Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Founder Komontok

Grand Slam US Open & Paralympics 2024 will be my last article series. Ready to finish

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia Kebobolan Berapa Gol Lawan Jepang?

24 Januari 2024   08:06 Diperbarui: 24 Januari 2024   08:18 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kiper Ernando Ari tumpuan Indonesia menghadapi keganasan pemain Jepang/ foto: AFP - Karim Jaafar

Tim Garuda tak pernah menang dalam 5 duel terakhir melawan Jepang. Empat kali kalah dan sekali seri. Indonesia kebobolan total 12 gol, dan hanya membuat 2 gol ke gawang Jepang. 

Hasil seri terakhir Indonesia kontra Jepang, pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Utama Senayan yang berakhir 0-0, bulan Mei 1989.

Gol terakhir Indonesia melawan Jepang dibuat oleh Rochy Putiray pada laga kualifikasi Olimpiade di bulan November 1991.

Duel Indonesia versus Jepang di Stadion Utama Senayan tahun 1981/ foto: KOMPAS - Kartono Riyadi
Duel Indonesia versus Jepang di Stadion Utama Senayan tahun 1981/ foto: KOMPAS - Kartono Riyadi

Timnas Indonesia terakhir kali menang melawan Jepang di bulan Februari 1981, pada laga persahabatan di Jakarta yang berkesudahan 2-0. Gol Indonesia saat itu dicetak oleh Bambang Nurdiansyah dan Berty Tutuarina.

Melihat beragam fakta tersebut, bakal sulit bagi Indonesia untuk meraih kemenangan, maupun mendapatkan hasil seri, dalam duel menghadapi Jepang petang nanti di Al Thumama Stadium.

Tidak kebobolan gol, mengulangi momen di bulan Mei 1989, adalah opsi terbaik yang harus dilakukan skuad timnas Indonesia dalam pertandingan versus Jepang. Dengan tidak kebobolan gol, tim Garuda akan menuai hasil menang (jika mencetak gol) atau seri 0-0.

Pemain Indonesia sudah berhasil mencegah gawang kebobolan di pertandingan sebelumnya melawan Vietnam. 

Tapi, Jepang tak pernah absen menjebol gawang tim lawan dalam 16 pertandingan terakhir. Tim Samurai Biru terakhir kali mandul gol saat kalah 0-1 menghadapi Kosta Rika pada laga persahabatan di bulan November 2022.

Kalah dengan skor tipis melawan Jepang, adalah opsi terburuk buat Indonesia untuk dapat lolos ke babak 16 besar lewat fasilitas peringkat tiga grup terbaik.

Sembari berharap Vietnam tidak menang lawan Irak. Serta Jordania unggul atas Bahrain di grup E, atau Oman seri maupun kalah melawan Kyrgyzstan di grup F.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun