Apa Itu Press Release dan Bagaimana Cara Membuatnya?
Tulisan ini awalnya saya jadikan status di laman Facebook (FB) saya @ Nur Terbit. Belakangan banyak yang respon. Jadi saya tulis lagi yang lebih panjang di Kompasiana ini.
Hampir setiap saat email saya menerima pesan press release (siaran pers) dari PR (Humas) perusahaan. Mungkin maksudnya untuk dimuat di media yang saya kelola.Â
Karena sudah berkali-kali dapat email seperti itu, sekalian saya tawarkan saja untuk kerja sama hahaha... Bukankah itu solusi terbaik, dari pada mereka kirim press release dan hanya "menuh-menuhin" email saya? Iya nggak?
Celakanya, si pengirim email press release belum juga menjawab tawaran saya. Yang terjadi, si PR ini masih terus saja mengirim email ke saya. Dia gak capek-capek ngirim email, tapi saya sudah mulai bosan menerima emailnya
****
Apa itu press release atau siaran pers? Ada beberapa definisi dan teori. Tapi intinya adalah sebuah tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media.Â
Tujuannya untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita, tentu dengan maksud, agar terpublikasi di media massa, seperti yang saya terima melalui email.
Dalam beberapa artikel, juga disebutkan bahwa press release merupakan salah satu kegiatan dari humas (hubungan masyarakat), PR (public relation) untuk mempublikasikan lembaga melalui media massa.Â
Adapun pengertian press release, selengkapnya seperti di bawah ini.
* Press release adalah suatu alat yang umumnya berupa tulisan, foto, atau video, yang digunakan untuk menyampaikan produk atau citra perusahaan.
* Press relase ialah pemberian informasi yang dilakukan oleh Public Relation kepada khalayak umum dalam bentuk tulisan.Â
* Menurut M. Fikri Akbar, dkk dalam buku Public Relations (2021), press release adalah informasi yang dibuat serta disusun oleh PR suatu industri.
* Press Release adalah bentuk publikasi yang disediakan perusahaan untuk media tentang informasi dari kegiatan perusahaan.Â
* Press release adalah tempat untuk memberikan info -- info, berita, ataupun kegiatan -- kegiatan yang lainnya melalui siaran pers, media rilis, dan lain-lain.Â
* Press release adalah pengumuman resmi dari organisasi, perusahaan, baik tertulis maupun berbentuk rekaman.
*****
Press release yang berisi informasi tentang perusahaan, institusi, organisasi tersebut, kemudian dikemas dalam bentuk berita lalu dikirim ke pengelola pers, atau redaksi media massa agar dapat dipublikasikan di media mereka.
Karenana, press release dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai perusahaan. Salah satu contoh, ya press release yang diterbitkan perusahaan yang dikirim melalui email saya.
Lazimnya, public relation dari sebuah perusahaan, kerap mengandalkan iklan koran untuk mengabarkan apa yang terjadi di dalam perusahaan.
Sekali waktu, saya diajak teman -- Dr Rully Nasrullah M.Si (Kang Arul) menemani memberikan materi untuk acara pelatihan tentang manfaat bermedia sosial terkait isu gempa bumi di daerah rawan gempa.
Kamipun lalu keliling ke beberapa daerah, bekerja sama organisasi pemuda NU (Nahdlatul Ulama) dan BNPBD (Badan Nasional Penanganan Bencana Daerah). Pesertanya adalah anak milenial, kelompok usia yang paling banyak menggunakan media sosial.
Namun karena di antara peserta juga ada dari kalangan Humas dan instansi pemerintah, maka saya yang semula hanya "pendamping" kemudian diberi sesi tersendiri untuk memberikan materi bagaimana membuat press release.
Ketika itulah sebagai wartawan, saya kemudian berbagi pengalaman di lapangan. Setidaknya saat menerima press release untuk media tempat saya bekerja.Â
Adapun cara praktis dalam membuat press release, antara lain:
* Pilih topik yang relevan dan layak diberitakan.Â
* Tulis judul yang menarik. ...
* Gunakan kutipan yang menarik perhatian. .
* Cantumkan informasi-informasi penting sesuai tujuan press release.Â
* Tulis press release dengan singkat.Â
* Tetap perhatikan SEO.Â
* Cantumkan nomor telpon pengirim yang bisa dihubungi.
Dari struktur naskah press release tersebut, kurang lebih sama seperti struktur naskah berita, yakni judul (head), teras (lead), serta isi (body).
Judul (head) press release harus mewakili isi di dalam artikel, atau berita yang akan disampaikan.Â
Teras berita (lead) Sementara pada bagian teras berita, cara menulis siaran pers yang benar, mengedepankan subjek dengan menanggapi persoalan.Â
Isi berita atau badan berita (body text) menceritakan seluruh pesan, program bahkan promosi dari perusahaan dan pencapaian organisasi atau institusi pengirim press release.
*****
Apakah press release termasuk berita? Tentu ada yang bertanya seperti itu. Iya, press release bisa juga disebut sebagai siaran pers ataupun press rilis.
Sederhananya, penafsiran press release merupakan sebuah berita untuk surat kabar ataupun media massa.Â
Google sendiri mengartikan press release sebagai penyataan formal yang berisi permasalahan tertentu untuk media massa.
Adapun perbedaan antara news release dan press release, adalah press release merupakan berita tentang perusahaan (individu, kegiatan, pelayanan atau produk). Berita dikirimkan atau disiarkan ke media (pers), sehingga disebut news release.
Demikian sekedar berbagi pengalaman sebagai praktisi media, yang sering menerima press release. Semoga bermanfaat. Salam.
Di bawah ini video YouTube kegiatan pelatihan saya di daerah. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H