Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Menghitung Peluang Desak Made dan Rajiah Sallsabillah Gaet Emas Olimpiade Menghadapi Kecepatan Pemanjat Tebing Polandia

6 Agustus 2024   16:22 Diperbarui: 6 Agustus 2024   19:24 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Keberuntungan menjadi milik Rajiah Sallsabillah yang terpeleset saat menghadapi Leslie Adriana Romero Perez di babak eliminasi.

Rajiah walau kalah berhasil lolos ke perempat final karena catatan waktunya di penentuan peringkat yang paling baik dari semua pemanjat tebing yang kalah di sesi eliminasi. 

Braket babak perempat final ditentukan dengan kriteria, yang tercepat 1 vs terlambat 1, tercepat 2 vs terlambat 2, dst 

  • Aleksandra Miroslaw (Polandia) vs. Leslie Adriana Romero Perez (Spanyol)
  • Aleksandra Kalucka (Polandia) vs. Zhou Yafei (China)
  • Emma Hunt (USA) vs. Rajiah Sallsabillah (Indonesia)
  • Desak Made Rita Kusuma Dewi (Indonesia) vs. Deng Lijuan (China)

Hitung-hitungan di atas kertas, Aleksandra Miroslaw yang membuat dua rekor dunia akan mudah meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. 

Namun peluang juara buat pemanjat tebing lain cukup terbuka, jika kita melihat fakta statistik pertandingan internasional dalam setahun terakhir.

Acuan statistik pertandingan yang dipakai dimulai dari Kejuaraan Dunia di Bern pada Agustus 2023 hingga seri Piala Dunia Briancon pada Juli 2024.

Desak Made sukses menjadi juara dunia 2023 di Bern padahal Aleksandra Miroslaw yang tercepat di sesi penentuan peringkat.

Dalam perjalanan menjadi juara dunia 2023, Desak mengalahkan Alessandra Kalucka di semifinal, dan mengungguli Emma Hunt di final.

Emma Hunt dan Desak Made di Kejuaraan Dunia 2023/foto: foto: ifsc-climbing.com
Emma Hunt dan Desak Made di Kejuaraan Dunia 2023/foto: foto: ifsc-climbing.com

Emma Hunt yang mengalahkan Aleksandra Miroslaw di semifinal Kejuaraan Dunia 2023. Emma Hunt sebelumnya menaklukkan Zhou Yafei di perempat final.

Dalam penentuan peringkat ketiga Kejuaraan Dunia 2023, Miroslaw menang atas Kalucka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun