Mohon tunggu...
Dara Mitha
Dara Mitha Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Haloo, saya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PGMI Itu Hebat, Sinergi Ilmu dan Akhlak Membangun Pendidikan Berkarakter

15 Oktober 2024   13:15 Diperbarui: 15 Oktober 2024   14:13 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam membekali siswa dengan nilai-nilai dasar yang esensial, seperti religiusitas, disiplin, kerja keras, dan toleransi. Integrasi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran merupakan hal yang krusial, karena tidak hanya mendukung pencapaian akademis, tetapi juga membentuk individu yang berintegritas dan memiliki moral yang baik. 

Penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter harus menjadi bagian integral dari kurikulum, bukan sekadar tambahan (Hidayah, 2017). Dengan demikian, penguatan pendidikan karakter diharapkan dapat menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga mampu menghadapi tantangan kehidupan dengan sikap yang positif.

Dalam konteks sosial saat ini, banyak siswa terpapar pada berbagai tantangan moral dan sosial. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu ditekankan lebih dalam pendidikan formal. Diharapkan, dengan membekali siswa dengan nilai-nilai karakter yang kuat, mereka akan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan karakter dapat membantu siswa mengembangkan pola pikir positif, sehingga mereka dapat bertindak dengan bijaksana dan bertanggung jawab (Hidayah, 2017).

Kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan karakter. Keterlibatan aktif semua pihak dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa secara konsisten. Dengan adanya sinergi ini, nilai-nilai positif yang diajarkan di sekolah dapat diperkuat melalui praktik di rumah dan masyarakat. 

Dengan cara ini, pendidikan karakter akan lebih efektif dan memberikan dampak langsung dalam kehidupan sehari-hari siswa (Hidayah, 2017).

Kebijakan Pendidikan Karakter

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) telah menetapkan kebijakan pendidikan karakter yang bertujuan untuk membentuk generasi muda Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur. Dalam kebijakan ini, pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan di semua jenjang, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Kebijakan ini mencakup 18 nilai utama yang diharapkan dapat ditanamkan kepada siswa, seperti religiusitas, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatifitas, dan rasa ingin tahu. Dengan penanaman nilai-nilai tersebut, diharapkan siswa tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berintegritas.

Pendidikan karakter bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga melibatkan orang tua dan masyarakat. Kerjasama antara sekolah, keluarga, dan komunitas sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran. 

Dengan adanya kolaborasi ini, nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah dapat diperkuat melalui praktik di rumah dan masyarakat, sehingga pembentukan karakter siswa menjadi lebih efektif. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter adalah usaha bersama yang harus dilakukan secara terintegrasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun