Nama      : David Agus Syaputra Siagian
No.UKG Â Â Â : 201698535375
NIM Â Â Â Â Â Â : 22531299018
Mapel      : Teknik Pengelasan
Kategori   : 2
Tahun     : 2022
Â
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SMK NEGERI 1 MEDANG DERAS
Lingkup Pendidikan
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Las Busur Manual (SMAW)
Penulis
DAVID AGUS SYAPUTRA SIAGIAN
Tanggal
05 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Situasi saat saya menjalani praktik adalah :Â
1. Motivasi belajar peserta didik belum maksimal
2. Rendahnya hasil belajar pada peserta didik
3. Guru belum menerapkan model pembelajaranÂ
   yang bervariasi
4. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran
   atau belum menggunakan media pembelajaran
   secara optimal
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah:
1. Motivasi belajar peserta didik.
2. Kesiapan peserta didik dalam proses
   pembelajaran.
3. Kemampuan peserta didik dalam memahami
   materi yang disajikan.
4. Pendidikan karakter baik dalam proses maupun
   setelah proses pembelajaran.
5. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran
   dan kelompok pada saat proses pembelajaran.
6. Perlengkapan untuk praktik masih kurang
  memadai
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP,bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PBL, metode pembelajaran).
- Mendapat dukungan dari kepala sekolah
- Memerlukan kerja sama antara peserta didik dan teman sejawat yang membantu pada saat pengambilan video.
- Dengan menerapkan video dan gambar yang seadanya.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah:
1. Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.
2. Hasil belajar peserta didik meningkat.
3. Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa
   yang telah direncanakan.
4. Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H