Mohon tunggu...
Daffa Fadiil Shafwan Ramadhan
Daffa Fadiil Shafwan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang terpelajar harus juga belajar berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan. Itulah memang arti terpelajar itu.

Kepriyayian bukan duniaku. Peduli apa iblis diangkat jadi mantri cacar atau diberhentikan tanpa hormat karena kecurangan? Duniaku bukan jabatan, pangkat, gaji dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pan-Islamisme: Krisis Ottoman, Kolonialisme, dan Bangkitnya Solidaritas Umat Islam

2 Desember 2024   13:23 Diperbarui: 2 Desember 2024   14:21 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hassan Al-Banna (ketiga dari kiri), Aziz Ali Al-Misri dan tokoh Islam lainnya (Sumber: Wikimedia Commons)

A. Pendahuluan

Gerakan Pan-Islamisme adalah sebuah gerakan politik dan ideologis yang muncul pada akhir abad ke-19 dengan tujuan untuk menyatukan umat Islam di bawah satu kepemimpinan dan melawan pengaruh serta dominasi kolonialisme Barat. Gerakan ini berkembang di tengah situasi krisis yang dihadapi oleh dunia Islam, termasuk kemunduran Kekaisaran Ottoman, penetrasi kekuatan kolonial di Afrika dan Asia, serta kelemahan politik internal di banyak negara Muslim. 

Pan-Islamisme menjadi respons terhadap tantangan ini dengan mengusung persatuan umat Islam (ummah) sebagai solusi untuk mengembalikan kejayaan politik dan kedaulatan Islam.

B. Latar Belakang Munculnya Gerakan Pan-Islamisme

1. Kemunduran Kekaisaran Ottoman

Pada akhir abad ke-19, Kekaisaran Ottoman yang selama berabad-abad dianggap sebagai pelindung utama umat Islam berada dalam kondisi yang semakin lemah. Berbagai perang dan konflik dengan kekuatan Eropa, seperti Perang Krimea dan Perang Balkan, serta kesulitan ekonomi dan sosial di dalam negeri, membuat posisi politik Ottoman semakin terdesak. Situasi ini menimbulkan kekhawatiran akan hilangnya pusat kekuasaan Islam yang mampu melindungi umat dari ancaman eksternal.

2. Penjajahan Barat di Dunia Islam

Pada saat yang sama, kekuatan kolonial Eropa, seperti Inggris, Prancis, dan Belanda, mulai menguasai wilayah-wilayah Muslim di Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Penjajahan ini tidak hanya mencaplok sumber daya ekonomi tetapi juga mengancam identitas dan institusi Islam. Munculnya kontrol politik asing atas wilayah Muslim memicu reaksi dari intelektual dan pemimpin Islam yang melihat hal ini sebagai ancaman besar bagi keberlangsungan peradaban Islam.

3. Krisis Identitas dan Politik di Dunia Islam

Di tengah tantangan eksternal tersebut, banyak negara Muslim juga mengalami krisis internal. Konflik politik, korupsi, dan lemahnya sistem pemerintahan membuat banyak kalangan merasa bahwa dunia Islam tidak mampu menghadapi tantangan dari kekuatan Barat. Keadaan ini menciptakan kebutuhan akan sebuah gerakan yang mampu menggalang seluruh umat Islam dalam perjuangan melawan dominasi asing dan memperbaiki kondisi internal.

C. Ideologi dan Tujuan Gerakan Pan-Islamisme

1. Ideologi Pan-Islamisme

Pan-Islamisme mengusung gagasan bahwa seluruh umat Islam, meskipun terbagi dalam berbagai bangsa, bahasa, dan tradisi, adalah satu kesatuan (ummah) yang harus bersatu untuk melawan musuh bersama. Gerakan ini menekankan pentingnya solidaritas Islam (al-wahda al-islamiyya) dan persatuan di bawah kepemimpinan yang berlandaskan pada syariah.

  • Kesatuan Politik dan Religius: Pan-Islamisme berusaha untuk menggabungkan kesatuan politik dan religius, di mana Islam bukan hanya menjadi agama tetapi juga sistem politik yang mengatur kehidupan sosial dan pemerintahan. Gagasan ini berlawanan dengan nasionalisme sekuler yang berkembang di banyak negara Muslim pada saat itu.
  • Anti-Kolonialisme: Salah satu tujuan utama gerakan ini adalah perlawanan terhadap kolonialisme Barat. Para pemimpin Pan-Islamisme menganggap bahwa persatuan umat Islam adalah kunci untuk mengusir penjajah dan mengembalikan kedaulatan Islam.

2. Tujuan Pan-Islamisme

Tujuan utama Pan-Islamisme adalah untuk mengembalikan kejayaan dan kekuasaan politik umat Islam. Hal ini dilakukan melalui berbagai cara, termasuk:

  • Mempersatukan Umat Islam di Bawah Satu Kepemimpinan: Gerakan ini berupaya membentuk sebuah khilafah atau pemerintahan Islam yang dapat menyatukan umat Islam di seluruh dunia. Khalifah dianggap sebagai pemimpin politik dan spiritual yang dapat menjadi simbol persatuan Islam.
  • Mendukung Reformasi Sosial dan Keagamaan: Pan-Islamisme juga mendukung reformasi sosial dan keagamaan untuk memperkuat masyarakat Islam dari dalam. Ini termasuk reformasi dalam bidang pendidikan, hukum, dan pemerintahan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam.
  • Menghadapi Tantangan Eksternal: Gerakan ini juga bertujuan untuk menghadapi berbagai tantangan eksternal, seperti kolonialisme dan pengaruh budaya Barat, yang dianggap merusak moral dan tatanan sosial Islam.

D. Tokoh dan Pemimpin Pan-Islamisme

1. Jamaluddin Al-Afghani

Salah satu tokoh utama gerakan Pan-Islamisme adalah Jamaluddin Al-Afghani (1838-1897), seorang intelektual dan aktivis politik yang sering berpindah-pindah di berbagai negara Muslim. Al-Afghani berpendapat bahwa umat Islam harus bersatu untuk melawan penjajahan Barat dan kembali kepada ajaran Islam yang murni.

  • Pemikiran dan Aktivisme: Al-Afghani mengkritik kelemahan politik dan intelektual di dunia Islam dan mendorong umat Islam untuk melakukan perlawanan aktif terhadap kekuasaan kolonial. Ia juga mendirikan berbagai organisasi dan jurnal untuk menyebarkan gagasan Pan-Islamisme.
  • Peran di Mesir dan Iran: Al-Afghani memainkan peran penting dalam gerakan pembaruan di Mesir dan Iran. Ia menginspirasi banyak intelektual dan aktivis untuk mendukung persatuan Islam dan melawan dominasi asing.

2. Muhammad Abduh

Muhammad Abduh (1849-1905) adalah murid Jamaluddin Al-Afghani dan salah satu pemikir reformis Islam yang paling berpengaruh. Meskipun lebih fokus pada reformasi sosial dan pendidikan, Abduh mendukung gagasan persatuan Islam yang diusung oleh Al-Afghani.

  • Reformasi Sosial dan Pendidikan: Abduh mendorong reformasi dalam sistem pendidikan Islam dan penerapan hukum Islam yang lebih rasional dan sesuai dengan perkembangan zaman. Ia berpendapat bahwa reformasi ini penting untuk mengangkat derajat umat Islam dan memperkuat mereka dalam menghadapi tantangan dari Barat.
  • Hubungan dengan Pan-Islamisme: Meskipun tidak seaktif Al-Afghani dalam politik, Abduh mendukung ide persatuan Islam dan melihat reformasi sosial sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat persatuan umat.

3. Sultan Abdul Hamid II

Sultan Abdul Hamid II (1842-1918) adalah penguasa Kekaisaran Ottoman yang berusaha menghidupkan kembali ide khilafah dan menggunakan Pan-Islamisme sebagai alat politik untuk memperkuat kekuasaannya. Ia berusaha untuk menjadi pemimpin simbolis umat Islam di seluruh dunia dan membangun dukungan dari komunitas Muslim yang berada di bawah kekuasaan kolonial Barat.

  • Penggunaan Pan-Islamisme sebagai Alat Politik: Abdul Hamid II menggunakan ide Pan-Islamisme untuk mendapatkan dukungan dari komunitas Muslim di Asia Tengah, India, dan Afrika yang merasa terancam oleh kekuasaan kolonial. Ia mengirim utusan dan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Muslim dari berbagai wilayah untuk memperkuat solidaritas Islam.
  • Pengaruh di Dunia Islam: Meskipun gerakannya menghadapi banyak tantangan, upaya Abdul Hamid II membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya persatuan Islam dan menyoroti peran Ottoman sebagai pelindung umat Islam.

E. Tantangan dan Hambatan Gerakan Pan-Islamisme

1. Perbedaan Mazhab dan Kepentingan Nasional

Salah satu hambatan terbesar bagi gerakan Pan-Islamisme adalah perbedaan mazhab antara Sunni dan Syiah, serta kepentingan nasional yang berbeda di berbagai negara Muslim. Meskipun gerakan ini berusaha untuk menyatukan umat Islam, perbedaan-perbedaan ini sering kali menghambat upaya tersebut.

  • Ketegangan Sunni-Syiah: Meskipun beberapa tokoh Pan-Islamisme seperti Jamaluddin Al-Afghani berusaha mengatasi perbedaan ini, ketegangan antara Sunni dan Syiah tetap menjadi masalah yang serius. Banyak ulama Sunni dan Syiah yang tidak sepakat dengan gagasan persatuan di bawah satu khilafah, terutama jika itu berarti mengorbankan keunikan teologis masing-masing mazhab.
  • Kepentingan Nasional: Kepentingan nasional dari berbagai negara Muslim sering kali lebih dominan daripada kepentingan Pan-Islamisme. Banyak pemimpin politik yang enggan mendukung gerakan Pan-Islamisme jika itu berarti mengorbankan kedaulatan atau kepentingan nasional mereka.

2. Pengaruh Kolonialisme dan Kekuasaan Barat

Kekuatan kolonial Eropa secara aktif berusaha untuk mencegah munculnya gerakan Pan-Islamisme yang kuat. Mereka melihat persatuan Islam sebagai ancaman potensial bagi kekuasaan mereka di wilayah-wilayah Muslim.

  • Pemisahan dan Pengendalian: Kekuatan kolonial menggunakan strategi divide et impera (memecah belah dan menguasai) untuk mencegah persatuan umat Islam. Mereka mendukung kekuatan-kekuatan lokal yang bersedia bekerja sama dengan mereka dan menindas gerakan-gerakan yang dianggap mengancam kekuasaan kolonial.
  • Propaganda Anti-Pan-Islamisme: Barat menggunakan propaganda untuk menggambarkan gerakan Pan-Islamisme sebagai gerakan fanatik dan berbahaya. Mereka berusaha untuk melemahkan dukungan bagi gerakan ini dengan menekankan perbedaan-perbedaan internal di kalangan umat Islam.

F. Warisan dan Pengaruh Gerakan Pan-Islamisme

1. Pengaruh Terhadap Nasionalisme Islam

Gerakan Pan-Islamisme memberikan inspirasi bagi banyak gerakan nasionalis Islam pada abad ke-20. Banyak tokoh nasionalis di dunia Muslim yang menggunakan gagasan persatuan Islam untuk melawan kolonialisme dan membangun negara-negara Islam yang merdeka.

  • Pergerakan Kemerdekaan: Di India, Mesir, dan Indonesia, gagasan Pan-Islamisme membantu memobilisasi dukungan untuk gerakan kemerdekaan. Pemimpin-pemimpin seperti Muhammad Iqbal di India dan Sukarno di Indonesia terinspirasi oleh gagasan Pan-Islamisme dalam perjuangan mereka untuk mencapai kemerdekaan.
  • Pembentukan Negara Islam: Ide-ide Pan-Islamisme juga mempengaruhi pembentukan negara-negara dengan dasar Islam, seperti Pakistan yang didirikan sebagai negara bagi umat Islam di anak benua India.

2. Pengaruh pada Gerakan Islam Modern

Banyak gerakan Islam modern yang terinspirasi oleh gagasan Pan-Islamisme, terutama dalam upaya untuk membangun kembali persatuan politik umat Islam. Organisasi seperti Ikhwanul Muslimin di Mesir dan Jamaat-e-Islami di Pakistan mendukung gagasan tentang persatuan Islam dan penerapan syariah sebagai dasar negara.

  • Pembentukan Organisasi Internasional: Gerakan Pan-Islamisme juga menginspirasi pembentukan organisasi internasional seperti Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang bertujuan untuk mempromosikan solidaritas di antara negara-negara Muslim.
  • Pengaruh pada Gerakan Militan: Dalam beberapa kasus, gagasan Pan-Islamisme juga digunakan oleh kelompok-kelompok militan untuk membenarkan perjuangan bersenjata melawan apa yang mereka anggap sebagai penindasan terhadap umat Islam, baik oleh pemerintah sekuler maupun kekuatan asing.

G. Kesimpulan

Gerakan Pan-Islamisme adalah respons terhadap krisis politik, sosial, dan kultural yang dihadapi oleh dunia Islam pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Meskipun menghadapi banyak tantangan, gerakan ini berhasil meningkatkan kesadaran tentang pentingnya persatuan Islam dan memberikan inspirasi bagi berbagai gerakan reformis dan nasionalis di dunia Muslim. Warisan Pan-Islamisme masih terasa hingga hari ini, baik dalam bentuk gerakan politik dan sosial, maupun dalam diskusi tentang identitas dan masa depan umat Islam.

Referensi

Brnner, R. Islamic Ecumenism In The 20th Century: The Azhar And Shiism Between Rapprochement And Restraint. Social, economic, and political studies of the Middle East and Asia. Brill, 2004. https://books.google.co.id/books?id=jH5PyxCkeUkC.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun