Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel Kelir dan Prasa Huni Rak Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Cita-cita Idaman Yon Bayu Kesampaian

10 November 2023   15:47 Diperbarui: 16 November 2023   19:43 774
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yon Bayu secara simbolis menyerahkan novel Kelir dan Prasa kepada pengelola perpustakaan PDS HB Jassin/foto: Yos Mo 

PROLOG
Mataku takjub minggu siang itu melihat sekitar lima puluh muda-mudi memenuhi ruangan perpustakaan PDS HB Jassin Taman Ismail Marzuki, Cikini. 

Mereka dengan khidmat membaca bahan bacaan sastra di tempat duduk masing-masing. Pemandangan yang mematahkan asumsi bahwa generasi muda Indonesia masa kini tidak menyukai literasi bermutu.

Hari minggu (29/10/2023), diriku menginjakkan kaki di Taman Ismail Marzuki (TIM) untuk pertama kalinya setelah tempat itu selesai direvitalisasi tahun 2022. 

Saya datang ke tempat ini untuk menghadiri peluncuran dua novel berjudul 'Kelir' dan 'Prasa, Operasi Tanpa Nama' yang dibuat Yon Bayu Wahyono.

BAB I

Terakhir kali ke TIM pada Agustus 2019. Sewaktu menonton film "Bumi Manusia" di bioskop TIM yang kini sudah tak ada. Film yang diadaptasi dari novel ikonik karya sastrawan nyentrik Pramoedya Ananta Toer.

Sempat kikuk saat memasuki pelataran Taman Ismail Marzuki. Suasana vintage yang dulu ku ingat ada di berbagai pojok TIM, kini berubah total menjadi modern.

Bangunan gedung Ali Sadikin berdiri kokoh menjulang tinggi di sisi kiri pintu masuk TIM. 

Saya lalu masuk ke selasar lantai bawah gedung. All Sadikin, mantan Gubernur Jakarta yang dulu berjasa memboyong arsip-arsip berharga koleksi Hans Bague Jassin ke TIM pada tahun 1964.

Beberapa lukisan bertemakan air dipajang di selasar lantai bawah. Belasan anak muda sedang asyik berdiskusi di sana. Ku dengar sekilas mereka sedang membahas tentang pelestarian lingkungan.

Diriku ternyata tiba dua jam lebih awal dari waktu acara launching novel. Sehingga memutuskan berkeliling melihat -lihat perubahan Taman Ismail Marzuki. Tempat yang dulunya adalah kandang hewan-hewan peliharaan pelukis maestro Raden Saleh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun