Mohon tunggu...
Danik Erna
Danik Erna Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang pendidik disalah satu lembaga PAUD yang berasal dari Ponorogo. Dunia anak adalah dunia yang paling indah, itu adalah salah satu alasan kenapa saya memilih untuk menemani anak usia PAUD belajar karena dari mereka saya belajar menikmati dan mensyukuri setuap jalan hidup saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice 4 Siklus Pembelajaran di PAUD

9 Desember 2022   17:25 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:40 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Siklus I

Lokasi

TK PGRI Kesugihan

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A dalam menulis angka 1 sampai 10 dengan benar

Penulis

Danik Ernawati

Tanggal

27  Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan yaitu banyaknya anak kelompok A yang belum bisa menulis lambang bilangan 1 sampai 10 dengan baik 50% masih menulis dengan tulisan terbalik.
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk meningkatkan kemampuan anak awal anak dalam menulis angka yang benar
  • Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang  guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media yang tepat dan model pembelajaran inovatif sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa tercapai dengan baik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut yaitu media yang digunakan selama ini hanya berupa LKA yang kurang memiliki daya tarik anak untuk belajar, sehingga tantangan untuk guru adalah mencari media yang menarik agar mampu meningkatkan motivasi minat belajar anak.
  • Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru, orang tua serta anak.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu :

  • Menggunakan sumber belajar yang tidak seperti biasanya yang dipakai sebelumnya
  • Memunculkan media kongkrit berupa buah jeruk (sesuai tema) serta menggunakan media main pasir warna
  • Strategi yang saya gunakan yaitu anak mengamati benda kongkrit berupa buah jeruk dan buah nanas kemudian menghitung jumlah buah dan menuliskan angka tersebut di atas pasir warna.
  • Sumber daya atau materi yang diperlukan yaitu laptop dan bahan untuk kegiatan belajar sambil bermain.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan  :
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam menulis lambang bilangan 1 sampai 10 tanpa terbalik
  • Menumbuhkan semangat dan ketertarikan anak untuk belajar menulis
  • Anak menjadi lebih aktif dan suasana belajar lebih menyenangkan.
  • Hasil belajar anak meningkat.
  • Hasil yang diperoleh cukup efektif karena membuat Anak lebih termotivasi untuk belajar, lebih bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, sehingga hasil belajar Anak menjadi meningkat, hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian dimana dari jumlah keseluruhan peserta didik kelompok A sejumlah 14 ada 13 anak yang mampu menulis angka dengan benar tanpa terbalik. Dari aksi yang telah dilakukan mendapat respon positif dari rekan sejawat dan kepala sekolah.

  • Faktor keberhasilan, adapun yang menjadi faktor keberhasilan dalam aksi yang dilakukan yaitu kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, guru, wali murid serta peserta didik yang sangat antusias. Saran dan prasarana sekolah yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut.

 

Siklus 2

Lokasi

TK PGRI Kesugihan

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali cerita yang sudah didengar

Penulis

Danik Ernawati

Tanggal

27 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan yaitu kurangnya kemampuan anak dalam menceritakan kembali cerita yang sudah di dengar
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk meningkatkan kemampuan Anak dalam memahami bahasa reseptif yang disampaikan guru
  • Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang  Guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media yang tepat dan model pembelajaran inovatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut yaitu media yang digunakan oleh Guru hanya buku tulis dan LKA,
  • Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru, wali murid serta peserta didik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu, bercerita dengan menggunakan media yang menarik seperti boneka.
  • Strategi yang digunakan adalah menggunakan media audio visual yaitu dengan memutarkan cerita dari you tube kids.
  • Proses pada pembelajaran ini sebagai berikut, Anak diminta untuk duduk melingkar, kemudian Guru memutarkan video di you tube kemudian guru memberikan penguatan dengan menceritakan kembali menggunakan alat peraga.
  •  Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru dan peserta didik
  • Sumber daya atau materi yang diperlukan yaitu laptop, boneka dan bahan untuk kegiatan belajar sambil bermain.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan  :
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali cerita yang sudah didengar.
  • Menumbuhkan semangat dan ketertarikan Anak untuk belajar.
  • Anak menjadi lebih aktif dan suasana belajar lebih menyenangkan.
  • Hasil belajar Anak meningkat.
  • Hasil yang diperoleh cukup efektif karena membuat Anak lebih termotivasi untuk belajar, lebih bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, sehingga hasil belajar Anak menjadi meningkat.keberhasilan dapat dilihat dari rubik penilaian dimana yang sebelumnya 6 anak dari 13 anak belum mampu menceritakan kembali cerita yang di dengar sekarang tinggal 1 anak saja.
  • Dari aksi yang telah dilakukan mendapat respon positif dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat.

  • Faktor keberhasilan, adapun yang menjadi faktor keberhasilan dalam aksi yang dilakukan yaitu kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Guru, Wali murid serta peserta didik yang sangat antusias. Saran dan prasarana sekolah yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut.

  • Pembelajaran dari keseluruhan proses adalah ketika kita menyampaikan cerita kepada anak dengan menggunakan media yang menarik dan media tersebut merupakan hal yang baru bagi anak maka motivasi belajar anak semakin meningkat

Siklus 3

Lokasi

TK PGRI Kesugihan

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam menulis nama panggilannya sendiri

Penulis

Danik Ernawati

Tanggal

12 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan yaitu Anak mengalami kesulitan dalam menulis nama panggilannya sendiri
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena bertujuan untuk meningkatkan kemampuan awal  Anak dalam keaksaraan
  • Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang  Guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media yang tepat dan model pembelajaran inovatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut yaitu media yang digunakan oleh Guru hanya buku tulis dan LKA,
  • Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru dan anak didik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu, menggunakan media benda konkrit dalam pembelajaran yaitu tanaman jagung dan biji jagung yang sesuai dengan tema

  • Strategi yang digunakan adalah anak membuat kartunama dengan gambar kartun jagung sebagai hiasannya dan menulis namanya menggunakan spidol warna, kegiatan selanjutnya anak mendeteksi huruf yang hilang dinamanya yang kemudian menyusun biji jagung menjadi bentuk huruf yang hilang.
  • Proses pada pembelajaran ini sebagai berikut, Anak diminta untuk anak membuat kartunama dengan gambar kartun jagung sebagai hiasannya dan menulis namanya menggunakan spidol warna, kegiatan selanjutnya anak mendeteksi huruf yang hilang dinamanya yang kemudian menyusun biji jagung menjadi bentuk huruf yang hilang.
  • Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru dan peserta didik
  • Sumber daya atau materi yang diperlukan yaitu laptop, tanaman jagung dan bahan untuk kegiatan belajar sambil bermain.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan  :
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam menulis nama panggilannya sendiri.
  • Menumbuhkan semangat dan ketertarikan Anak untuk belajar.
  • Anak menjadi lebih aktif dan suasana belajar lebih menyenangkan.
  • Hasil belajar Anak meningkat.
  • Hasil yang diperoleh cukup efektif karena membuat Anak lebih termotivasi untuk belajar, lebih bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, sehingga hasil belajar Anak menjadi meningkat. Dari aksi yang telah dilakukan mendapat respon positif dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat.

  • Faktor keberhasilan, adapun yang menjadi faktor keberhasilan dalam aksi yang dilakukan yaitu kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Guru, Wali murid serta peserta didik yang sangat antusias. Saran dan prasarana sekolah yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut.

  • Pembelajaran dari keseluruhan proses adalah ketika kita menyampaikan cerita kepada anak dengan menggunakan media yang menarik dan media tersebut merupakan hal yang baru bagi anak maka motivasi belajar anak semakin meningkat

Siklus 4

Lokasi

TK PGRI Kesugihan

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan Anak dalam memahami bentuk geometri (segitiga, lingkaran, pesegi panjang)

Penulis

Danik Ernawati

Tanggal

26 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan yaitu Anak belum memahami bentuk geometri (segitiga, lingkaran, pesegi panjang).
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk meningkatkan kognitif Anak yaitu memahami bentuk geometri (segitiga, lingkaran, pesegi panjang)
  • Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang  Guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media yang tepat dan model pembelajaran inovatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut yaitu media yang digunakan oleh Guru hanya buku tulis dan LKA, proses penjumlahan menggunakan jari sehingga  timbul kejenuhan kepada anak.
  • Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, guru dan pesrta didik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu :
  • Menguatkan tentang konsep bentuk geometri
  • Guru menggunakan media konkrit dalam pembelajaranan yaitu kupu kupu sesuai tema
  • Guru menggunakan metode yang tepat, misalkan demonstrasi.
  • Strategi yang digunakan yaitu melakukan pengulangan dalam pembelajaran (repetitif).
  • Proses dalam pembelajaran memahami bentuk geometri (segitiga, lingkaran, pesegi panjang) yaitu menggunakan media benda konkrit sesuai tema, tema yang digunakan adalah daur hidup kupu kupu (telur, ulat, kepompong dan kupu kupu). Disini Guru menyediakan potongan kertas berbentuk geometri, yang kemudian anak diminta untuk menempelkan potongan bentuk geometri tersebut menjadi bentuk kupu kupu mulai dari badan, sayap dan kepala.
  • Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah guru dan peserta didik.
  • Sumber daya atau materi yang diperlukan yaitu laptop dan bahan untuk kegiatan belajar sambil bermain.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan  :
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam memahami bentuk geometri (segitiga, lingkaran, pesegi panjang)
  • Menumbuhkan semangat dan ketertarikan Anak untuk belajar.
  • Anak menjadi lebih aktif dan suasana belajar lebih menyenangkan.
  • Hasil belajar Anak meningkat.
  • Hasil yang diperoleh cukup efektif karena membuat Anak lebih termotivasi untuk belajar, lebih bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, sehingga hasil belajar Anak menjadi meningkat. Dari aksi yang telah dilakukan mendapat respon positif dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat.

  • Faktor keberhasilan, adapun yang menjadi faktor keberhasilan dalam aksi yang dilakukan yaitu kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Guru, Wali murid serta peserta didik yang sangat antusias. Saran dan prasarana sekolah yang memadai untuk menjalankan aksi tersebut.

  • Pembelajaran dari keseluruhan proses adalah ketika kita menyampaikan cerita kepada anak dengan menggunakan media yang menarik dan media tersebut merupakan hal yang baru bagi anak maka motivasi belajar anak semakin meningkat

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun