Hallo!
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Perkenalkan saya Cynthia Gema Lestari, Guru Produktif Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Ciomas.
Saya sedang menjalani Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022.
Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang sudah saya implementasikan dalam pembelajaran praktik baik pada Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Ciomas .
Pengalaman saya meng-implementasikan Project Based Learning akan saya tuangkan dalam cerita praktik baik (Best Practice)Â dengan menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi, Hasil dan Dampak).
Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mempunyai karakteristik pembelajaran berbasis proyek dengan konsep  student centered. Disini peserta didik mempunyai keputusan tentang sebuah kerangka kerja untuk menentukan solusi atau permasalahan yang telah diajukan. Project Based Learning (PjBL) adalah model sapu jagat (serba ada/serba bisa) yang melibatkan pembelajaran kontekstual,investigasi/inkuiri, dan problem solving yang akan berdampak sangat baik untuk kompetensi peserta didik secara keseluruhan (sikap, pengetahuan, dan keterampilan).
Situasi :
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Latar Belakang Masalah :