Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

6 Cabang Olahraga Olimpiade 2024 yang Emasnya Diborong Satu Negara

13 Agustus 2024   20:58 Diperbarui: 13 Agustus 2024   21:02 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Biasanya ada satu atau dua emas loncat indah di satu edisi olimpiade yang lepas dari China. Contohnya di Olimpiade Tokyo 2021, medali emas nomor sinkronisasi 10 meter putra direbut Britania Raya melalui Tom Daley dan Matty Lee.

Panahan (Archery)

Korea Selatan memborong 5 medali emas panahan di Olimpiade Paris 2024, plus tambahan satu perak dan satu perunggu.

Pemanah putra Kim Woo-jin, dan pemanah putri Lim Si-hyeon, sukses meraih tiga emas dari nomor individual, beregu, dan tim campuran.

Lim Si-hyeon dan Kim Woo-jin meraih tiga emas di Olimpiade 2024/foto: Olympics.com
Lim Si-hyeon dan Kim Woo-jin meraih tiga emas di Olimpiade 2024/foto: Olympics.com

Empat negara lain kebagian satu medali perak, yaitu Prancis, USA, China dan Jerman. Empat perunggu panahan tersisa direbut Prancis, USA, Meksiko, dan Turkiye. 

Dominasi Korea Selatan di kompetisi panahan olimpiade dimulai saat menjadi tuan rumah pada tahun 1988. Sebelum tahun ini, Korea Selatan pernah sekali memborong semua medali emas panahan di Olimpiade 1996 Rio De Janeiro. 

Satu emas panahan terlepas dari Korsel di Olimpiade Tokyo yang direbut pemanah putra Turki, Mete Gazoz.

Tenis Meja (Table Tennis)

China memborong lima medali emas tenis meja Olimpiade 2024. Empat petenis meja China sukses merebut dua emas, yaitu Fan Zhendong, Wang Chuqin, Chen Meng, dan Sun Yingsha.

trio pemain putri China peraih emas Olimpiade Paris/foto: Olympics.com
trio pemain putri China peraih emas Olimpiade Paris/foto: Olympics.com
Swedia dapat dua medali perak dari nomor tunggal dan beregu putra. Jepang dan Korea Utara kebagian satu perak. Prancis dan Korea Selatan memboyong dua medali perunggu. Satu perunggu tersisa diambil oleh Jepang.

Kedigdayaan China sulit ditandingkan oleh negara pesaing sejak tenis meja pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade 1988. 

foto: Olympics.com
foto: Olympics.com
China sudah merebut 37 dari 42 medali emas olimpiade yang telah diperebutkan sejak 1988. Tiga tahun lalu Jepang sukses mengambil satu emas di Olimpiade Tokyo dari nomor ganda campuran.

Hoki (Field Hockey)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun