1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal yang saya pikirkan sebelum mempelajari topik 5 ini yaitu pembahasan pada topik ini mengenai lanjutan teori Vgotsky yang berkaitan dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dengan scaffolding pada ZPD. Apa yang saya pelajari pada topik ini bisa saya implementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda dalam topik ini?
Saya mempelajari bahwa peserta didik adalah individu yang unik karena memiliki karakteristik, tingkat kemampuan dan tingkat ZPD yang beragam. Oleh karena itu, perlu diberikan bantuan/scaffolding dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Scaffolding pada ZPD dapat dilakukan oleh pendidik atau teman sebaya yang dianggap mampu mengatasi kesulitan belajar peserta didik sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas pembelajaran secara mandiri. Pemberian bantuan oleh pendidik dapat berupa pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan belajar peserta didik yang beragam.
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi, saya bersama teman kelompok saling memberikan pandangan dan pendapat mengenai kesulitan belajar yang ditemui saat pelaksanaan pelaksanaan PPL. Guru perlu untuk memahami kemampuan peserta didik untuk melihat kesiapan belajar mereka yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan area kemampuan peserta didik.
4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Bagian penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang dijalani bersama kelompok yaitu mengenai penemuan kesulitan belajar yang ditemui masing-masing anggota saat pelaksanaan PPL. Dari beberapa kasus yang kami temui, kami memilih satu kasus yang memiliki kesamaan dari kasus setiap anggota kelompok. Dalam kegiatan ini kami juga banyak mendapatkan ilmu dan informasi tentang penerapan ZPD yang didapatkan dari presentasi kelompok lainnya.
5. Sejauh ini apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya memahami bahwa pemahaman mendalam mengenai scaffolding yang diberikan secara bertahap dapat membantu guru dalam mengatasi perkembangan kemampuan peserta didik sehingga nantinya peserta didik dapat mengerjakan tugas-tugas secara mandiri.
Pemahaman yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran yaitu saya menjadi tau bahwa bantuan yang diberikan secara bertahap kepada peserta didik merupakan teknik scaffolding pada ZPD.
saya ingin lebih mempelajari tentang bagaimana impelementasi scaffolding pada ZPD saat kegiatan pembelajaran berlangsung .
6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah yang lain?
Keterkaitan materi pada topik ini dengan topik lainnya terlihat pada bagaimana memahami peserta didik yang memerlukan bantuan dalam mengerjakan tugas atau yang disebut dengan scaffolding. Keterkaitan dengan mata kuliah prinsip pengajaran dan asesmen terlihat dari pembuatan asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif yang memerlukan scaffolsing sehingga seorang guru dapat menentukan bantuan berdasarkan kemampuannya. Pada pemahaman peserta didik dan pembelajarannya, dalam penerapan scaffolding pada ZPD guru perlu mengetahui karakteristik dan potensi dari peserta didik untuk dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan mereka.
7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat yang saya dapatkan setelah mempelajari topik ini yaitu membantu saya dalam menerapkan scaffolding pada ZPD dan memberikan bantuan yang tepat pada peserta didik
Kesiapan saya saat ini berada pada skala 7,5 karena saya merasa belum maksimal dalam menerapkan bantuan yang tepat kepada peserta didik sesuai dengan ZPD mereka.
Hal yang perlu saya persiapkan untuk bisa menerapkannya dengan optimal yaitu dengan melakukan observasi secara maksimal, melakukan asesmen awal untuk mengetahui kemampuan peserta didik, menentukan kelompok diskusi berdasarkan hasil asesmen awal, dan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H