Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

5 Alasan Timnas Indonesia Mampu Lolos ke Final Piala AFF 2022 Singkirkan Vietnam

7 Januari 2023   14:47 Diperbarui: 7 Januari 2023   18:06 1533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma bintang timnas Indonesia di Piala AFF 2004/ foto: bola.com

Satu-satunya momen buruk Indonesia menjalani dua leg semifinal Piala AFF terjadi pada tahun 2018. 

Saat itu tim Garuda kalah 0-1 oleh Thailand di leg pertama. Dan kembali kalah 1-2 pada leg kedua yang berlangsung di kandang Thailand.

Tim Garuda Punya Pemain Bertahan Level Internasional Kelas Wahid 

Alasan lain yang akan meloloskan tim Garuda ke final Piala AFF 2020, karena Indonesia saat ini diperkuat Jordi Amat. Pemain bertahan kelas wahid yang kenyang pengalaman di level internasional.

Sejauh ini timnas Indonesia tak pernah kalah ketika Jordi Amat main. Keberadaan Jordi Amat di sentral pertahanan Indonesia bakal membuat pemain Vietnam kembali kesulitan mencetak gol. 

Jordi Amat bek level internasional di timnas Indonesia/ foto: PSSI
Jordi Amat bek level internasional di timnas Indonesia/ foto: PSSI

Indonesia Punya Kiper Jago Blok Penalti 

Ada kemungkinan penentuan pemenang ditentukan lewat adu penalti, jika Vietnam dan Indonesia imbang 0-0 hingga usai babak tambahan waktu di leg kedua semifinal.

Indonesia diuntungkan punya kiper andal Nadeo Argawinata yang memiliki reflek bagus menahan tendangan penalti.

Nadeo pernah memblok penalti pemain Singapura di semifinal Piala AFF setahun lalu, dan juga sempat memblok penalti pemain Jordania.di kualifikasi Piala Asia 2023.

Spasojevic Bakal Menjadi 'Kartu Truf'

Banyak pengamat mempertanyakan strategi Shin Tae Yong yang tidak sering memainkan Ilija Spasojevic di lini depan tim Garuda. 

Padahal Spasojevic adalah striker Indonesia pencetak gol terbanyak di Liga 1 Indonesia dalam dua musim terakhir. 

Ilija Spasojevic hanya main beberapa menit saja di Piala AFF 2020 sewaktu Indonesia hadapi Vietnam di leg pertama semifinal, dan hadapi Filipina di fase grup. Spasojevic  dimainkan di awal babak kedua dalam laga kontra Kamboja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun