliki karakteristik sebagai berikut, kontrak manajemen yang memperkirakan potensi keuntungan unit bisnis perusahaan, dinyatakan dalam bentuk moneter, umumnya untuk jangka waktu satu tahun, dan menyetujui bahwa manajer bertanggung jawab untuk mencapai target anggaran. Anggaran yang diusulkan ditinjau dan disetujui oleh manajer yang lebih tinggi dari penyusun anggaran.

Pelaksanaan 

Pelaksanaan tata kelola perusahaan PT Indosat, Tbk ditangani oleh Presiden Direktur yang dibantu oleh tujuh orang Direktur, yang masing-masing membawahi satu Direksi. Dimana satu Direksi terbagi dalam beberapa grup, dimana setiap grup dipimpin oleh seorang Group Head (GH). Setiap Group Head membawahi beberapa divisi yang masing-masing dikepalai oleh seorang Division Head (DH) yang dibantu oleh beberapa manajer yang membawahi divisi tertentu.

jenis-jenis responbility center yang ada di PT. Indosat Tbk. Berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasi PT. Indosat Tbk, Jenis-jenis Responsibility center yang ada di perusahaan ini yaitu di antaranya : 1)Profit Center 2)Revenue Center 3) Cost Center 4)Investment Centerr.

transfer pricing Pt. Indosat Tbk 

1.Indikasi Transfer Pricing Berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasi, PT. Indosat Tbk. Memangmelakukan Transfer Pricing dengan pihak-pihak afiliasi yang di antaranyamerupakan entitas anak perusahaannya. 

2. Pendekatan Transfer Pricing Pendekatan Transfer Pricing yang dilakukan oleh PT. Indosat Tbk. Menururt laporang keuangan dengan menggunakan metode harga pasar.

Terimakasi 

Salam dari saya untuk pembaca

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun