Mohon tunggu...
Clara Putri Ignasia Selu
Clara Putri Ignasia Selu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Saya memiliki hobi bernyanyi dan menari.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Survei Kepuasan Konsumen terhadap Penggunaan Bodylotion pada Masyarakat Umum

3 Januari 2024   00:15 Diperbarui: 3 Januari 2024   00:16 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SURVEY KEPUASAN KOSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN BODY LOTION PADA MASYARAKAT UMUM 

Clara Putri I Selu, Graendycs Viviana May, Widyaningrum P, Laela Septiyani, Juni Immanulata Ogoney

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

claraselu@gmail.com 

 ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada hasil dari mengetahui tingkat kepuasan konsumen bodylotion. Umumnya bodylotion digunakan untuk mempercantik dan memperhalus kulit tubuh yang mayoritas adalah penggun wanita. Penelitian ini menggunakan responden masyarakat umum dengan jumlah total subjek 50 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi komparatif. Dari hasil survei dengan 50 responden, bodylotion Marina memiliki minat paling banyak sebesar 18 konsumen penggunaan bodylotion tersebut.

Kata Kunci: kepuasan konsumen, bodylotion

ABSTRACT

This research focuses on the results of knowing the level of satisfaction of bodylotion consumers. Generally, body lotion is used to beautify and soften the skin of the body, the majority of which are female users. This research used general public respondents with a total number of subjects of 50 respondents. The method used in this research is qualitative with a comparative description approach. From the results of a survey with 50 respondents, Marina bodylotion had the most interest from 18 consumers in using this bodylotion.

Keywords: consumers satisfaction, bodylotion

Pendahuluan 

            Setiap individu pastinya ingin selalu menampilkan tampilan yang menarik serta  wangi sebagai bentuk dari menunjukkan rasa kepercayaan diri dalam kehidupan sehari hari (Baisyir, 2021). Rasa kepercayaan diri inilah yang membuat individu untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan menambah motivasi dalam melakukan pekerjaan serta cara berpikir. Penampilan merupakan prioritas utama bagi wanita. Produk perawatan wajah dan tubuh menjadi salah satu kebutuhan paling terpenting untuk mempercantik diri. Oleh karena itu, wanita akan mengupayakan segala cara agar penampilan mereka tetap menarik. Yaitu dengan cara menggunakan produk perawatan tubuh. Salah satu produk perawatan tubuh yang banyak digunakan wanita Indonesia adalah bodylotion.

            Bodylotion adalah salah satu produk perawatan tubuh yang sangat populer diberbagai negara, salah satunya di Indonesia. Terdapat banyak sekali produk bodylotion dengan merek yang berbeda (Candra, 2023). Produk ini sangat cocok dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Bodylotion ini memiliki manfaat yang dapat melembabkan kulit,  serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mencerahkan kulit. Dalam penelitian Candra, 2023 menyebtkan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index 2020-2021 mendapat temuan, tentang arti " cantik " dari sekitar 6.000 wanita yang menjadi responden, hasil menunjukkan di tahun 2020 ada sebanyak 60% dan ditahun 2021 ada sebanyak 82,5% yang beranggapan bahwa cantik berarti memiliki kulit cerah dan glowing.

            Semakin tinggi persentase bahwa cantik berarti memiliki kulit yang cerah, maka akan semakin tinggi persaingan terhadap produk bodylotion dan akan semakin tinggi pula tingkat loyalitas yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh Wahyuni & Ramadani (dalam Kusuma & Yuniawan, 2010) mengatakan bahwa ada banyak faktor yang membuat konsumen loyal dikarenakan adanya kepuasan pelanggan terhadap produk.

            Menurut Brown (dalam Dwiastuti, 2012) kepuasan konsumen adalah suatu kondisi dimana kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa, sesuai atau terpenuhi dengan penampilan dari produk dan jasa. Kepuasan konsumen terhadap produk dapat meningkatkan intensitas penjualan serta pembelian produk terhadap suatu perusahaan (Novianti dkk, 2020). Kepuasan konsumen juga menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan suatu perusahaan. Untuk itu, kepuasan konsumen terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap meningkatnya pengahasilan suatu perusahaan (Oktaviani dkk, 2021).

            Berdasarkan penjelasan yang disampaikan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen bodylotion pada masyarakat umum di Kota Yogyakarta.

 

Metode 

Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Sumber data yang diambil dari penelitian ini yaitu kuisioner dari google form. Peneliti juga menggunakan media google form untuk mendapatkn jawaban dari responden yang digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswi Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis data dari penelitian ini dengan cara menelusuri dan menyusun serta mendeskripsikan kembali secara runtut data yang telah didapatkan dari google form dan wawancara. Data yang diginakan didalam teknis analisis penelitian ini berstruktur runtut dimulai dari mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang telah didapatkan.

Distribusi Pemilihan Alternatif Jawaban 

Pada Kuisoner yang disebarkan, responden/subjek mengisi data diri berupa nama, jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan suku. Selain itu, responden juga mengisikan pendapatan bulanan mereka bagi yang bekerja dan uang saku bagi para pelajar/mahasiswa. Hal ini bisa menyebabkan keberagaman hasil dari survei saat ini.

Pada kuisoner penelitian ini ini, peneliti melakukan survei mengenai penggunaan body lotion dan alasan memilih body lotion tersebut. Dalam survei ini, responden diberikan 6 opsi yaitu menggunakan body lotion citra, marina, scarlett, nivea, shinzui, dan vaseline, setelah memilih produk yang digunakan responden juga memberikan alasan yang membuat responden/ subjek memilih body lotion tersebut untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan penggunan bodi lotion dan kepuasanan menggunakan body lotion. Berdasakan faktor perilaku, hal ini akan megakibatkan keberagaman responden dalam menjawab.

Data pribadi dalam kuisoner ini bertujuan untuk mengatahui dan mengkatogorikan kepuasan penggunan body lotion. Karena usia, suku, jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan dapat mempengaruhi penggunaan produk body lotion dalam memberi penilaian terhadap kepuasan menggunakan body lotion. Banyak hal-hal yang yang bisa di jadikan alasan dalam penggunaan lotion, maka dari itu peneliti juga memberikan tempat untuk mengisi alasan lain responden menggunakan lotion tersebut.

Hasil dan Pembahasan 

Dari hasil survei dengan respoden 50 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki  dan 41 perempuan, mahasiswa dan pekerja dengan rentang  usia 17 tahun hingga 30 tahun. Dari hasil survei menunjukan penggunaan paling banyak ialah merek body lotion Marina ( 18 pengguna), Vaseline (16 pengguna), Scarlett (14 pengguna), Nivea ( 12 pengguna), Citra ( 8 pengguna) dan merek body lotion yang sedikit pengguna ialah Shinzui (6 pengguna). Dengan hasil presentase tersebut didapatkan beberapa alasan mengapa respoden / subjek memilih body lotion Marina dari beberapa pilihan body lotion yang ada, antara lain karena cocok dikulit, wangi, hasil yang memuaskan serta harganya yang cukup murah dan cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan 50 responden. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk lotion yang paling banyak dipilih oleh responden yaitu body lotion Marina. Hal tersebut dibuktikan dengan presantase 18 pengguna yang memilih body lotion marina. Kepuasan tersebut dapat dilihat dari alasan responden/subjek memilih menggunakan body lotion yaitu karena cocok dengan kulit, wangi, hasil yang memuaskan dan harganya yang cukup serta harnya yang cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Hal ini sesuai dengan  pernyataan (Soemanagara; 2006;76) bahwa perilaku konsumen yang didasarkan pada pertimbangan beralasan disebut sebagai konsumsi rasional. Faktor-faktor berikut menjadi dasar pertimbangan, pembelian dapat dikatakan rasional:

a. Produk tersebut mampu memberikan kegunaan optimal (optimumutility) bagi konsumen yang mencakup kualitas dari produk tersebut.

b. Produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.

c. Mutu produk terjamin yang dimiliki produk tersebut yang mana konsumen mengukur berdasarkan desain dan fitur produk tersebut.

d. Harga terjangkau dan sesuai dengan kemampuan konsumen yang membeli.

Terdapat juga berbagai faktor yang menjadi pendukung dalam kepuasan masyarakat terhadap penggunaan Body Lotion, yaitu:

  • Faktor Sosial
  • Perilaku konsumen yang didapat dari hasil survei dengan responden dalam mengambil keputusan pembelian produk body lotion disebabkan oleh faktor sosial. Faktor sosial merupakan perilaku seorang konsumen yang dipengaruhi oleh kelompok acuan dan keluarga.
  • Kelompok Acuan: perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dikarenakan adanya saran dari teman, pacar, influencer. Kelompok acuan tersebut pernah menggunakan produk body lotion marina dan menerima manfaat dari produk tersebut yaitu efektif mencerahkan dan memutihkan serta cocok untuk kulit kering. Sehingga kelompok acuan tersebut memberikan saran kepada narasumber untuk menggunakan produk body lotion Marina, karena manfaat yang didapat dari menggunakan produk body lotion Marina tersebut bagus dan sesuai dengan ekspektasi. Dari rekomendasi dan saran kelompok acuan tersebut muncullah minat beli konsumen terhadap produk body lotion Marina.
  • Faktor Harga
  • Perilaku konsumen dalam mengambil keputusan membeli produk body lotion, disebabkan karena adanya kesesuaian ekspektasi konsumen dengan harga yang dibayarkan atau dalam kata lain terjangkau. Terjangkau dapat diartikan dalam 3 (tiga) hal yaitu:
  • Konsumen memilih karena isi produk body lotion Marina yang banyak dan dapat tahan lama, sehingga harganya terasa terjangkau.
  • Konsumen memilih karena sudah merasakan manfaat hasil yang didapat dari menggunakan produk body lotion Marina yaitu cocok di kulit, dapat memutihkan dan memuaskan konsumen, sehingga sebanding dengan harga.
  • Harga sesuai dengan kemampuan budget konsumen, dimana latar belakang setiap narasumber berbeda-beda, banyak responden yang berstatus mahasiswa sehingga lebih memilih membeli produk yang dapat disesuaikan dengan kemampuan membayar.
  • Faktor Produk
  • Perilaku Konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk body lotion oleh faktor produk yaitu:
  • Produk tersebut mampu memberikan kegunaan optimal (optimum utility) bagi konsumen yang mencakup kualitas dari produk tersebut.
  • Produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.
  • Mutu produk terjamin yang dimiliki produk tersebut yang mana konsumen mengukur berdasarkan desain dan fitur produk tersebut.

Faktor produk dalam perilaku konsumen mengambil keputusan pembelian produk body lotion dikarenakan oleh beberapa hal ini:

  • Narasumber membeli produk body lotion merek Marina, dikarenakan kualitas produk dari body lotion Marina yang dapat secara efektif memutihkan kulit dengan cepat, melembabkan, tekstur body lotion yang tidak lengket dan cepat meresap di kulit, serta banyak varian body lotion merek Marina yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  • Konsumen menggunakan produk body lotion Marina karena ada narasumber yang sering beraktifitas siang hari di luar ruangan sehingga mengharuskan untuk menggunakan body lotion untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang terik. Konsumen menggunakan body lotion Marina dikarenakan body lotion Marina memberikan kegunaan yang optimal yaitu manfaat yang diberikan sesuai dengan kebutuhan konsumen, salah satunya terdapat narasumber yang memiliki kulit sensitive, sehingga butuh menggunakan body lotion Marina yang sesuai dengan kebutuhan agar kulit nya tetap sehat.
  • Mutu dari produk body lotion Marina yaitu merek terpercaya yang sudah dikenal oleh masyarakat luas di berbagai negara. Memiliki manfaat yang bermacam-macam dan tersedia untuk berbagai jenis kulit, mulai dari kulit kering, lembab, sensitif, anak-anak, dewasa, dan sebagainya.

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat di ambil kesimpulan bahwa perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk body lotion dikarenakan adanya perilaku konsumen rasional yang didasari pada pemikiran rasional (nalar) dalam memutuskan membeli suatu produk, meliputi manfaat yang diterima konsumen dengan harga yang diberikan, serta konsumen membeli dikarenakan benar-benar membutuhkan produk tersebut. Adapun perilaku konsumen rasional ini di sebabkan oleh, Pertama, munculnya dorongan minat beli konsumen disebabkan oleh faktor sosial, dikarenakan adanya saran dari kelompok acuan dan keluarga yaitu teman, pacar, influencer, kakak, dan istri, yang sudah pernah menggunakan body lotion dan menerima manfaat dari produk tersebut, sehingga hal ini yang menyebabkan minat beli konsumen bertambah. Kedua, perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk Body lotion disebabkan oleh faktor harga yang terjangkau, dimana konsumen mendapatkan hasil sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan, yang sebanding dengan harga produk tersebut. Ketiga, perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk body lotion disebabkan oleh faktor produk, dimana konsumen membeli produk yang dapat memberikan manfaat yang optimal, mutu produk terjamin, dan produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.

DAFTAR PUSTAKA 

Baisyir, F. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 191-201.

Candra, S. (2023, November). Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk Body Lotion Nivea Di Toko Jelita Cosmetic Surabaya. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 7, No. 1, pp. E08-E08).

Wahyuni, C., & Ramadani, D. (2021). Kepuasan Konsumen dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek: Studi pada Mahasiswi Pengguna Lipstik Wardah. Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies, 1(2).        

Novianti, Y., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal ilmiah maksitek, 5(2), 35-46.                      

Oktaviani, E., Manggabarani, A. S., & Pangestuti, D. C. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Kosmetik Emina. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 3(2), 131-141.

WAHYUNI, E. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI DAN PROMOSI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MINERAL MEDAN. JURNAL ILMIAH KOHESI, 5(4), 77-82.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun