Mohon tunggu...
Cika Kuku
Cika Kuku Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

indentifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan PROFESIONALISME GURU

13 Desember 2024   08:55 Diperbarui: 13 Desember 2024   07:46 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama. : cika Aprilia kuku 

jurusan : Pgpaud 

kls. :D

  

                 Review Artikel Jurnal

judu jurnal : identifikasi permasalahan             

                      pendidikan di Indonesia 

                      untuk meningkatkan mutu

                      dan profesionalisme guru

penulis : Riza Yonuis Kurniawan 

tahun terbit. : 2016

Sumberjurnal: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=permasalahan+pendidikan&btnG=&oq=#d=gs_qabs&t=1733981684259&u=%23p%3DWfOa6SCaLOcJ

Abstrak :

        

        Tujuan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia. Dengan mengetahui permasalahan pendidikan yang ada diharapkan dapat dibuat suatu kebijakan yang sesuai untuk meningkatkanmutudan profesionalisme guru. Pendidikan sebagai suatu sistem terbuka tidak lepas dari masalah, baik masalah mikro ataupun masalah makro. Masalah mikro, yaitu masalah yang timbul dalam komponen komponen yang terdapat dalam pendidikan itu sendiri sebagai suatu sistem, antara lain masalah kurikulum, masalah pendidikan, administrasi pendidikan dan sebagainya. Masalah makro, yaitu masalah yang muncul dalam pendidikan itu sebagai suatuu sistem dengan sistem sistem lainnya yang lebih luas didalam seluruh kehidupan manusia, antara lain masalah kurang meratanya pendidikan, rendahnya mutu pendidikan, masalah efisiensi, relevansi dan lain lain. Berkaitan dengan permasalahan yang sering terjadi di Indonesia, guru dianggap sebagai sumber dari permasalahan tersebut,sehingga dengan mengidentifikasi permasalahan pendidikan kita mengetahui letak permasalahan yang sebenarnya dan berusaha untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut

latar belakang:Masalah pendidikan di

Indonesia apabila ditinjau dari sisi kualitas Sumberdaya Manusia masihlah jauh bilah dibandingkan dengan negaralain. Berdasarkan data World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD, 2015), di posisi 

mana suatu negara maju dalam segi pendidikan. Organisasi ini menentukan peringkat negara mana yang terbaik dari segi membaca, matematika, dan 2

ilmu pengetahuan. Indonesia menempati urutan ke 69 dari total 75 negara. Berdasarkan laporan OECD, 

posisi tertinggi diraih oleh Singapura kedua Hongkong, ketiga Korea Selatan dan ke empat jepang. Sementara untuk

Indonesia mendapatkan nilai membaca 402,matematika371,dan ilmupengetahuanapalam383.Pemeringkatanpendidikanduniatersebutberhubungandengan Program for International Student Assessment (PISAj)

Masalah Masalah Pokok Pendidikan Saat 

Ini 

Menurut P.H. Combs (1968) ada lima 

masalah pokok pendidikan, yaitu : 

 Pertama Banjir murid. Banjir murid yaitu 

bertambahnya jumlah anak anak yang memerlukan 

pendidikan baik diseluruh dunia maupun di negara 

berkembang, karena para pengelola pendidikan 

tidak mampu menyediakan tempat belajar, guru, dan 

sarana pendidikan, serta sulit untuk meningkatkan 

mutu pendidikannya.

Permasalahan Pokok Pendidikan di 

Indonesia 

Ada empat faktor sebagai poin penting dalam 

kaitannya dengan permasalahan pokok Pendidikan 

di indonesia dan perlu segera untuk diselesaikan, 

yaitu: 

Metode:Penulis mengunakan pendekatan kualitifitas dngananalisis kebijakan pendidikan dan evaluasi terhadap reformasi pendidikan yang telah dilakukan selama ini. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan pemerintah, kajian akademik, serta analisis kebijakan pendidikan yang sudah ada.

Hasil:Menurut Woolfolk (1984) gurudikatakann berhasil dalam mengajar apabila menguasi berbagai metode pembelajaran dan mengetahui bahan ajar serta pengelolaan kelas. 

1. masalah pokok pendidikan, yaitu : 

     ertama Banjir murid. Banjir murid yaitu bertambahnya jumlah anak anak yang memerlukan pendidikan baik diseluruh dunia maupun di negara berkembang, karena para pengelola pendidikan 

tidak mampu menyediakan tempat belajar, guru, dan 

sarana pendidikan, serta sulit untuk meningkatkan 

mutu pendidikannya.

  2.Permasalahan Pokok Pendidikan

       di indonseia Ada empat faktor:

 sebagai poin penting dalam 

kaitannya dengan permasalahan pokok Pendidikan 

di indonesia dan perlu segera untuk diselesaikan, 

kesimpulan: Berdasarkan Pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa ada empat poin yang dapat diuraikan berkaitan dengan identifikasi permasalahan pendidikan. 

Desentralisasi dan Otonomi Pendidikan: Pemberian kewenangan yang lebih besar kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan pendidikan akan membantu mengatasi masalah ketimpangan akses pendidikan di berbagai daerah.

komentar:Pendidikan di Indonesia tidak lagi terbatas pada sekolah formal saja. Ada banyak pelatihan, kursus online, dan aktivitas lain yang juga memberikan pengetahuan. Dengan perkembangan teknologi, pendidikan semakin modern dan tidak hanya berkutat pada pelajaran akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan lainnya.

ak

ademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun