Ada yang pernah mengalami hal seperti gambar di atas nggak? Aku waktu tanggal 9 Mei 2018 ceritanya diminta update Apple Watch, ya sudah langsung update, karena biasanya juga begitu.
Eh tetiba setelah rada lumayan lama proses updatenya berjalan, muncul "!" warna merah. Langsung mikir, yah rusak dah ini. Mana Apple Watch ini sudah hampir 2 tahun, jadi sudah lewat masa garansi.
Berhubung kejadiannya jam 8 pagi, jadi kalau menghubungi iBox, pasti belum bisa. Akhirnya cari-cari info di Google. Dan ada info dari laman supportapple.com, sudah melakukan seperti yang disarankan, tapi tidak ada perubahan. Bila tidak ada perubahan disuruh hubungi dukungan Apple.Â
Mau mengisi form yang diminta itu kok aku masih ragu, takut biayanya gede. Secara produk Apple kagak ada yang murah. Itu aja waktu beli jam karena lagi ada cashback sejuta dan bisa dicicil 0% selama 12 bulan.
Jadilah cari-cari info lain dulu. Nah banyak banget tulisan yang bilang itu ada sparepart yang harus diganti dan harganya mahal banget. Ada yang nawarin service lewat tokonya dengan biaya yang jauh lebih murah.
Setelah menimbang, mengingat, memperhatikan dan memutuskan ketauan coba lapor via laman supportapple.com. Dan nggak nyangka begitu terkirim, langsung diemail. Terus tiba-tiba ada telepon masuk dari +65. Sempet mikir ini kok ada telepon dari Singapura pagi-pagi. Pas diangkat ternyata dari Apple.
Eh pas dia ngomong, aku nggak paham dong. Dan teknisinya pun nggak paham dengan omongan aku. Sepertinya lebih mudah dipahami pakai bahasa Inggris. Perasaan kalau nonton Upin Ipin paham deh. (hihihi). Untungnya CS yang tadi pakai bahasa Indonesia tetap online, jadi dia yang terjemahin.
Kemudian setelah tau masalahnya, teknisinya nanya, "apakah jamnya pernah jatuh atau masuk air?" Aku jawab, "nggak pernah." Terus dia tanya lagi, "apakah masih mulus?" Tentunya masih mulus.Â
Terus dengan santainya teknisinya bilang, "kalau begitu silahkan bawa ke Service Center Apple terdekat dan kami bebaskan dari segala biaya." Wah seneng banget, nggak perlu bayar.
Aku pun mutusin ke iBox Central Park pada tanggal 11 Mei 2018. Begitu sampai di sana kudu ambil antrean. Lumayan juga ngantrenya lama. Pas sampai giliran aku, teknisinya tanya, "masalahnya apa?" Karena aku sudah lapor via dukungan Apple, jadi aku kasih ID kasus-nya saja.
Akhirnya tanggal 1 Juni 2018, maksa temen untuk buka puasa bareng, biar sekalian ngambil Apple Watch. Dan begitu sampai Service Center Apple, antreannya lumayan banyak, tapi untung teknisinya ada 3 orang, jadi cepet juga dipanggilnya.
Demikianlah sedikit berbagi pengalaman tentang masalah Apple Watch. Siapa tau ada yang mengalaminya juga, biar nggak panik dan segera menghubungi pihak dukungan Apple.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H