Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Press Release & Cara Membuatnya

6 Januari 2023   13:59 Diperbarui: 6 Januari 2023   14:01 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hazmi Fitriyasa (Srondol) di PWI Sulsel, saya (kiri) moderator, pengurus PWI (kanan) di Makassar (foto dok Nur Terbit)

Apa Itu Press Release dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Tulisan ini awalnya saya jadikan status di laman Facebook (FB) saya @ Nur Terbit. Belakangan banyak yang respon. Jadi saya tulis lagi yang lebih panjang di Kompasiana ini.

Hampir setiap saat email saya menerima pesan press release (siaran pers) dari PR (Humas) perusahaan. Mungkin maksudnya untuk dimuat di media yang saya kelola. 

Karena sudah berkali-kali dapat email seperti itu, sekalian saya tawarkan saja untuk kerja sama hahaha... Bukankah itu solusi terbaik, dari pada mereka kirim press release dan hanya "menuh-menuhin" email saya? Iya nggak?

Celakanya, si pengirim email press release belum juga menjawab tawaran saya. Yang terjadi, si PR ini masih terus saja mengirim email ke saya. Dia gak capek-capek ngirim email, tapi saya sudah mulai bosan menerima emailnya

****

Menjawab email dari PR perusahaan yang ngirim press release (repro Nur Terbit)
Menjawab email dari PR perusahaan yang ngirim press release (repro Nur Terbit)

Apa itu press release atau siaran pers? Ada beberapa definisi dan teori. Tapi intinya adalah sebuah tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media. 

Tujuannya untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita, tentu dengan maksud, agar terpublikasi di media massa, seperti yang saya terima melalui email.

Dalam beberapa artikel, juga disebutkan bahwa press release merupakan salah satu kegiatan dari humas (hubungan masyarakat), PR (public relation) untuk mempublikasikan lembaga melalui media massa. 

Adapun pengertian press release, selengkapnya seperti di bawah ini.

* Press release adalah suatu alat yang umumnya berupa tulisan, foto, atau video, yang digunakan untuk menyampaikan produk atau citra perusahaan.

* Press relase ialah pemberian informasi yang dilakukan oleh Public Relation kepada khalayak umum dalam bentuk tulisan. 

* Menurut M. Fikri Akbar, dkk dalam buku Public Relations (2021), press release adalah informasi yang dibuat serta disusun oleh PR suatu industri.

* Press Release adalah bentuk publikasi yang disediakan perusahaan untuk media tentang informasi dari kegiatan perusahaan. 

* Press release adalah tempat untuk memberikan info -- info, berita, ataupun kegiatan -- kegiatan yang lainnya melalui siaran pers, media rilis, dan lain-lain. 

* Press release adalah pengumuman resmi dari organisasi, perusahaan, baik tertulis maupun berbentuk rekaman.

Memberi materi di daerah Sengkang, Wajo, Sulsel. Saya berdiri kedua dari kiri (foto dok pribadi Nur Terbit)
Memberi materi di daerah Sengkang, Wajo, Sulsel. Saya berdiri kedua dari kiri (foto dok pribadi Nur Terbit)

*****

Press release yang berisi informasi tentang perusahaan, institusi, organisasi tersebut, kemudian dikemas dalam bentuk berita lalu dikirim ke pengelola pers, atau redaksi media massa agar dapat dipublikasikan di media mereka.

Karenana, press release dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai perusahaan. Salah satu contoh, ya press release yang diterbitkan perusahaan yang dikirim melalui email saya.

Lazimnya, public relation dari sebuah perusahaan, kerap mengandalkan iklan koran untuk mengabarkan apa yang terjadi di dalam perusahaan.

Komunitas blogger kerja sama PWI Cab Sulsel gelar pelatihan menulis di Makassar (foto dok Nur Terbit)
Komunitas blogger kerja sama PWI Cab Sulsel gelar pelatihan menulis di Makassar (foto dok Nur Terbit)

Sekali waktu, saya diajak teman -- Dr Rully Nasrullah M.Si (Kang Arul) menemani memberikan materi untuk acara pelatihan tentang manfaat bermedia sosial terkait isu gempa bumi di daerah rawan gempa.

Kamipun lalu keliling ke beberapa daerah, bekerja sama organisasi pemuda NU (Nahdlatul Ulama) dan BNPBD (Badan Nasional Penanganan Bencana Daerah). Pesertanya adalah anak milenial, kelompok usia yang paling banyak menggunakan media sosial.

Namun karena di antara peserta juga ada dari kalangan Humas dan instansi pemerintah, maka saya yang semula hanya "pendamping" kemudian diberi sesi tersendiri untuk memberikan materi bagaimana membuat press release.

Ketika itulah sebagai wartawan, saya kemudian berbagi pengalaman di lapangan. Setidaknya saat menerima press release untuk media tempat saya bekerja. 

Hazmi Fitriyasa (Srondol) di PWI Sulsel, saya (kiri) moderator, pengurus PWI (kanan) di Makassar (foto dok Nur Terbit)
Hazmi Fitriyasa (Srondol) di PWI Sulsel, saya (kiri) moderator, pengurus PWI (kanan) di Makassar (foto dok Nur Terbit)

Adapun cara praktis dalam membuat press release, antara lain:

* Pilih topik yang relevan dan layak diberitakan. 

* Tulis judul yang menarik. ...

* Gunakan kutipan yang menarik perhatian. .

* Cantumkan informasi-informasi penting sesuai tujuan press release. 

* Tulis press release dengan singkat. 

* Tetap perhatikan SEO. 

* Cantumkan nomor telpon pengirim yang bisa dihubungi.

Dari struktur naskah press release tersebut, kurang lebih sama seperti struktur naskah berita, yakni judul (head), teras (lead), serta isi (body).

Judul (head) press release harus mewakili isi di dalam artikel, atau berita yang akan disampaikan. 

Teras berita (lead) Sementara pada bagian teras berita, cara menulis siaran pers yang benar, mengedepankan subjek dengan menanggapi persoalan. 

Isi berita atau badan berita (body text) menceritakan seluruh pesan, program bahkan promosi dari perusahaan dan pencapaian organisasi atau institusi pengirim press release.

*****

Kegiatan pelatihan kami ada rekam jejaknya di Google (repro Nur Terbit)
Kegiatan pelatihan kami ada rekam jejaknya di Google (repro Nur Terbit)

Apakah press release termasuk berita? Tentu ada yang bertanya seperti itu. Iya, press release bisa juga disebut sebagai siaran pers ataupun press rilis.

Sederhananya, penafsiran press release merupakan sebuah berita untuk surat kabar ataupun media massa. 

Google sendiri mengartikan press release sebagai penyataan formal yang berisi permasalahan tertentu untuk media massa.

Adapun perbedaan antara news release dan press release, adalah press release merupakan berita tentang perusahaan (individu, kegiatan, pelayanan atau produk). Berita dikirimkan atau disiarkan ke media (pers), sehingga disebut news release.

Demikian sekedar berbagi pengalaman sebagai praktisi media, yang sering menerima press release. Semoga bermanfaat. Salam.

Nur Terbit 

Di bawah ini video YouTube kegiatan pelatihan saya di daerah. Semoga bermanfaat.

https://youtu.be/iVd0QYYzNYA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun