PENDAHULUAN
Â
Pendidikan adalah salah satu sarana utama dalam membentuk karakter dan moral siswa, khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Mata pelajaran ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan agama kepada siswa, tetapi juga untuk membentuk perilaku dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun, dalam kenyataannya, banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pelajaran Aqidah Akhlaq. Hal ini terlihat dari rendahnya partisipasi siswa dalam kelas serta kurangnya antusiasme mereka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan moralitas individu, termasuk dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Minat belajar siswa memainkan peran krusial dalam proses pembelajaran, karena minat yang tinggi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas V MIS Fathul Mubin Namosain Kota Kupang.
Berdasarkan observasi awal dan data yang diperoleh dari MIS Fathul Mubin Namosain Kota Kupang, ditemukan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlaq berada pada tingkat yang mengkhawatirkan. Banyak siswa yang menganggap mata pelajaran ini membosankan dan sulit dipahami karena metode pengajaran yang kurang menarik.Â
Pendapat ahli pendidikan, seperti yang diungkapkan oleh Suparno (2010), menyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Jika masalah ini dibiarkan, konsekuensi negatifnya adalah siswa akan memiliki pemahaman yang kurang mendalam tentang nilai-nilai Aqidah Akhlaq, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pembentukan karakter mereka secara keseluruhan.
Model pembelajaran Picture and Picture dipilih karena kemampuannya dalam memanfaatkan gambar sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak. Teori-teori belajar kognitif, pembelajaran visual, dan motivasi belajar menjadi landasan teoritis yang mendukung penggunaan model pembelajaran ini. Beberapa penelitian terdahulu juga telah menunjukkan efektivitas model Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar dan keterlibatan siswa.
Dengan memperhatikan gap penelitian yang masih ada, terutama pada tingkat pendidikan dasar dan khususnya kelas V, serta kekurangan penelitian yang fokus pada pengukuran minat belajar secara spesifik, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam memahami dampak penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap minat belajar siswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah model pembelajaran Picture and Picture secara signifikan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Salah satu solusi yang bisa ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Model pembelajaran Picture and Picture merupakan salah satu metode yang menggunakan gambar sebagai media utama dalam proses belajar mengajar.Â
Metode ini dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi melalui visualisasi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kota Kupang. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlaq serta minat belajar siswa pada umumnya.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya model pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta memberikan rekomendasi bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa.