Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Taman Mangrove Ketapang di Pesisir Pantai Tangerang yang Membantu Dongkrak Ekonomi Perkampungan Sekitar

17 April 2023   23:57 Diperbarui: 18 April 2023   00:02 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya mencoba telusuri kawasan taman lebih ke dalam. Ternyata ada beberapa pekerja sedang menyelesaikan proyek perbaikan fasilitas di tempat itu.

Hamparan luas taman mangrove Ketapang yang sedang dalam proses perluasan lahan tanam/ foto dokpri Yos Mo 
Hamparan luas taman mangrove Ketapang yang sedang dalam proses perluasan lahan tanam/ foto dokpri Yos Mo 

Walau beberapa fasilitas penunjang buat pengunjung masih belum tersedia, saya cukup terkesan dengan misi program pemerintah kabupaten Tangerang memanfaatkan lahan tak terawat di pesisir pantai Ketapang Mauk menjadi taman mangrove yang tertata rapi.

Ikan besar di dalam air sekitar taman Mangrove Ketapang/ dokpri Yos Mo
Ikan besar di dalam air sekitar taman Mangrove Ketapang/ dokpri Yos Mo

Saya melihat dengan mata sendiri beberapa ikan berukuran cukup besar saling berkejar-kejaran di sela akar mangrove. Terlihat pula ramai ikan glodok berjalan-jalan atau berlompatan di sisi dekat aliran air.

Seperti yang kita ketahui bersama, penanaman mangrove di pesisir bermanfaat besar untuk mencegah abrasi pantai. Juga melindungi ekosistem pantai yang punya banyak biota.

Pembangunan destinasi ekowisata seperti di Taman Mangrove Ketapang Mauk selaras dengan program Kemenparekraf yang sedang menggalakkan CHSE.

CHSE adalah program unggulan Kemenparekraf yang berbasis kepada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) untuk dilaksanakan oleh pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan harapan semakin banyak wisatawan yang bangga berwisata di Indonesia.

Saya melihat perkampungan yang tertata rapi bersisian dengan taman mangrove di Ketapang.

Perkampungan di sisi taman Mangrove Ketapang/ dokpri Yos Mo 
Perkampungan di sisi taman Mangrove Ketapang/ dokpri Yos Mo 

Pemukiman warga dengan taman mangrove dibatasi oleh pagar yang diberi akses melalui jembatan pendek. Beberapa warga membuka lapak dagangan, menjual berbagai makanan dan minuman ringan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun