[caption id="" align="alignleft" width="360" caption="mobilitas masyarakat moderen (sumber: http://www.republika.co.id)"][/caption]
Salah satu indikator nyata masyarakat moderen  adalah aktivitas dan mobiltas yang  tinggi . Perkembangan zaman menuntut manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara cepat. Sarana transportasi merupakan jawaban atas semua kebutuhan ini. Namun terkadang minimnya transportasi umum menuntut setiap orang memiliki kendaraan pribadi. Masalah kemacetan timbul ketika infrastruktur tidak lagi mampu menampung jumlah kendaraan pribadi berukuran besar. Masyarakat mencari alternatif kendaraan dengan dimensi yang lebih kecil dan gesit untuk aktivitas harian seperti bekerja. Sepeda motor menjadi pilihan karena lebih praktis dan  ekonomis. Tak heran jika sepeda motor menjadi alat transportasi favorit. Kemudahan kepemilikannya melalui lembaga pembiayaan meningkatkan permintaan pasar dari waktu ke waktu. Yamaha sebagai perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia menjawab peluang pasar dengan menghadirkan beragam varian produk sesuai kebutuhan konsumen.
Menjawab Tantangan Teknologi.
Pembakaran tidak sempurna terjadi ketika komposisi pengabutan antara bahan bakar dan udara di dalam kaburator tidak pas. Kondisi ini terjadi karena proses penghisapan bahan bakar hanya mengandalkan pergerakan piston pada silinder. Dampak nyata proses ini bagi lingkungan  menghasilkan emisi zat-zat yang berbahaya bagi lingkungan CO (Carbon Monoxide), NOx (Nitrogen Oxida / Peroxide maupun Dioxide), Total Hydrocarbon, Non-Methane Hydrocarbon. Dalam konsentrasi dan jumlah tinggi  secara langsung akan mengganggu kesehatan manusia dan memnyebabkan pemanasan global lebih cepat.
[caption id="attachment_169060" align="alignnone" width="600" caption="Yamaha V-Ixion pelopor teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) (sumber : http://www.yamaha-motor.co.id)"]
Fuel Injection dapat dianalogikan seperti tubuh manusia dengan ECU (Electronic Control Unit) berfungsi sebagai otak. ECU memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bensin pada mesin dengan volume yang tepat. Layaknya otak,  ECU mendapatkan sinyal dari sensor-sensor seperti: sensor RPM, jumlah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca yang membuat mesin menjadi efisien. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.
Teknologi YMJET-FI ( Yamaha Mixture JET-Fuel Injection ) mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan penjualan V-Ixion mencapai 766.978 unit terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga November 2011 atau setara dengan 10 kali kompetitornya. Catatan ini memposisikan V-Ixion sebagai motor sport nomor satu di tanah air.
Kepedulian Kepada Konsumen dan Masyarakat
Pada awalnya tidak mudah memperkenalkan teknologi baru kepada masyarakat. Sehingga beredar rumor  bahawa tidak sulit merawat dan memperbaiki mesin berteknologi  fuel injection. Namun sebagai perusahaan otomotif yang telah berpengalaman lebih dari 50 tahun , kondisi ini merupakan tantangan bagi Yamaha. Melalui program Yamaha Engineering School (YES) Yamaha memberikan edukasi kepada masyarakat melalui proses magang siswa SMK. Di sini siswa diperkenalkan dengan teknologi fuel injection. Dari program ini diharapkan menciptakan mekanik handal di bidang sepeda motor dan mampu memberikan pelayanan prima kepada konsumen.
[caption id="attachment_169066" align="alignright" width="400" caption="Yamaha Engineering School kepedulian terhadap dunia pendidikan (sumber: http://www.yamaha-motor.co.id)"]
Yamaha Engineering School merupakan bentuk kepedulian Yamaha kepada dunia pendidikan dengan memberi kesempatan kepada lulusan SMK mendapatkan pelatihan keterampilan. Siswa tidak hanya diperkenalkan ilmu teknis saja, tapi juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan, manajemen bengkel, customer satisfacation dan K3. Diharapakan lulusannya memiliki jiwa enterpreneur dan customer oriented. Program yang telah meluluskan 34 angkatan ini meraih Presiden Award di Jepang, sebagai program terbaik CSR (Corporate Social Responsibility) tingkat dunia, pada tahun 2006.
Kepuasaan konsumen merupakan visi utama dari Yamaha. Oleh karena itu Yamaha mencoba melahirkan teknisi kelas dunia dengan menggelar Yamaha ITGP (Indonesian Technician Grand Prix) . Merupakan  kompetisi  bagi teknisi Yamaha, dimana masing-masing teknisi  berlomba menunjukkan kemampuannya dalam hal pengetahuan dan skill teknis sepeda motor. Ajang ini telah menjadi suatu event tahunan bergengsi di kalangan teknisi, karena pesertanya dari  seluruh Indonesia.  Pemenang ajang ini diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi  World Technician Grand Prix di Jepang.
Kerja keras Yamaha memberikan yang terbaik bagi konsumen tidaklah sia-sia. Pada acara Customer Satisfication Award (ICSA) 2011, Yamaha Indonesia kembali menerima penghargaan prestisius untuk kategori sepeda motor sport dan matic terbaik. Dalam sejarah penyelenggaraan ICSA, selama delapan tahun berturut-turut Yamaha selalu meraih penghargaan. Di 2004, 2005 dan 2006 untuk kategori motor sport, lalu di 2007, 2010 dan 2011 untuk kategori motor sport dan matic serta di 2008 dan 2009 buat kategori motor bebek dan matic.
Primadona Baru
Tahun 2003 Yamaha Mio hadir di Indonesia, merupakan penerus generasi sebelumnya Yamaha Nouva sebagai motor automatic. Desainnya yang langsing dan elegance membuat Mio merebut hati konsumen dan menempatkannya sebagai primadona. Awalnya Mio membidik segmen kamu hawa sesuai dengan taqline-nya "YAMAHA MIO, Wanita Jangan Mau Ketinggalan"  Namun pada perkembangannya motor  berkekuatan mesin 113 cc juga diminati oleh laki-laki. Kemudahan mengendarai serta desain yang sporty merupakan daya tarik tersendiri membuat Mio dapat diterima oleh semua usia dan kalangan.
[caption id="attachment_169076" align="alignnone" width="576" caption="Mio J - Akankah menjadi primadona baru? (sumber: http://www.yamaha-motor.co.id)"]
Motor automatic dikenal sangat boros BBM karena masih menggunakan teknologi kaburator dalam proses pengabutannya. Kondisi ini merupakan tantangan Yamaha untuk melakukan inovasi produk. Tepat di bulan kasih sayang, Februari 2012 Yamaha memperkenalkan varian terbaru motor matic yaitu Mio J. Merupakan generasi terbaru dari Mio dengan mengusung teknologi fuel  injection yang hemat bakar dan dan ramah lingkungan. Motor dengan taqline "Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic" mampu menghemat konsumsi BBM 30% menjadikannya motor paling irit di kelasnya. Akankah Mio J menjadi primadona baru?
[caption id="attachment_169079" align="alignleft" width="386" caption="European Emission Standar untuk bensin (sumber: wikipedia)"]
Secara bertahap dan pasti Yamaha menargetkan semua produknya menggunakan teknologi FI yang ramah lingkungan sesuai dengan standar euro3 yang akan diaplikasikan di Indonesia pada Juli 2013. Standar euro3 diterapakan untuk menanggulangi pemanasan global  melalui pendekatan minimalisasi emisi zat-zat (gas) berbahaya dari kendaraan bermotor. Standar ini  ditetapkan berupa batasan-batasan maksimal terhadap zat-zat berbahaya yang bisa dihasilkan oleh emisi gas buang kendaraan.
Sesuai dengan motonya "Yamaha Semakin di Depan". Yamaha akan selalu mengedapankan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perkembangan zaman. Jika hari ini kita dapat menikmati teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dari motor sport sampai automatic. Di masa depan akan lahir banyak inovasi dari Yamaha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H