Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bagaimana Pemerintah Kota Membangun "Route Pejalan Kaki" sebagai Wisata Mandiri di Tashkent?

16 Oktober 2024   10:33 Diperbarui: 16 Oktober 2024   11:03 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

Pedestrian yang lebar, luas dan permukaan yang rata denagn "pemisahan material" (tapi tidak ada perbedaan ketinggian), antara pejalan kaki (putih) dan pesepeda (merah). Sangat nyaman dan aman bagi pejalan kaki, termasuk pengtuna kursi roda seperti aku, sebagai turis mandiri di kota Tashkent .....

***

Suatu hari di hari2 aku berkeliling di Tashkent untuk mengamati jalur pedestrian dari ujung ke ujung diatas kursi roda ajaibku .....

Aku mencari tahu dengan cara apapun, bagaimana dan mengapa demikian tentang fasilitas2 perkotaan untuk kaum prioritas, yaitu lansia dan disabilitas dan aku menemukan beberapa jawaban tentang hal tersebut.

Bahwwa, pemerintah Uzbekistan memang berjuang untuk mengembangkan pariwisata dengan identifikasi route2 prospektif. Aku belum bicara tentang route2 itu yang pastinya berhubungan dengan kota2 tua Uzbekistan.

Aku baru ingin bicara tentang route2 prospektif di ibukota Tashkent, dan mengurikan relevansi pengembangan landscape perkotaan jalur pejalan kaki di pedestrian2 seluruh sudut kota. Untuk mereka, kebijakan negara tentang pariwisata ini harus memimpin dalam pengembangan wilayah dan infrastrukturnya yang kompleks dan cepat untuk menyelesaikan tugas2 sosial ekonomi mereka, sebagai "negara muda".

Pariwisata buat mereka adalah investasi. Saat ini, pariwisata telah menjadi salah satu sektor utama ekonomi dunia, termasuk untuk Uzbekistan. Dengan pengembangan di sektor pariwisata Uzbekistan ini, diharapkan banyak turis asing datang dan melihat bagaimana Uzbekistan, terutama untuk Tashkent sebagai ibukota negara, mamou bersaing dengan memberikan pelayanan2 yang maksimal.

Tentu semua itu, juga untuk negara2 lainnya, memastikan diversifikasi ekonomi nasional. Pembangunan daerah, penciptaan lapangagn pekerjaan, peningkatan pendapatan serta meningkatkan standard hidup warga serta daya tarik investasi negara.

Khususnya Tashkent sebagai ibukota negara, saat ini pemerintah sudah dan terus membangun pedestrian sebagai "route wisata pejalan kaki".

Route pejalan kaki khususnya di Tashkent ini, mengedepankan bagaimana pedestrian harus dibangun untuk turis2 pejalan kaki untuk berkeliling kota Tashkent, tanpa harus susah payah. Pedestrian harus dibangun dengan apik untuk memenuhi trandasrd kemanan dan kenyamanan. Dan, itulah yang aku rasakan bagaimana pedestrian2 di Tashkent membuat rasa aman dan nyaman, walau aku hanya duduk di atas kursi roda.

Route pejalan kaki, memang sudah dicanangkan oleh presiden Uzbekistan sebagai "kota pejalan kaki", sehingga turis benar2 mandiri untuk berjalan kaki tanpa harus menyertakan tourguide.

"Wisata pejalan kaki" ini merupakan bagian integral dari lingkungan perkotaan dengan lalu lintas terbatas, zonasi multifungsi dan gaya desain yang seragam. Hal ini memiliki konsep arsitekturalvisual tertentu dan hubungan yang sangat erat antara elemen buatan dan alami.

Mencakup sejumlah jenis struktur arsitektur dan perencanaan (jalan pejalan kaki, boulevard, alun-alun, trotoar, trotoar, tanggul, taman, dll). Bahkan, termasuk tempat parker umum yang nyaman, walau mungkin tidak diharapkan mereka naik mobil .....

Contoh kasus,

Pedestrian dengan undakan dan ramp

Di foto ini, aku berjalan di sebuah pedestrian besar dan lebar sekitar 10 meter, dengan "pulau" untuk rerumputan penyerapan tanah dan pepohonan besar untuk penghasil O2 oktigen bagi pejalan kaki.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Bagaimana pedestrian selebar sekitar 10 meter ini dengan sedikit berbukit, mereka membangun 2 trap undakan tetapi juga membangun ramp di sebelahnya .....

 

Di satu titik, tanah agak berbukit walau tidak tebal, dan mereka tidak "cut and fill", dan dibiarkan saja demikian. Mereka membangun undakan 2 trap lebar denagn ketinggian anak tangga cuma 15 cm.

Walau "cuma" 15 cm, toh kursi roda tidak akan busa naik, sehingga kesadaran inipun membuat pemerintah tetap membangun ramp rendah, guna naik dan turun bagi kursi roda. Ramp ini sangat ramah dengan derajat kemiringan antara 4 atau 5, dan benar2 sangat nyaman bagi pengguna kursi roda.

Pedestrian dalam taman kota

Pedestrian di taman kota di Taskent, bukan hanya sekedar pedestrian yang kecil, asal ada, dan tidak terawatt, dianggap jika dalam taman, tidak perlu terawatt seperti di sisi jalan umum.

Pedestrian disana, pun cukup lebar sekitar 3 meter, yang bisa bersisian bagi pemakai kursi roda 2 orang dengan space yang lebar. Kenyamanan pedestrian ini bisa terlihat di foto dibawah ini, dengan kerapatan pepohonan sehingga berada dalam taman kota ini bukan seperti di dalam kota Tashkent .....

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Pedestrian di dalam taman kota, yang rapih, rata, aman dan nyaman bagiku sebagai pengguna kursi roda dan tentunya juga bagi semua pejalan kaki, termasuk turis2 yang datang ke Tashkent .....

 

Aku merasa nyaman sekedar istirahat ketika aku capai berjalan diatas kursi roda seharian disana dengan suhu selalu diatas 40 derajat, di musim panas Uzbekistan, Juni tahun 2024 ini.

Pedestrian dalam permukiman perkotaan

Bukan hanya pedestrian dalam jalur wisata kota Tashkent saja, tetapi pemerintah kota pun membangun pedestrian atau gang2 di permukiman2 perkotaan di Taskent dan di kota2 besar sesluruh Uzbekistan.

Gang2 dalam permukiman perkotaan itu, memang disesuaikan dengan perletakan rumah2 mereka, sehingga memang lebar gang2 tersebut tidak sama, tergantung bentuk dan besaran rumah2 disana.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Gang2 kecil di permukiman perkotaan Tashkent, walau di daerah seperti ini, mereka juga membangun pedestrian yang rata dan rapih seperti ini .....

 

Tetapi, aku melhatnya sangat luar biasa, ketika pemerintah benar2 membangun pedestrian, bukan hanya untuk turis saja dan bukan hanya untuk pencitraan saja bagi orang2 atau turis2 manca negara, tetapi pedestrian itu dibangun benar2 untuk kesejahteraan warga Tashkent dan Uzbekistan.

Aku melihat dan merasakan, betapa pemerinta disana benar2 ingin membangun negaranya, bukan sekedar nya saja. Dengan 8 tahun mereka membangun (baru 8 tahun, lho!), Uzbekistan mampu mengubah negaranya membuat (setidaknya) aku jatuh cinta ......

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun