Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Luis De La Fuente Membangun Skuad Berbahaya yang Membangkitkan Kejayaan La Furia Roja

10 Juli 2024   10:53 Diperbarui: 10 Juli 2024   13:20 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Luis De La Fuente sosok yang berjasa membangkitkan kembali kejayaan timnas Spanyol/foto: RFEF

Sebagian besar anggota skuad U-21 Spanyol di Piala Eropa 2023 dibawa Luis De La Fuente masuk ke timnas U-23 untuk mengikuti Olimpiade Tokyo.

Taktik permainan apik De La Fuente mengantarkan timnas Spanyol U-23 merebut medali perak Olimpiade Tokyo. Spanyol kurang beruntung di final, kalah 1-2 setelah kebobolan gol pemain Brasil di babak tambahan waktu.

duel timnas bola Brasil versus Spanyol di Olimpiade Tokyo/foto: FIFA.com
duel timnas bola Brasil versus Spanyol di Olimpiade Tokyo/foto: FIFA.com

Dani Olmo, Unai Simon, Marc Cucurella, Martin Zubimendi, Mikel Merino, Pedri, dan Mikel Oyarbazal, dipilih De La Fuente sebagai pemain pilar Spanyol di Olimpiade Tokyo.

Ketika Luis Enrique mengundurkan diri setelah timnas senior Spanyol tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022, pengurus RFEF tanpa pikir panjang mempercayai Luis De La Fuente sebagai suksesor.

Luis De La Fuente tidak butuh waktu lama membangun kerangka tim inti La Furia Roja, karena mengenal betul sebagian besar pemain timnas yang sejak remaja telah dilatihnya.

Debut De La Fuente bersama timnas senior Spanyol pada bulan Maret 2023 di kualifikasi Piala Eropa, berakhir manis dengan kemenangan 3-0 atas Norwegia. Dani Olmo membuka gol Spanyol, ditambah dua gol lagi yang diborong oleh Joselu.

Dani Olmo pencetak gol pertama dalam pertandingan debut Luis De La Fuente bersama timnas senior Spanyol/foto: uefa.com
Dani Olmo pencetak gol pertama dalam pertandingan debut Luis De La Fuente bersama timnas senior Spanyol/foto: uefa.com
Namun tiga hari kemudian Spanyol kalah 0-2 melawan Skotlandia. Kekalahan itu menjadi pelajaran berharga bagi Luis De La Fuente yang kemudian membuat skuad La Furia Roja menjadi tangguh dan berbahaya.

Tiga bulan setelah menderita kekalahan melawan Skotlandia, De La Fuente berhasil membawa La Furia Roja juara UEFA Nations League.

Spanyol juara Nations League 2023 usai berturut-turut menang 2-1 atas Italia yang statusnya sebagai juara Piala Eropa di tahun 2021, dan menang adu penalti melawan Kroasia yang berstatus juara ketiga Piala Dunia 2022.

Spanyol juara UEFA Nations League 2023/foto: UEFA.com
Spanyol juara UEFA Nations League 2023/foto: UEFA.com
15 pemain Spanyol anggota skuad juara Nations League 2023 dibawa ikut De La Fuente ke Euro 2024. Menandakan personel tim Spanyol sudah solid. (lanjut baca ke halaman 4)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun