Jurnal Minggu ke 7
CGP Angkatan 04 Kota Surakarta
Aksi Nyata Bagja / IA di SMK Negeri 6 Surakarta
Oleh Darsono
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke empat kota Surakarta telah memasuki minggu ke tujuh, yakni modul 1.3 membahas tentang eksplorasi dan pendalaman pendekatan Inquiry Apreseatif atau BAGJA (pendekatan IA yang diakronimkan Bagja) yaitu Buat pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan Desain dan Atur Eksekusi.
Pada tanggal 03 Desember 2021 saya mengajar Desain Multimedia Interaktif (DMI) kelas XII MM1 dengan topik rencana proyek SAC (Smart Apps Creator). Teringat akan filosofi Ki Hajar Dewantara atas keberpihakan guru pada murid dan kolaborasi nilai dan peran guru penggerak serta pemetaan dan kekuatan komponen sekolah yang telah saya dapatkan, kali ini saya mengembangkan pendekatan BAGJA dengan mengajukan beberapa pertanyaan ringan mengenai keberpihakan murid atas proyek SAC yang akan dijalankan di semester genap nanti. Aplikasi yang saya gunakan adalah Google Form.
Beberapa pertanyaan di google form dijawab siswa dan guru memintanya untuk mengungkapkan secara lisan di hadapan guru dan teman-temannya.Â
Hasilnya cukup menggembirakan, mereka punya impian, harapan pada kelas, pada guru yang bervariasi metode mengajarnya, mimpi proyeknya cepat selesai, dan pendekatan guru tidak klasikal saja tetapi individual juga, berikut dokumentasi proses guru melakukan kesepakatan kelas bersama siswa 12 MM1.
Dalam membuat jurnal refleksi ke-7 Calon Guru Penggerak CGP kali ini admin menggunakan model segitiga refleksi yang terdiri dari empat tahap yaitu :
- Segitiga Merah          : Memahami materi yang dipelajari
- Segitiga Kuning         : Mampu merancang dan menerapkan apa yang dipahami
- Segitiga Hijau           : Perasaan yang terjadi setelah belajar
- Segitiga Biru            : Target apa yang akan dicapai
- Tahap 1 :Â
- Segitiga Merah
- Â
- Tahap 2 :Â
- Segitiga Kuning
- Tahap 3 :Â
- Segitiga Hijau
- Tahap 4 :Â
- Segitiga Biru
- Memahami
- Setelah mempelajari modul 1.3 saya memahami bahwa :
- Mampu
- Setelah mempelajari modul 1.3 saya mampu :
- Perasaan
- Setelah mempelajari modul 1.3 saya merasa
- Target
- Setelah mempelajari modul 1.3 saya memberi target sebagai berikut :
- Visiku sebagai Guru Penggerak
- Visi adalah gambaran tujuan yang akan dicapai di masa depan
- Sangat bahagia dan bersemangat memahami modul 1.3
- Mengeksekusi visi saya yaitu Mengawal siswa memiliki ilmu, akhlakul karimah dan mandiri mengedepankan 4 Kompetensi berprofil Pelajar Pancasila.
- Mimpiku muridku di masa depan
- Imajinasi muridku di masa depan adalah menjadi menusia yang berkarakter Pancasila
- Termotivasi untuk merancang visi dan cara mengeksekusinya
- Melakukan tahapan BAGJA dalam proses pembelajaran di kelas.
- Paradigma Inquiri Apresiatif (IA)
- Paradigma IA adalah pendekatan kolaboratif dengan perubahan berbasis kekuatan
- Makin terbuka wawasan ketika bertemua teman-teman CGP lain dalam lokakarya
- Meningkatkan kolaborasi dengan aset dan kekuatan yang mendukung visi
- BAGJA dan tahapannya
- Tahapan dari BAGJA terdiri dari Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi
- Bersemangat untuk menerapkan tahapan BAGJA dalam upaya mewujudkan visi
- Pemetaan Aset dan Kekuatan
- Pemetaan aset dan kekuatan untuk menentukan peran dan manfaat dalam mencapai visi.
- Semakin mengerti pentingnya kolaborasi dan mengenali kekuatan untuk mewujudkan mimpi
Pustaka :
https://darsono-solo.blogspot.com/2022/04/jurnal-refleksi-minggu-ke-7-aksi-nyata.html
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H