Mohon tunggu...
Daffa Fadiil Shafwan Ramadhan
Daffa Fadiil Shafwan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fresh Graduate Sarjana Hukum di UPN Veteran Jakarta

"Kepriyayian bukan duniaku. Peduli apa iblis diangkat jadi mantri cacar atau diberhentikan tanpa hormat karena kecurangan? Duniaku bukan jabatan, pangkat, gaji dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya," ungkap Pramoedya A. Toer dalam Tetralogi Buru.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yerusalem 637 M: Perjanjian Umar & Harmoni Antaragama

3 Januari 2025   19:00 Diperbarui: 20 November 2024   21:22 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bukit Bait Suci (Baitul Maqdis) (Sumber gambar: End Time Headlines)

Signifikansi Perjanjian Umar dalam Konteks Sejarah

Pembebasan Yerusalem yang terjadi pada tahun 637 M di bawah kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab tidak hanya menjadi momen politik yang penting bagi umat Islam, tetapi juga momen yang monumental dalam sejarah toleransi beragama. 

Perjanjian Umar, yang ditandatangani antara umat Islam dan komunitas Kristen Yerusalem, menjadi salah satu perjanjian paling progresif pada zamannya, bahkan tak terbandingi hingga sekarang.

Sebagai perbandingan, dalam penaklukan sebelumnya oleh Kekaisaran Persia yang menyembah "api" atas Bizantium pada tahun 614 M, penaklukan tersebut diikuti oleh pembantaian besar-besaran terhadap penduduk Yerusalem. Demikian pula, ketika pasukan Salib merebut Yerusalem dari tangan Muslim pada tahun 1099 M, kota tersebut kembali menjadi saksi pembantaian besar yang mengorbankan banyak nyawa, yang dilakukan oleh pasukan Salib yang bengis.

Namun demikian, di bawah kepemimpinan Khalifah Umar, tidak ada kekerasan atau pembantaian yang terjadi. Penduduk Yerusalem, terutama umat Kristiani, diberi kebebasan untuk menjalankan agama mereka sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan teladan Nabi Muhammad dalam Hadis Shahih (As-Sunnah).

Kebebasan Beragama yang Dijamin dalam Perjanjian Umar

Isi utama Perjanjian Umar mencakup jaminan kebebasan beragama bagi umat Kristen di Yerusalem. Sebagian besar isi dari perjanjian ini berisi jaminan keamanan kepada penduduk lokal bahwa tempat-tempat peribadatan mereka tidak akan dirusak atau dihancurkan, dan mereka bebas untuk menjalankan tradisi keagamaan mereka di Yerusalem. Prinsip ini sejalan dengan ajaran Islam yang termaktub dalam Al-Qur'an, seperti dalam Surah Al-Baqarah ayat 256, yang menyatakan bahwa tidak ada paksaan dalam agama.

Dengan berkembangnya waktu, muncul kontroversi mengenai satu klausul dalam perjanjian yang diduga melarang komunitas Yahudi untuk menetap di Yerusalem. Akan tetapi, keaslian klausul ini langsung diperdebatkan oleh para sejarawan, mengingat tindakan Khalifah Umar yang justru mendukung keberadaan Yahudi untuk menetap di Yerusalem.

Khalifah Umar terbukti telah mengizinkan umat Yahudi untuk beribadah di lokasi-lokasi suci mereka, seperti Temple Mount (Bukit Bait Suci) dan Tembok Ratapan (Wailing Wall), yang sebelumnya dilarang oleh Kekaisaran Bizantium.

Selain itu, dibuktikan pula dengan adanya salah satu pemandu asal Yerussalem, yang menjadi tour guide Khalifah Umar selama kunjungannya ke Yerusalem. Pemandu itu adalah seorang Yahudi yang bernama Ka'ab Al-Ahbar---sebelum akhrinya ia menerima hidayah Islam dan bersyahadat---yang menambah bukti bahwa kebijakan Khalifah Umar terhadap Yahudi bersifat toleran.

Dampak Perjanjian Umar terhadap Hubungan Muslim-Kristen

Perjanjian Umar menjadi preseden penting dalam dinamika hubungan di antara umat Islam dan komunitas Kristen di wilayah bekas Kekaisaran Bizantium. Ketentuan perjanjian tersebut menetapkan bahwa hak-hak komunitas yang ditaklukkan (dalam hal ini Kristen dan Yahudi), termasuk penganut agama minoritas di sana, harus dilindungi. Larangan pengonversian agama secara paksa menjadi prinsip utama yang menandai pemerintahan Islam pada periode ini.

Dalam konteks politik dan sosial, perjanjian ini kemudian berhasil menciptakan stabilitas dan keharmonisan di Yerusalem. Penduduk lokal, baik Kristen maupun Yahudi, yang sebelumnya mengalami tekanan di bawah pemerintahan Bizantium, bersuka-cita dengan kedatangan Islam, karena mereka menemukan bentuk pemerintahan baru yang jauh lebih adil. Hal ini memperkuat legitimasi pemerintahan Islam di wilayah tersebut dan mendorong integrasi sosial yang lebih efektif, harmonis, dan madani.

Perbandingan dengan Praktik Penaklukan Lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun