Mohon tunggu...
DAVID AGUS SYAPUTRA SIAGIAN
DAVID AGUS SYAPUTRA SIAGIAN Mohon Tunggu... Foto/Videografer - GURU

GURU

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practices

13 Desember 2022   23:20 Diperbarui: 13 Desember 2022   23:26 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama          : David Agus Syaputra Siagian

No.UKG      : 201698535375

NIM             : 22531299018

Mapel          : Teknik Pengelasan

Kategori     : 2

Tahun         : 2022

 

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK NEGERI 1 MEDANG DERAS

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Las Busur Manual (SMAW)

Penulis

DAVID AGUS SYAPUTRA SIAGIAN

Tanggal

05 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Situasi saat saya menjalani praktik adalah : 

1. Motivasi belajar peserta didik belum maksimal

2. Rendahnya hasil belajar pada peserta didik

3. Guru belum menerapkan model pembelajaran 

      yang bervariasi

4. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran

      atau belum menggunakan media pembelajaran

      secara optimal

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah:

1. Motivasi belajar peserta didik.

2. Kesiapan peserta didik dalam proses

      pembelajaran.

3. Kemampuan peserta didik dalam memahami

      materi yang disajikan.

4. Pendidikan karakter baik dalam proses maupun

      setelah proses pembelajaran.

5. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran

      dan kelompok pada saat proses pembelajaran.

6. Perlengkapan untuk praktik masih kurang

    memadai

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP,bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, model PBL, metode pembelajaran).
  • Mendapat dukungan dari kepala sekolah
  • Memerlukan kerja sama antara peserta didik dan teman sejawat yang membantu pada saat pengambilan video.
  • Dengan menerapkan video dan gambar yang seadanya.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah:

1. Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.

2. Hasil belajar peserta didik meningkat.

3. Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa

      yang telah direncanakan.

4. Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun